10 Tempat Wisata Belanja di Mekkah dan Madinah

Setiap kali akan berangkat haji, pada umumnya calon haji akan mengadakan syukuran dengan mengundang sanak saudara maupun tetangga sebagai bentuk silahturahmi dan berpamitan untuk menjalankan ibadah haji. Begitu juga ketika telah sampai dari Tanah Mekkah, calon haji yang telah menjadi haji tersebut akan mengundang seluruh saudara maupun tetangga untuk bersilahturahmi dan berdoa bersama atas berkah yang telah di dapatkan selama disana. Tak jarang pula kerabat maupun keluarga datang untuk sekedar menanyakan kisah di Tanah Suci, selain itu ada juga yang menanyakan buang tangan apa yang akan dihidangkan setelah naik haji. Wajar jika saat di Tanah Suci, jamaah juga memikirkan berbagai buah tangan yang akan dibawa pulang untuk kerabat maupun keluarga.

Budaya membawa oleh-oleh ini rupanya sudah mengakar khususnya di Indonesia, yang menjadi problema pada kebanyakan adalah membludaknya tetangga yang berkunjung saat usai haji. Tentunya Anda membutuhkan oleh-oleh yang banyak juga, permasalahannya kuota bagasi untuk haji diperbolehkan hanya 20-30kg saja. Jika dihitung kembali, oleh-oleh yang dibagikan untuk para tamu dapat melebihi 3x lipat beratnya kapasitas bagasi.

Mulai dari kapasitas bagasi pesawat sampai dengan besarnya biaya yang harus dikeluarkan, tentu sering menjadi hal yang dipikirkan saat membeli oleh-oleh di Tanah Suci.

Berikut tips belanja oleh-oleh di tanah suci untuk Anda :

1. Buat Daftar Belanjaan

Sebelum pergi umroh ke tanah suci, ada baiknya Anda menuliskan siapa saja yang akan dibelikan oleh – oleh di sana. Jika perlu, tentukan sekalian oleh – oleh apa saja yang akan Anda beli. Dengan begini, tentunya Anda juga akan bersiap dengan budget dan daftar belanjaan yang rinci. Nantinya hal ini akan sangat membantu ketika Anda sudah berada di tengah pasar.

2. Jangan Tampil Mencolok

Tips kedua yang dapat Anda lakukan adalah tampil sesederhana mungkin. Kebanyakan pedagang di sana dapat dengan mudah untuk mengukur bahwa seseorang ini berduit lebih atau tidak. Nah, kalau Anda datang dengan penampilan yang mencolok, dijamin deh bakal dapat barang yang harganya lumayan mahal. Sayang kan, harusnya bisa di nego, malah kena harga yang gak bersahabat.

3. Pilih Tempat Belanja yang Sesuai Kantong
Jika Anda ingin berbelanja dengan hemat, tentunya mall dan outlet – outlet indoor bukanlah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Dengan kualitas barang yang tidak jauh berbeda, Anda bisa memilih untuk berbelanja di pedagang kaki lima yang tersebar di sepanjang jalan kota Mekkah.

Tentunya dengan kejelian dan kepandaian memilih barang, Anda akan mendapatkan barang yang baik dengan harga yang jauh lebih murah. Oleh karenanya jangan terburu – buru untuk mengambil keputusan membeli sebuah barang.  Survey harga di pedagang yang lain akan membuat Anda berhemat dalam berbelanja.

4. Cari Tau Lokasi Pasar / Tempat Belanja

Penting banget untuk tau mau beli apa saja sesuai dengan kebutuhan yang sudah ditulis sebelumnya dalam daftar belanjaan oleh-oleh khas tanah suci. Kalau sudah tau mau beli apa saja, cari tau dengan detail mengenai pasar atau tempat belanja apa dan dimana yang paling terkenal dengan barang tersebut. Karena ketika kita beli barang di tempat yang sudah terkenal khas akan barang tersebut, kita bisa mendapat harga yang lebih hemat dan juga bisa dijamin kualitasnya.

