.... CLICK 1X ....

Kandungan, Manfaat dan Cara Konsumsi Buah Plum

loading...
Selain antioksidan, buah plum juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, seperti vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, B9, B12, K, serat, kalium, magnesium, mangan, fosfor, zat besi, dan seng. Kandungan inilah yang membuat buah plum memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Buah Plum

1. Mengurangi Obesitas
Pada 2017 sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Obesity & Therapeutics menyatakan bahwa mengkonsumsi buah plum dapat membantu memerangi sindrom metabolik.

Senyawa flavonoid juga komponen senyawa lainnya memberikan efek anti obesitas dan anti inflamasi pada sel-sel lemak.

2. Mengontrol Gula Darah
Senyawa flavonoid memberikan proteksi pada resistensi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam darah. Oleh karena itu, meskipun buah plum mengandung karbohidrat, buah ini tetap aman dikonsumsi bagi orang-orang yang memiliki keinginan diet gula atau potensi diabetes.

Serat yang terkandung di dalam buah plum juga memperlambat pemecahan karbohidrat dalam tubuh menjadi gula.


3. Sumber Antioksidan
Manfaat buah plum lainnya adalah sebagai sumber antioksidan. Kandungan senyawa dalam buah plum seperti fenol mampu menetralkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Senyawa fenol juga mampu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak.

4. Melindungi Kesehatan Jantung
Kandungan buah plum yang terdiri dari kalium dan mineral membuat buah plum memiliki khasiat yang baik untuk jantung. Mineral dan kalium memberikan manfaat seperti memelihara irama jantung, dan kontraksi otot jantung.

5. Mencegah Osteoporosis
Pada studi dari Florida State University dan Oklahoma State University menunjukkan bahwa plum dapat mencegah hilangnya massa tulang yang rentan osteoporosis.

Manfaat buah plum yang satu itu disebabkan adanya mineral boron pada kandungan buah plum. Mineral boron dapat membantu membangun tulang dan otot yang kuat.

6. Mencegah Kanker
Kandungan buah plum yang kaya akan antioksidan mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker akibat masuknya radikal bebas dalam tubuh. Manfaat buah plum ini sering digunakan sebagai multivitamin antioksidan yang wajib dikonsumsi secara rutin.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Di dalam buah plum ada kandungan vitamin C yang alami dan tinggi. Buah ini pun pada akhirnya diyakini mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan resistensi terhadap infeksi dari penyakit tertentu.

8. Mencegah Pembekuan Darah
Buah plum memiliki kandungan senyawa antioksidan seperti betakaroten dan lutein-zeaxanthin juga vitamin K. Senyawa antioksidan dan vitamin K tersebut dapat membantu sistem peredaran darah agar mencegah pembekuan darah dan melancarkan peredaran darah.

9. Meningkatkan Daya Ingat
Senyawa flavonoid yang ada dalam kandungan buah plum juga efektif dalam memberikan perlindungan terhadap gangguan kognitif yang berkaitan dengan usia (neurodegeneratif). Dalam hal ini, buah plum mampu meningkatkan daya ingat pada fungsi belajar dan memori.

10. Mengurangi Kadar Kolesterol
Serat pada buah plum memiliki kandungan asam propionat yang merupakan jenis serat tidak larut. Serat pada buah plum ini mampu mengikat asam empedu dan mengeluarkannya melalui kotoran.

Dengan adanya produksi asam empedu baru maka kolesterol mudah terpecah sehingga mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

11. Menghilangkan Kecemasan
Mengkonsumsi buah plum secara teratur dapat membantu mengurangi kecemasan. Efek anxiolytic dari antioksidan yang ada dalam buah plum membantu menyembuhkan perilaku kecemasan dan kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

12. Menurunkan Berat Badan
Seperti yang telah disebutkan di atas, buah plum memiliki banyak serat. Serat yang ada dalam buah plum lambat untuk dicerna oleh tubuh sehingga membuat kamu kenyang lebih lama. Manfaat buah plum ini sering diperuntukkan untuk diet sehat oleh banyak orang lho, Toppers.

