Oct 6, 2019

Kebiasaan Buruk Yang Dilarang Setelah Makan

Berikut beberapa aktivitas yang tidak boleh dilakukan setelah makan, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Olahraga

Aktivitas fisik yang berat  dan mengharuskan tubuh untuk banyak bergerak seperti berolahraga, termasuk salah satu kegiatan yang seharusnya tidak dilakukan setelah makan.
Berolahraga setelah makan akan mengganggu sistem pencernaan dan membuat perut kamu menjadi kembung, yang pada akhirnya akan memicu timbulnya kram pada perut.
Jika ingin melakukan kegiatan olahraga, sebaiknya tunggu selama 15-30 menit setelah kamu selesai makan agar makanan sudah selesai dicerna, sehingga tidak akan mengganggu proses pencernaan.

2. Merokok




















Seperti yang telah diketahui, merokok merupakan salah satu kebiasaan yang tidak sehat karena bisa merusak kesehatan paru-paru, jantung, bahkan bisa menyebabkan kanker.
Namun efek buruknya bagi kesehatan akan lebih berbahaya jika rokok dikonsumsi setelah makan. Bahkan sejumlah penelitian membukti bahwa menghisap satu batang rokok setelah makan sama dengan menghisap rokok sebanyak 10 batang.
Dengan begitu, dampak bahayanya terhadap kesehatan pun akan meningkat 10 kali lebih tinggi

3. Minum Teh

Teh menjadi salah satu minuman yang sering diminum setelah selesai makan. Namun ternyata hal tersebut justru dapat mempengaruh buruk terhadap kesehatan sistem pencernaan kita.
Kok bisa? Hal tersebut karena teh memiliki kandungan asam yang sangat tinggi. Asam tersebut dapat meningkatkan kandungan protein pada makanan yang kita makan jadi meningkat, sehingga tubuh akan lebih sulit untuk mencernanya.
Selain itu, teh juga dapat menyerap kandungan zat besi pada makanan hingga 80 persen sehingga membuat zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh menjadi berkurang. Jika ingin menikmati teh, tunggulah saru jam setelah waktu makan atau campur teh dengan air yang lebih banyak.

4. Mandi

Mandi akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, terutama ke bagian tangan dan kaki. Pada akhirnya membuat jumlah darah pada bagian perut akan berkurang karena dialirkan ke bagian tubuh tangan dan kaki.
Aliran darah yang minim pada daerah perut akan melemahkan kinerja sistem pencernaan dalam perut, sehingga proses pencernaan makanan yang baru saja kita konsumsi pun menjadi terhambat.

5. Tidur

Rasa ngantuk memang seringkali datang setelah kita makan, apalagi makan dengan porsi terlalu banyak. Namun kamu harus bisa menahan godaan untuk tidur setelah makan.
Hal tersebut karena langsung tidur setelah makan dapat mengganggu pencernaan dan membuat perut menjadi kembung karena makanan tidak dicerna dengan sempurna.
Selain itu, tidur setelah makan juga dapat menimbulkan kerusakan pada organ pencernaan seperti infeksi pada lambung dan usus, jika terus dilakukan dalam jangka panjang.

6. Mengendurkan Ikat Pinggang

Membesarnya ukuran perut setelah makan merupakan hal yang wajar dan seringkali membuat kita merasa begah.
Tidak heran jika banyak orang yang seringkali mengendurkan ikat pinggangnya setelah makan, terutama setelah menyantap makanan dalam porsi besar.
Namun ternyata hal yang sepele seperti mengendurkan ikat pinggang setelah makan juga bisa mengganggu kerja sistem pencernaan. Hal tersebut akan membuat usus menjadi terbelit sehingga sistem pencernaan menjadi terhambat.

7. Makan Buah-Buahan

Selama ini banyak orang yang menganggap buah sebagai “pencuci mulut” dan baik untuk dikonsumsi setelah makan. Namun persepsi ini sama sekali tidak benar.
Mengonsumsi buah setelah makan akan membuat perut menjadi kembung karena sifatnya yang memfermentasi makanan yang baru saja kita konsumsi.
Untuk mendapatkan manfaat dari buah, konsumsilah buah 1 jam sebelum atau sesudah makan, agar nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa diserap dengan baik oleh tubuh kita.

8. Jalan-Jalan

Tidak sedikit orang yang mengira bahwa dengan jalan-jalan setelah makan, maka akan mempercepat proses pencernaan makanan tersebut. Namun nyatanya hal tersebut sama sekali tidak benar.
Jalan-jalan setelah makan justru menghambat sistem pencernaan dalam menyerap nutrisi makanan, sehingga gizi yang diperoleh tubuh kita pun menjadi tidak maksimal.
Selain itu, berjalan langsung setelah makan juga dapat menghabiskan energi makanan yang baru saja kita makan tanpa disimpan terlebih dahulu. Disarankan untuk menunggu selama kurang lebih 15 menit setelah makan untuk berjalan.

9. Minum Air Dingin

Air es yang dingin tentunya akan sangat menyegarkan jika diminum setelah menyantap makanan, terutama makanan yang panas dan pedas.
Namun dibalik kesegarannya, air es ternyata dapat mengggangu sistem pencernaan makanan.
Air es yang dingin akan membekukan makanan terutama makanan berlemak. Lemak yang membeku tersebut akan tertimbun di dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan, yang akhirnya akan menimbulkan kegemukan dan kembung pada perut.
Oleh karena itu, sebaiknya ganti air es yang biasa kamu konsumsi setelah makan dengan air hangat, terutama saat mengkonsumsi makanan berlemak.

Sumber: Tokopedia
loading...

1 komentar:

  1. Nice weblog right here! Additionally your web site loads up very fast! What web host are you the usage of? Can I am gettihg your associate lonk on your host? I wish mmy website loaded up as fast as yours lol.

    Home Ground
    Home Land

    ReplyDelete