Pasar Zakfariah di Mekkah, Pasar Balad dan Bab Mekah di Jeddah, serta Pasar Kurma dan pusat pertokoan di basement Taiba Arac Hotel di Madinah, adalah sedikit contoh tempat yang menawarkan barang dengan harga miring sesuai dengan spesialisasi barang yang terkenal di masing-masing pasar.

Seperti destinasi di tempat lain, tempat belanja di Tanah Suci juga bertebaran di mana-mana. Apalagi di saat musim haji atau umroh di bulan Suci Ramadan. Sebaiknya kamu mulai mencari informasi tentang tempat belanja yang menawarkan harga ramah kantong dan pastinya menjual barang berkualitas.

5. Bicara Bahasa Arab Akan Cukup Membantu

Seperti halnya orang Indonesia apalagi pedagang Indonesia, jika pembelinya mau membeli dan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia mereka pasti akan senang dan merasa lebih terbantu. Walaupun memang di Mekkah dan Madinah sudah banyak sekali warga dan pedagang pasar di sana yang mengerti dan bahkan fasih berbahasa Indonesia.

Sebenarnya kamu tidak perlu benar-benar ahli dalam berbahasa Arab, tetapi cukup tau kata-kata yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari apalagi kata-kata yang berkaitan dengan percakapan di pasar. Percakapan tersebut seperti “Assalamualaikum, apakah Anda menjual kurma ajwa?” “Berapakah harga baju ini?” dan banyak percakapan lain yang pastinya sangat berguna ketika berbelanja di tanah suci. InsyaAllah mereka akan menghargai usaha kita untuk berbahasa Arab dan mungkin saja akan memberikan harga yang lebih bersahabat untuk kita.

6. Jangan Bahas Harga di Dalam Toko

Uniknya, pedagang di kota Mekkah ini punya banyak sekali keahlian. Salah satunya adalah menguasai bahasa asing yang sering digunakan oleh pembelinya. Karena itulah, Anda sebaiknya jangan coba – coba untuk membahas harga dengan teman atau rekan Anda di dalam toko. Bisa – bisa si penjual paham lho dengan apa yang Anda omongin.

Kalaupun mau ngebahas masalah harga, lakukanlah di luar toko. Bilang aja kalau Anda mau lihat – lihat toko lainnya dulu. Lalu baru deh ngebahas harga dengan teman atau rekan ibadah umroh Anda.

7. Pintar-pintarlah Menawar

Nah, tentunya dimanapun di dunia nggak semua pedagang akan jujur nih sama harga asli barang dagangannya. Ternyata, banyak pedagang di Arab Saudi yang sering menaikkan harga barang jualannya secara drastis dan gila-gilaan. Tak jarang, pedagang tersebut menyebutkan harga penawaran sampai 200 persen dari harga normal. Wah besar banget ya! Mereka menaikkan harga bisa jadi disebabkan oleh berbagai faktor penyebab, antara karena pembelinya dari luar negeri, calon pembeli terlihat mempunyai daya beli yang tinggi, karena harga barang tersebut memang sedang tinggi, atau banyak aspek lainnya yang diluar kemampuan kita. Di sini pentingnya kemampuan kamu untuk tawar menawar akan sangat dibutuhkan. Kamu dapat menawar barang hingga 30 persen dari barang yang disebutkan. Kemudian dinaikkan sedikit demi sedikit supaya mencapai harga kesepakatan.

Tak perlu takut untuk menawar karena selain banyak pedagang yang sudah menguasai bahasa Indonesia ala kadarnya, kamu juga bisa menggunakan kalkulator untuk menawar. Perlu diingat juga, hampir semua toko di tempat wisata belanja di Mekkah dan Madinah sudah menerima Rupiah sebagai alat pembayaran di sana. Memang betul bahwa kamu harus persiapkan uang Riyal untuk membeli oleh-oleh, tapi kamu tak perlu khawatir jika kehabisan Riyal karena mereka menerima Rupiah.

