Oct 8, 2019

Mainan Jadul yang Hits Era 90-an

Mainan-mainan jadul, seperti kelereng, congklak, yoyo, sebenarnya mengajarkan kreatifitas, kesabaran, kejujuran, kemampuan berhitung, dan taktik untuk anak. Selain itu, bermain bersama anak bisa juga menjadi sarana bonding bagi keluarga, alih-alih menghabiskan waktu di depan TV atau gadget.

Misalnya, permainan ular tangga. Ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih.

Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah "tangga" atau "ular" yang menghubungkannya dengan kotak lain. Setiap pemain mulai dengan bidaknya di kotak pertama dan secara bergiliran melemparkan dadu. Bidak dijalankan sesuai dengan jumlah mata dadu yang muncul. Pemain yang pertama kali mencapai kotak finish adalah pemenangnya. 

Manfaatnya bermain ular tangga bersama anak adalah permainan ini mampu melatih keterampilannya dalam menghitung jumlah angka yang keluar dari dua buah dadu. Biarkan anak menjumlahkan sendiri angka dari kedua dadu yang ia lontarkan. Permainan ini juga dapat melatih emosi anak bila anak berada di petak yang mengharuskannya naik atau turun.

Kemudian, kelereng. Siapa tidak tahu kelereng? Bola kecil yang terbuat dari marmer atau beraneka warna kaca ini tentu pernah menjadi mainan kesukaan Mama atau Papa saat kecil dulu.

Buat lingkaran dan letakkan beberapa kelereng untuk dibidik secara bergantian sesuai dengan jumlah pemain. Tidak hanya asal membidik, anak pun dilatih soal kecermatan dan ketelitian. Anak harus memikirkan langkah-langkah yang harus diambilnya agar bisa memenangkan permainan.

Bermain kelereng bisa dimainkan berkelompok 2-5 orang. Anak pun dilatih untuk mengatur emosi, kejujuran, dan sosial.

Selain itu, ada permaianan congklak, yaitu jenis permainan tradisional yang menggunakan papan lengkung berbentuk sampan. Tiap papan congklak terdapat 16 lubang yang terdiri dari 14 lubang kecil dan 2 lubang besar. 14 lubang kecil bersusun berbanjar .

Masing-masing banjarnya terdapat 7 lubang yang saling berhadapan. 2 lubang besar terdapat pada ujung kiri dan kanan papan congklak. Permainan ini hanya bisa dimainkan oleh dua orang yang berkuasa atas tiap banjar dan satu lubang besar. Anak memainkan banjar miliknya sampai bijinya habis secara bergantian.

Apakah bermain congklak ada manfaatnya untuk anak? Tentu ada. Permainan ini melatih otak kiri anak untuk berpikir. Anak harus memikirkan strategi untuk mengumpulkan biji congklak sebanyak mungkin. Saat bermain, otak kiri anak akan aktif dengan perhitungan numerik.

Inilah beberapa mainan jadul yang hits era 90-an dan sebagian besar bermanfaat untuk anak-anak.

Tamagotchi

“Udah kasih makan Tamagotchi, belum?” celotehan semacam itulah yang membuat banyak anak 90-an tersentak kaget. Intinya, mainan jadul Tamagotchi adalah semacam peliharaan virtual yang tiap hari harus diajak main, diberi makan, layaknya peliharaan beneran. Kalau sampai lupa, wah, siap-siap peliharaanmu ‘lenyap’ dari layar Tamagotchi!

Baju-bajuan alias Barbie kertas

Mainan Jadul era 90-anSumber gambar: Bintang
Buat anak-anak gadis yang gak punya boneka Barbie, alternatif yang gak kalah serunya adalah baju-bajuan kertas. Mainan murmer alias murah meriah ini biasa dijual di luar sekolah (cuma Rp.100,-!) dan secara gak langsung membantu para cewek-cewek belajar mix and match baju dari usia dini.

Slinky

Mainan jadulSumber gambar: bintang.com
Mainan jadul era tahun 90-an selanjutnya adalahSlinky, atau gelang keriting panjang. Mainan jadul ini gemes banget kalau dimainin, apalagi kalau dilepas ke bawah tangga!

