.... CLICK 1X ....
loading...

Tips Bermain Gitar Untuk Perempuan

loading...
Adalah hal yang biasa ketika cowok pandai bermain gitar. Namun kalo cewek yang jago main gitar, gimana?  ada keistimewaan tersendiri loh. Belajar untuk bisa bermain gitar sebenarnya mudah baik laki-laki ataupun perempuan, yang membedakan adalah disiplin dan kemauan kita dalam belajar dan tekad ingin menguasai keahlian yang satu ini, juga yang penting niat dan keseriusan dalam belajar. Terutama untuk pemula yang belum pernah sama sekali menyentuh dan memainkan gitar. Awalnya memang sulit, mulai dari cara memegang gitar, mengenal kunci minor dan mayor, dan ketahanan kulit jari yang akan mengelupas karena menekan senar gitar.

Buat cewek yang ingin belajar bermain gitar, saya sarankan beberapa tips berikut yang juga saya lakukan agar bisa fasih bermain gitar dan mengingat beberapa kunci tapi tetap bisa menyanyikan banyak lagu :


Niat Dan Kemauan
Memiliki kemauan dan tekad yang keras, jangan setengah-setengah. Karena sering orang yang ingin belajar bermain gitar berhenti di tengah latihan karena berbagai alasan.

Ada gitar
Yang pertama harus ada gitarnya dulu buat belajar, baik milik sendiri, punya abang atau kakak, pinjam punya teman atau alternatif lainnya. Jangan lupa, kamu kan masih mau belajar bermain gitar, berarti belum paham menyetam/mengatur keenam senar gitar menjadi suara yang pas. Jadi, mintalah teman atau abang yang paham menyetam senar gitar ini menjadi suara yang pas terlebih dahulu.

Belajar dengan Mentor
Memiliki seorang mentor untuk belajar bermain gitar tak harus disebuah kelas musik, namun belajarlah dari orang atau teman yang telah paham bermain gitar. Pinjam gitarnya sekitar paling lama sebulan, biasanya minjam dengan teman cowok bakalan dikasih aja, pengalaman saya belajar dengan ayah saya, menggunakan gitar tuanya sewaktu masih lajang, beliau lah yang membantu dan mengajarkan saya cara bermain gitar dan mengenal kunci, dan juga pernah meminjam gitar teman kos sebulan untuk menambah ilmu.

Mengenal kunci dasar
Untuk bermain gitar, kita harus mengenal kunci dasar terlebih dahulu, yaitu kunci untuk memainkan lagu. Terdiri dari kunci minor dan mayor.

Mengenal Nada
Mempelajari nada adalah mencari chord/kunci untuk nada-nada pada lagu. Hal ini berguna untuk melatih feeling, lebih baik jika melihat mentor bermain gitar dengan melihat perpindahan chord.

Belajar Sambil Bernyanyi
Jangan menghafal kunci/chord satu persatu, proses itu akan lama waktunya jika ingin bisa bermain gitar, sebaliknya belajar menghafal kunci sambil bernyanyi menggunakan gitar. Cari lah lagu yang chord/kunci gitarnya mudah. Misalnya lagu balonku ada lima, selamat ulang tahun, lagu tersebut hanya menggunakan 3 atau 4 kunci gitar. Mulai lah dari menggenjreng perlahan, karena memetik masih sulit bagi pemula.
Belajar bermain gitar sambil bernyanyi juga melatih jari kita untuk berpindah-pindah kunci dan menghilangkan kekakuan jari.

Fun dan Tekun Berlatih
Seberapa sulitnya bagi kita, jangan stress. Bermain gitar mengajak kita untuk enjoy dan fun, pada akhirnya termasuk pengalaman saya, semakin sering kita mendengar suara gitar, kita akan memahami dengan sendirinya posisi nyaman kita dalam bermain gitar, suara yang seharusnya seperti apa ketika memetik dan menggenjreng senar dan mulai peka dimana kunci akan berganti saat menyanyi.

Buat para remaja wanita, kepandaian bermain gitar tak hanya bisa dilakukan laki-laki kok, Kita wanita juga bisa. Jika pun belum begitu pandai memainkannya, sebatas bisa bernyanyi beberapa lagu dengan gitar juga bisa meningkatkan imej keren pada wanita yang bisa bermain gitar dimata lawan jenis, sebab keahlian tersebut tidak mudah dan tentu semua wanita bisa melakukannya. Karena resiko kuku rusak, jari tangan yang lecet, dan yang lainnya. Namun keistimewaan dan nilai spesial akan melekat didiri kita ketika menguasai keahlian yang satu ini. Sering-seringlah juga menonton video tutorial permainan gitar lagu yang kamu sukai agar semakin termotivasi.

Related Posts
Share:

No comments:

Post a Comment

loading...

Random Posts