.... CLICK 1X ....
loading...

Cara Belajar Gitar untuk Pemula

loading...
1. Kenali gitar yang cocok denganmu

Tahap pertama sebelum belajar gitar adalah mengetahui jenis gitar apa yang cocok dengan kamu. Pelajari karakter bunyi dari musik yang ingin kamu pelajari, kemudian pilih gitar yang memiliki spesifikasi demikian seperti lagu-lagu instrumental cenderung menggunakan instrumen gitar klasik bersenar nylon. Senar gitar akan sangat mempengaruhi karakteristik bunyi. Bentuk gitar juga akan mempengaruhi kenyamananmu dalam menggenjreng dawai, pastikan gitar yang akan kamu beli akan nyaman dimainkan oleh kamu seorang.

Cara belajar gitar tidak selalu menuntut kamu untuk memiliki gitar jika kamu bisa meminjam gitar milik teman atau keluarga. Kalau memang tidak ada yang bisa dipinjam, kamu bisa menemukan berbagai jenis gitar akustik atau gitar akustik di Tokopedia.


2. Hal yang kamu perlukan dalam belajar gitar

Ada beberapa peralatan dalam belajar gitar yang wajib kamu miliki. Yang pasti adalah gitar, kemudian kamu membutuhkan capo atau penjepit senar guna mendapatkan nada yang lebih tinggi tanpa harus men-transpose kunci gitar yang dimainkan. Sebagai seorang pemula, telinga kamu cenderung belum peka terhadap nada, akan sulit bagimu menyetel senar gitar hingga mendapatkan nada yang akurat. Kamu membutuhkan guitar tuner guna membantu menyetel gitar.

3. Menguasai tangga nada dasar

Ada berbagai tangga nada gitar yang harus dipahami oleh seorang gitaris pemula hingga profesional. Tangga nada ada yang kompleks namun juga ada yang sederhana. Untuk bisa menguasai seluruh tangga nada gitar, kamu perlu mempelajari dan menguasai tangga nada dasar antara lain tangga nada mayor dan minor. Cara belajar gitar untuk pemula khususnya tangga nada gitar, cobalah bermain nada dasar hingga mahir.

4. Belajar teknik mememetik gitar

Tidak hanya sembarang mengayunkan tangan ke senar, kamu harus memahami dan mempelajari berbagai teknik petikan. Cara belajar gitar yang paling efektif untuk menguasai teknik memetik gitar adalah dari petikan jari hingga strum.

5. Kuasai beberapa chord dasar

Memainkan lagu akan jauh lebih mudah jika kamu sudah mengetahui chord lagu tersebut. Akan tetapi, ada jenis lagu yang memiliki berbagai chord sekaligus, sehingga lebih sulit dimainkan jika kamu adalah pemula yang baru belajar gitar. Namun, ada beberapa lagu hanya terdiri dari 3 hingga 4 chord dasar, sehingga akan jauh lebih mudah bagi kamu memainkan lagu.

6. Mengetahui alternatif chord sulit

Tidak semua chord yang kompleks itu sulit dimainkan. Selalu ada alternatif dari chord kompleks sekalipun. Yang membedakan hanyalah posisi fret dan senar yang dipencet, namun bunyi yang dihasilkan akan serupa. Cara belajar gitar ini akan sangat bermanfaat bagi para pemula.

7. Tekun berlatih dan mengulang

Cara belajar gitar untuk pemula yang terpenting dan perlu diingat adalah untuk terus berlatih dan mengulang hal-hal mendasar hingga menguasai dasar dengan kuat dan menyeluruh. Selayaknya membangun rumah, dibutuhkan pondasi yang kokoh guna mendapatkan rumah terbaik.


Related Posts
Share:

No comments:

Post a Comment

loading...

Random Posts