.... CLICK 1X ....

Tips Mengatasi Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka, Terhenti dan Terkunci

loading...
Tips Mengatasi Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka, Terhenti dan Terkunci

Google Play Store kamu tidak bisa dibuka, terhenti atau malah terkunci? Jangan khawatir, berikut ini cara memperbaiki google play store yang error.
Kalau kamu pengguna Android, pasti tahu pentingnya Google Play Store. Terutama karena fungsinya sebagai penyedia berbagai aplikasi smartphone Android.
Meski demikian, pengguna Android terkadang menemukan masalah yang mengganggu seperti Google Play Store error dan tidak bisa dibuka, proses download yang gagal, atau aplikasi yang tidak bisa dibuka.
Beberapa kejadian yang muncul adalah “Google Play Retrieving Information From Server”, “Google Play Error 491”, “Google Play Error RPC”, atau “Google Play Error No Connection”. Kalau kamu pernah mengalami masalah-masalah di atas, berikut adalah cara memperbaiki Google Play Store paling lengkap.












1. Cek Waktu dan Tanggal

Google selalu menyelaraskan waktu dan tanggal saat membuka Google Play Store. Ketika waktu dan tanggal smartphone-mu tidak sesuai dengan Google, biasanya akan timbul error atau aplikasi tidak bisa dibuka.
Untuk memperbaiki kasus Google Play Store seperti ini, kamu harus gunakan pengaturan waktu otomatis sehingga sesuai dengan Google.

2. Bersihkan Cache dan Data Google Play Store

Cara paling umum untuk memperbaiki Google Play Store error adalah dengan membersihkan cache dan datanya.
Nah, untuk membersihkan cache kamu hanya perlu masuk ke “Application Manager”, kemudian pilih “Google Play Store” lalu “Clear Cache”. Bila sudah, kamu juga bisa langsung klik “Clear Data”.

3. Bersihkan Cache, Data, Disable, dan Re-enable Google Play Service

Selain Google Play Store, kamu juga bisa membersihkan cache pada Google Play Service. Caranya sama dengan membersihkan cache dan data di Google Play Store, hanya saja di sini kamu memilih Google Play Service.
Selain membersihkan, kamu juga bisa lakukan cara sederhana yang efektif untuk memperbaiki Google Play Store yakni “Disable” Google Play Service lalu “Enable” kembali Google Play Service.

4. Update Google Play Store dan Google Play Service

Selain memperbarui Google Play Store, kamu juga wajib memperbarui Google Play Service.
Alasannya, karena keduanya saling berhubungan. Tanpa Google Play Service, sudah pasti Google Play Store tidak bisa bekerja.
Coba periksa kedua aplikasi ini dan pastikan keduanya sudah ter-update sehingga tidak terjadi error di kemudian hari,

5. Reset Google Accounts

Kalau cara-cara di atas masih belum bekerja, kamu harus mencoba untuk me-reset akun Google milikmu di Android.
Caranya mudah, kamu hanya perlu “sign out” lalu “sign in” kembali. Bisa saja, itu menjadi penyebab Google Play Store eror selama ini.

6. Matikan VPN

Jangan frustasi! Kalau Google Play Store masih eror, cobalah untuk menonaktifkan VPN. Atau, kamu bisa sambungkan koneksi dengan VPN lalu putuskan kembali dan coba untuk membuka Google Play Store setelahnya.

7. Factory Reset

Waduh! Kalau sampai belum berhasil juga, maka ini adalah langkah terakhir yang bisa kamu coba untuk memperbaiki Google Play Store-mu.
Namun, cara ini cukup berisiko karena dapat membuat file di smartphone hilang seketika. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan back-up pada hape milikmu sebelum melakukan factory reset.
Caranya mudah,  kamu bisa cari di “Pengaturan”, kemudian pilih “Backup dan Reset, lalu pilih “Factory Data Reset”.

Related Posts
Share:

1 comment:

  1. Aw, this was a really nice post. In idea I would like to put in writing like this additionally – taking time and actual effort to make a very good article… but what can I say… I procrastinate alot and by no means seem to get something done.

    Creative Note
    Basketball Training

    ReplyDelete

Random Posts