.... CLICK 1X ....

10 Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget atau Hp

loading...
Anak kecanduan gadget pastinya tidak bisa lepas dari peran orangtua, yang membiarkan anak berlama-lama memegang ponsel pintar atau laptop.

Inilah tips mengatasi anak kecanduan gadget.

1. Batasi pemakaian gadget maksimal dua jam

Anak di atas dua tahun, hanya boleh berada di depan layar komputer, televisi atau ponsel pintar maksimal selama dua jam setiap harinya. Waktu lain harus digunakan untuk bermain di luar rumah, berinteraksi dan berkomunikasi dengan anak lain agar bisa mengenali emosi.

Anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya jangan dulu dikenalkan pada gadget.

2. Orang tua mengedukasi diri soal gadget

Sebelum memberikan gadget ke anak, orangtua harus tahu dulu apa saja aplikasi yang ada di sana. Agar bisa menyaring konten yang sesuai dengan umur anak. Jangan jadi orangtua yang gaptek, dan membiarkan anak terpapar konten negatif karena kita tidak mengerti.

3. Berikan pengawasan

Dampingi anak ketika bermain gadget. Anda juga bisa berdiskusi mengenai apa saja yang ia mainkan, dan lakukan dengan gadgetnya. Selain menjalin komunikasi, Anda juga bisa sekaligus mengawasi paparan internet terhadap anak, perilaku anak di dunia maya.
Bila sedang mengawasi anak, usahakan jangan sibuk dengan gadget Anda sendiri.

4. Berikan pengajaran soal perilaku di internet

Jika Anda melihat konten yang tidak sesuai dengan usia anak, beri dia pengertian bahwa konten tersebut tidak baik untuknya. Begitupun ketika dia melihat informasi yang kurang baik, ajak anak untuk mendiskusikannya.
Jangan lupa mengingatkan anak agar tidak mudah memberikan identitas pribadi kepada orang yang tidak dikenal, atau aplikasi yang tidak jelas.
Andapun sebagai orangtua, sebaiknya jangan berlebihan memamerkan anak di media sosial. Hal ini demi mencegah kejahatan yang sering mengincar anak di dunia maya.

Berikan pendampingan dan pengawasan saat anak bermain gadget.

5. Biarkan anak bermain tanpa gadget

Dorong anak untuk bermain di dalam maupun di luar rumah tanpa gadget. Tujuannya agar dia memiliki waktu berkualitas yang tidak dihabiskan untuk menatap layar gadget.
Selain bermanfaat untuk fisik anak, bermain tanpa gadget juga bisa merangsang tumbuh kembang motoriknya. Simpan gadget Anda saat anak akan bermain agar dia tidak tergoda untuk memegang perangkat elektronik tersebut.

6. Berikan contoh

Jangan hanya memberi larangan pada anak untuk tidak menggunakan gadget, sementara orangtua selalu sibuk dengan ponsel pintar. Ini akan memberi contoh yang buruk.
Simpan gadget Anda, dan bermainlah bersama anak. Bercengkrama dengan mereka selama beberapa jam. Pekerjaan dan chat dari teman atau bos bisa menunggu. Namun anak Anda tidak akan menjadi anak kecil selamanya.
Berikan ia teladan, bahwa ada hal-hal yang lebih penting di dunia ini dibandingkan gadget. Yakni kebersamaan dengan keluarga tercinta.

7. Tetapkan waktu dan tempat bebas gadget di rumah


Cara terakhir untuk mencegah anak kecanduan gadget, dengan menetapkan aturan area dan waktu bebas gadget di rumah. Misalnya di meja makan ketika sedang makan bersama. Baik anak-anak maupun orangtua tidak ada yang boleh memegang gadget saat makan.
Anda juga harus membiasakan anak untuk tidak membawa perangkat elektronik apapun ke dalam kamar. Selain menghindari kecanduan gadget, juga mendorong anak memiliki waktu tidur yang lebih berkualitas.

8. Buat prioritas

Orang tua harus tegas untuk mendisiplinkan anak. Buat aturan jelas seperti jam tidur siang, waktu bermain di luar rumah, dan waktu untuk mengerjakan PR. Termasuk juga soal waktu di depan layar.

9. Pentingnya Komunikasi

Jadilah teman bagi anak, bukan orangtua yang ditakuti sehingga anak enggan terbuka dengan Anda. Tekankan kepada anak untuk selalu mengkomunikasikan kepada orangtua jika ada hal-hal yang membuatnya tidak nyaman ketika menggunakan gadget. Sebaliknya, orangtua juga harus peka terhadap perubahan perilaku anak jika dirasa ada yang aneh.

Anak rewel merupakan salah satu pertanda bahwa ia mungkin bosan dengan aktivitasnya dan meminta perhatian. Jadi game di gadget adalah salah satu cara yang dianggapnya dapat menghibur. Untuk mengalihkan perhatian, cobalah ajak anak aktivitas outdoor. Misalnya berenang, main bola dan kegiatan fisik lainnya. Intinya, alihkan energi anak ke aktivitas fisik.

10. It's Family Time

Buat waktu khusus, terlebih saat akhir pekan untuk bersama-sama berkumpul dengan keluarga. Secara kreatif orang tua bisa membuat boks ponsel di mana anak meletakkan ponsel dan gadget mereka di dalam boks selama waktu keluarga berlangsung.

Related Posts
Share:

1 comment:

  1. Hello! I just would like to give a huge thumbs up for the great info you have here on this post. I will be coming back to your blog for more soon.

    Green Life
    Fairytale

    ReplyDelete

Random Posts