Yo-Yo


Siapa yang gak kenal yo-yo? Mainan yang gak hanya populer di era 90an ini super banget, deh. Apalagi kalau dimainkan sama temenmu yang jago, bisa sampai muter-muter! Tapi jangan sampai tali yo-yo kusut atau putus, Toppers, ujung-ujungnya pertemanan renggang!

Balon Tiup

mainan era 90-anSumber gambar: Kaskus
Mainan 90-an favorit banyak bocah ini masih ada hingga hari ini, lho! Balon tiup yang lengket saat dipecahkan ini mewarnai jam-jam pulang sekolah di era 90-an. Paling seru kalau balon ditiup besar-besar lalu ditemplokin ke muka temen! Hehehe.

Tazos

mainan jadulSumber gambar: Change
Jaman dulu, di dalam Chiki aja ada hadiah mainannya. Mainan Tazos ini berbentuk koin dengan rongga-rongga di sampingnya yang bisa disambung-sambungkan sama Tazos lainnya, bisa dibuat jadi gasing jadi-jadian hingga robot-robotan. Pokoknya, Tazos itu versi Indonesia dari Lego, deh!

Kertas binder

mainan jadulSumber gambar: Tokopedia
Kalau jaman SD kamu punya binder tebal berisi kertas bergambar muka artis atau Sailor Moon, kepopuleran kamu pasti udah setara sama selebgram jaman sekarang. Kertas binder ini selain jadi koleksi, jadi bahan pengerat pertemanan juga di era 90an, jadi sistemnya tuker-tukeran gitu, Toppers. Hehehe.

Kacamata 3D

mainan jadulSumber gambar: Tokopedia
Walaupun kacamata 3D belum tersedia di era 90an, anak-anak yang lahir di era tersebut pasti kenal kacamata ini. Dulu, setiap Kamis, tersiar sinetron yang hanya bisa ditonton menggunakan kacamata di atas. Pasti ingat ‘kan betapa takjubnya kita melihat gambar di TV seakan-akan menonjol keluar dari layar?

Congklak


Baik cewek atau cowok pasti pernah main congklak dengan tetangganya. Wah, main congklak ibaratnya sudah kayak main catur kelas dunia, sengit banget! Kadang, kalau mau menang, suka diam-diam menjatuhkan lebih dari 1 biji di satu lubang! Hehehe, curang.

Kapal Tek Tek

mainan jadulSumber gambar: obatrindu
Mainan 90-an terakhir di daftar ini, tapi yang pasti sama memorable-nya, adalah kapal ajaib tek tek. Kapal yang terbuat dari karton tebal ini biasanya dipajang abang-abang mainan sedang ‘beraksi’ di sebaskom air. Bagian belakang kapal disulut api dan saat kapal “berlayar”, bunyi tek-tek-tek berkumandang, memanggil anak-anak SD era 90-an untuk mengerumuni si abang mainan yang malang.

Ular Tangga

Masih Ingat 21 Mainan Jadul Ini? Ternyata Harganya Segini Lho Sekarang!
tokobuddhist.com
Orang-orang mulai menjual permainan ular tangga yang kadang ngeselin ini. Siapa yang tidak kesal ketika angka dari dadu membuat kita melangkah ke kotak yang ada ularnya? Mainan ini sekarang dibanderol seharga 25.000 rupiah.

Kelereng


Masih Ingat 21 Mainan Jadul Ini? Ternyata Harganya Segini Lho Sekarang!
bukalapak.com
Kayaknya kalau punya kelereng yang berjenis susu adalah yang paling keren. Namun, gak kalah juga sama yang punya jenis kristal. Harga-harganya sudah bervariasi sekarang. Untuk kelereng susu dijual 180 sampai 200 rupiah per biji. Sementara untuk kristal dijual 700 rupiah per lima biji dan yang standar, yakni belimbing dibanderol dengan harga 150 rupiah per biji.
Sumber: Tokopedia
loading...

0 komentar:

Post a Comment