Oct 5, 2019

24 Virus Joker Menyerang Google Play Store

Pengguna smartphone berbasis Android diimbau berhati-hati terhadap serangan virus alias malware jenis trojan bernama "Joker".

Periset keamanan CSIS Group menyebutkan perangkat Android kembali Perusahaan riset keamanan cyber dan perangkat CSIS Security mendeteksi sebuah malware baru yang dinamai 'Joker'.

Sepertinya malware ini berupaya mendompleng ketenaran film Joker yang sedang hype. Joker menyusup di puluhan aplikasi berbahaya di Google Play Store. Gawatnya, angka unduhan aplikasi-aplikasi ini sudah mencapai lebih dari 500 ribu.

Dikutip dari SC Magazine, Sabtu (5/10/2019), Joker bisa mencuri pesan SMS, daftar kontak, dan informasi perangkat si pengguna. Malware ini juga secara diam-diam bisa mendaftarkan perangkat untuk berlangganan layanan premium sehingga merugikan korban.

Joker diketahui menyasar pengguna di 37 negara. Indonesia tentu saja ada dalam daftar ini. Selain Indonesia, negara lainnya adalah Australia, Austria, Belgia, Brasil, China, Cyprus, Mesir, Prancis, Jerman, Ghana, Yunani, Honduras dan India. Selanjutnya ada Irlandia, Italia, Kuwait, Malaysia, Myanmar, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Qatar, Republik Argentina, Serbia, Singapura, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Thailand, Turki, Ukraina, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat.

Analis CSIS, Aleksejs Kuprins menyebut virus joker diketahui hanya menyerang ponsel yang menggunakan kartu SIM dari 37 negara, salah satunya Indonesia. Kuprins menyebutkan bahwa Google mengetahui adanya malware yang dilaporkan tersebut dan secara aktif berupaya melakukan bersih-bersih aplikasi jahat dari Google Play Store.


Tercatat ada 24 aplikasi berisi malware Joker tersebut yang terdeteksi Google dan telah dihapus. Nama "Joker" sendiri berasal dari salah satu server pengendali (C&C) sang malware. Pihak Google dilaporkan telah menghapus ke-24 aplikasi yang ditunggangi Joker dari Play Store. Apabila sempat memasangnya di perangkat, CSIS mengimbau pengguna Android untuk segera menghapus aplikasi-aplikasi dimaksud.

Berikut daftar selengkapnya.

1. Advocate Wallpaper
2. Age Face
3. Altar Message
4. Antivirus Security - Security Scan
5. Beach Camera
6. Board picture editing
7. Certain Wallpaper
8. Climate SMS
9. Collate Face Scanner
10. Cute Camera
11. Dazzle Wallpaper
12. Declare Message
13. Display Camera
14. Great VPN
15. Humour Camera
16. Ignite Clean
17. Leaf Face Scanner
18. Mini Camera
19. Print Plant scan
20. Rapid Face Scanner
21. Reward Clean
22. Ruddy SMS
23. Soby Camera
24. Spark Wallpaper.
loading...

0 komentar:

Post a Comment