.... CLICK 1X ....

Penyebab dan Cara Mengobati Cantengan

loading...
Meski tidak tergolong berbahaya, bukan berarti cantengan bisa dibiarkan begitu saja. Bila terlambat mengobati cantengan, dapat menimbulkan komplikasi yang cukup serius lho Toppers. Ada beberapa orang yang memilih metode operasi untuk mengobati cantengan. Padahal, kamu bisa mengobati cantengan tanpa melakukan operasi cantengan.

Lantas, bagaimana cara mengobati kuku cantengan alami dan tanpa operasi? Sebelum itu, simak dulu yuk fakta selengkapnya mengenai cantengan dan cara mengobatinya berikut ini!

Penyebab Kuku Cantengan

Cantengan atau ingrown toenail ini mitosnya terjadi disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi telur. Padahal penyebab cantengan umumnya dikarenakan kuku pada jari yang tidak tumbuh sebagaimana mestinya. Namun, ada pula beberapa faktor yang menyebabkan kuku cantengan seperti:
Bentuk kuku yang melengkung atau bergelombang.
Cedera pada kuku kaki seperti terbentur atau tersandung.
Infeksi jamur pada kuku sehingga kuku menebal.
Memotong kuku terlalu pendek atau tidak lurus.
Menggunakan alas kaki dan kaos kaki yang terlalu sempit.

Gejala Kuku Cantengan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kuku cantengan ditandai dengan pertumbuhan kuku yang tidak wajar. Pertumbuhan kuku ini menimbulkan bengkak pada jari yang disertai rasa nyeri. Tidak hanya itu, cantengan pula ditandai dengan ciri maupun gejala yang perlu diperhatikan seperti:
Ada pendarahan pada jari yang membengkak.
Bengkak pada jari disertai nanah berwarna putih kekuningan.
Terjadi peradangan pada di kulit jari yang cantengan.
Awalnya, kuku mungkin akan terasa lunak, bengkak, atau mengeras. Bila terus dibiarkan, kuku yang tumbuh ke dalam tersebut dapat merobek kulit hingga ke dalam lapisan kulit terdalam. Dengan robeknya luka, maka bakteri dapat masuk dan nantinya akan menyebabkan peradangan bahkan infeksi.

Cara Mengobati Kuku Cantengan


Pada kasus tertentu ada pula penderita melakukan tindakan operasi cantengan untuk mengobati cantengan. Kasus tersebut disebabkan karena kuku cantengan yang terlambat untuk diobati. Sehingga ada baiknya untuk segera mengobati cantengan sebelum kondisinya semakin parah hingga menimbulkan nanah bahkan peradangan dan membuat jari mengalami pendarahan. Nah, berikut ini ada beberapa cara mengobati kuku cantengan yang mudah dan bisa dilakukan di rumah tanpa operasi diantaranya:

1. Merendam cantengan dengan larutan air garam hangat
Cara mengobati cantengan yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan garam dengan air hangat. Larutan garam ini memiliki berguna untuk mengurangi pembengkakan, meredakan nyeri, dan melunakkan kulit jari yang mengeras. Garam juga membantu untuk mengeluarkan nanah dari kulit yang mengalami cantengan.

2. Oleskan salep cantengan yang mengandung antibiotik
Selanjutnya, cara mengobati cantengan dengan mengoleskan salep cantengan yang mengandung antibiotik. Kandungan antibiotik pada salep akan membantu penyembuhan sekaligus mencegah infeksi akibat cantengan. Pemakaian salep cantengan ini harus dilakukan dalam kondisi jari yang bersih dan kering sehingga tidak terdapat bakteri lain yang tumbuh akibat kondisi jari yang kotor.

3. Balut jari yang cantengan dengan perban kasa
Membalut jari dengan perban kasa merupakan salah satu cara mengobati cantengan. Dengan membalut jari menggunakan perban, akan melindungi kuku terpapar bakteri yang dapat meningkatkan resiko infeksi lebih parah. Selain itu, perban berguna untuk memisahkan kuku dan kulit secara perlahan-lahan sehingga kuku yang tumbuh dapat dipotong.
4. Melunakkan kuku yang mengeras dengan tea tree oil
Salah satu cara mengobati cantengan dengan melunakkan kuku. Bila cantengan, kuku akan menjadi mengeras sehingga susah dikeluarkan. Maka dari itu, untuk melunakkan kuku cantengan dapat menggunakan tea tree oil. Kandungan tea tree oil ini dapat melawan infeksi akibat jamur yang tumbuh di jari kuku. Nah, jamur-jamur yang tumbuh itulah yang menyebabkan resiko infeksi pada kuku cantengan.

5. Menggunakan dental floss (benang gigi)
Terakhir, dengan mengobati cantengan menggunakan dental floss atau benang gigi dapat membantu memisahkan kuku dari kulit yang terinfeksi. Dengan memisahkan kuku yang terinfeksi akan membuat lebih mudah memotong bagian kuku yang tumbuh ke dalam. Untuk menggunakan cara ini, pastikan kamu menggunakan dental floss yang tidak memiliki rasa ya Toppers.
Itulah beberapa cara mengobati cantengan tanpa melakukan operasi cantengan. Jika gejala yang kamu alami tidak berangsur sembuh, jangan mencoba mengobati cantengan sendiri. Segeralah periksa dan konsultasikan ke dokter ketika infeksi cantengan semakin buruk. Semakin cepat penanganan pada cantengan, akan menghindari kamu dari komplikasi cantengan yang berdampak bagi kesehatan tulangmu.
Sumber : Tokopedia
Related Posts
Share:

No comments:

Post a Comment

Random Posts