13. Meringankan Gejala Influenza
Peneliti dari College of Life dan Ilmu Kesehatan Universitas Chubu, Jepang menunjukkan bahwa kandungan molekul lektin dalam buah plum dapat menghambat gejala dan mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus influenza A.

14. Berguna untuk Ibu Hamil
Manfaat buah plum rupanya tidak sampai di situ saja. Manfaat yang dapat kamu temukan lainnya pada buah plum adalah baik untuk kesehatan ibu hamil.

Kandungan vitamin dan mineral baik untuk perkembangan tulang dan jaringan, kesehatan sel, dan penglihatan mata. Selain itu, baik juga untuk mencegah sembelit pada ibu hamil.

15. Melancarkan Pencernaan
Komponen sorbitol dan isatin yang ada pada kandungan buah plum turut membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Sorbitol dan isatin memiliki efek pencahar dan mendorong sekresi cairan dalam usus secara efisien.

16. Menyehatkan Sistem Saraf
Buah plum mengandung vitamin K yang berperan menurunkan risiko kerusakan saraf pada penderita alzheimer. Adanya vitamin K ini juga mampu meningkatkan fungsi otak pada manusia.

17. Mengurangi Risiko Anemia
Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah plum menambah daftar manfaat pada buah ini. Bila dikonsumsi secara rutin, zat besi tersebut membantu mencegah dan mengurangi risiko anemia.

18. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A yang dibutuhkan oleh mata bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi buah plum. Buah plum mengandung vitamin A yang cukup tinggi, sekitar 5%. Dengan begitu, mata mu tetap terjaga kesehatannya.

19. Menyeimbangkan Elektrolit Tubuhp
Senyawa potassium yang tinggi dalam buah plum mampu menyeimbangkan elektrolit pada tubuh. Senyawa ini baik untuk memproteksi sel serta jaringan dalam tubuh dan menyeimbangkan beberapa zat dalam tubuh, sehingga berpengaruh terhadap keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

20. Sebagai Perawatan Kulit
Plum kaya akan vitamin C dan vitamin E yang tinggi mampu menjaga kesehatan kulit. Pada wajah, plum dapat mengurangi bintik-bintik hitam dan kerutan. Tetapi, tentu juga harus dibarengi dengan cleanser, dan produk perawatan wajah lainnya agar hasil lebih maksimal.

Cara Makan Buah Plum yang Nikmat dan Sehat

Buah plum, selain menyegarkan, juga mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang memiliki nama ilmiah prunus ini dapat dikonsumsi dengan sejumlah cara. Berikut ini adalah cara makan buah plum yang nikmat dan menyehatkan.

1. Dimakan Langsung
Cara makan buah plum yang pertama adalah yang paling umum atau dasar, yakni mengonsumsinya secara langsung. Akan tetapi, rasa asli buah plum yang cenderung asam membuat cara makan buah plum merah ini mungkin tidak cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka rasa asam.

Untuk memakan buah plum secara langsung, pastikan untuk mencuci buah ini sampai benar-benar bersih. Kemudian, Anda bisa mengupas kulitnya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya (atau bisa juga tidak usah dikupas).

2. Jus Plum
Sama seperti buah-buahan pada umumnya, cara makan plum juga bisa dengan mengolahnya menjadi minuman jus segar.

Siapkan 2-4 buah plum segar, kemudian cuci sampai bersihi dan potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, masukkan potongan buah plum ke dalam blender bersamaan dengan es batu secukupnya, 3 sendok makan air gula, dan 2-3 sendok teh krim kental manis atau madu.

Mengonsumsi jus plum juga menjadi cara makan buah plum untuk diet bagi Anda yang kini tengah menjalani program penurunan berat badan. Kandungan gizi dalam buah plum yang dikombinasikan dengan madu efektif melancarkan metabolisme tubuh.

3. Pasta Plum
Pasta plum? Mungkin salah satu olahan buah plum yang satu ini masih terdengar kurang familiar bagi Anda. Mengolah plum menjadi pasta adalah cara makan buah plum yang memang cukup aneh dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Namun demikian, Anda bisa mencoba cara yang satu ini guna menambah variasi dalam mengonsumsi plum.

Siapkan 2-4 buah plum segar, kemudian potong menjadi beberapa bagian dan cuci sampai bersih. Setelah itu, masukkan potongan plum tadi ke dalam wadah mangkuk dan tambahkan 2 ½ gelas air mendidih. Setelah beberapa saat, masukkan bahan-bahan lain ke dalam mangkuk seperti gandum, kefir, dan biji rami. Aduk buah plum dan semua bahan sampai menjadi pasta.

Terakhir, simpan pasta plum di dalam kulkas selama kurang lebih 60 menit. Kemudian, keluarkan dan sajikan selagi dingin.

4. Plum dan Saus Cokelat
Makan buah plum secara langsung juga bisa Anda modifikasi agar lebih menggugah selera. Salah satu cara makan buah plum merah secara langsung agar lebih variatif tersebut adalah dengan menyiram potongan buah plum dengan saus cokelat.

Cokelat, selain lebih mengugah selera dan mengurangi rasa asam pada buah plum, juga bermanfaat untuk meningkatkan mood Anda dengan meningkatkan kadar serotonin dan dopamin pada tubuh.

5. Salad
Cara makan buah plum yang asyik lainnya adalah dengan mengolahnya menjadi salad buah, tentunya dikombinasikan dengan jenis buah-buahan lainnya seperti anggur, stroberi, jeruk, apel, dan melon.

Potong kecil-kecil buah plum dan buah lainnya, masukkan ke dalam wadah mangkuk, kemudian beri dressing berupa mustard dan madu. Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama kurang lebih 60 menit. Keluarkan salad plum dari kulkas dan makan selagi dingin.

6. Campur dengan Oatmeal
Oatmeal atau sereal gandum lainnya adalah makanan yang bisa dikombinasikan dengan buah apapun guna menambah cita rasa, tak terkecuali dengan buah plum.

Terlebih lagi, baik oatmeal maupun buah plum sama-sama mengandung serat, sehingga mengonsumsi keduanya adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegahnya dari mengalami sejumlah masalah kesehatan seperti sembelit.

7. Dikeringkan
Terakhir, cara makan buah plum adalah dengan mengeringkannya hingga menjadi buah plum kering. Cara ini juga bertujuan untuk membuat plum dapat bertahan lebih lama.

Guna mengolah plum menjadi buah kering, yang perlu Anda lakukan adalah menjemur atau memanggang buah plum yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih. Untuk metode menjemur, idealnya plum dijemur selama 3-4 hari agar benar-benar kering.

Setelah plum kering, jangan langsung dikonsumsi, melainkan rebus bersama air dengan suhu sekitar 250 derajat celcius sampai air mendidih.

Efek Samping Makan Buah Plum

Sayangnya, buah plum tidak lepas dari yang namanya efek samping. Hal ini berlaku apabila Anda mengonsumsi buah plum terlalu banyak, Beberapa efek samping yang mungkin ditimbulkan dari mengonsumsi buah plum terlalu banyak adalah:

Diare
Menyebabkan perut kembung
Menaikkan berat badan
Ketergantungan laksatif
Menyebabkan warna feses berubah gelap
Related Posts
Share:

1 comment:

  1. Aw, this was a really nice post. In idea I would like to put in writing like this additionally – taking time and actual effort to make a very good article… but what can I say… I procrastinate alot and by no means seem to get something done.

    Sport News Update
    Agen Sbobet Terpercaya

    ReplyDelete

Random Posts