Oleh – Oleh Umroh Biasanya Apa Saja Sih?
Berikut ini adalah jenis oleh – oleh apa saja yang bisa Anda bawakan untuk sahabat Anda di tanah air.
Tasbih
Paket Air Zam – Zam. (Sesuaikan dengan peraturan yang berlaku)
Botol Berbentuk Ka’bah
Miniatur Bangunan Ikonik Islam
Pakaian (abaya dan gamis)
Permadani Cantik Ala Mekkah
Paket Hamper Sajadah Turki
Jilbab
Kurma, kismis dan kacang arab.

Tempat Wisata Belanja di Tanah Suci

1. Red Sea Mall

wisata belanja di tanah suci

Sumber Gambar: Wikipedia

Red Sea Mall yang terletak di sudut utara Kota Jeddah, Provinsi Mekkah ini bisa menjadi tempat wisata belanja selama di Tanah Suci. Red Sea Mall ini persisnya terletak di sisi Barat Jalan King Abdulaziz dan diantara Bandara Internasional King Abdulaziz.
Bagi Toppers yang sedang menjalankan ibadah umroh dapat langsung ke Red Sea Mall karena lokasinya berdekatan dengan Masjidil Haram. Pusat perbelanjaan ini memiliki banyak fasilitas seperti beragam restoran dan food court, bioskop, supermarket, juga wahana bermain anak.
Di dalamnya terdapat air mancur di dalam ruangan terbesar yang juga dikelilingi oleh kaca, sehingga cantik bila dipandang.

2. Makkah Mall

wisata belanja di tanah suci

Sumber Gambar: YouTube/Ajaz Umar Ansari

Selanjutnya, tempat yang bisa kamu kunjungi untuk wisata belanja di Tanah Suci adalah Makkah Mall. Makkah Mall ini berisi banyak shopping apparel, toko kosmetik, elektronik, groceries store, juga restoran dan merchant makanan ringan.
Di dalamnya juga terdapat wahana bermain anak Billy Beez cocok untuk Toppers yang memiliki buah hati yang masih kecil. Lokasinya berdekatan dengan Taman Alkhatateen persis di Jalan King Abdullah, Mekkah, Arab Saudi.
3. Pasar Bab
wisata belanja di tanah suci

Sumber Gambar: Susie of Arabia

Pasar tradisional yang terletak di Suhaifa, Jeddah, ini adalah tempat yang pas jika kamu ingin berbelanja oleh-oleh dengan harga yang lebih terjangkau. Pasar ini buka setiap hari, dari pagi hingga siang (dzuhur).

4. Aziz Mall

wisata belanja di tanah suci

Sumber Gambar: ProTenders

Terletak di Kota Jeddah, Provinsi Mekkah, Aziz Mall bisa menjadi salah satu tempat wisata belanja di Tanah Suci nih Toppers.
Buka setiap hari pada jam 10 pagi hingga 10 malam, Aziz Mall berisikan shopping apparel mulai dari brand ternama seperti GAP, Bershka, Mango, DKNY, dsb sampai local brand yang nggak kalah kualitasnya.

5. Mall of Arabia

wisata belanja di tanah suci

Sumber Gambar: Wikipedia

Tempat wisata di Tanah Suci yang bisa kamu kunjungi untuk berbelanja adalah Mall of Arabia. Terletak di Jeddah, Mall of Arabia juga terdapat wahana bermain anak Kidzania Jeddah di dalamnya.
Mall yang memiliki luas 261.000 meter persegi ini memiliki banyak merchant yang memungkinkan kamu untuk mudah menemukan segala hal di dalam Aziz Mall ini. Dengan begitu, urusan berbelanja selama di Tanah Suci tidak lagi khawatir.

6. Pasar Kurma Madinah
tempat wisata di tanah suci

Sumber Gambar: Tribunnews

Jika kamu mengincar kurma lezat dari Arab langsung, kamu bisa pergi ke Pasar Kurma yang terletak di Madinah. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai jenis kurma yang begitu variatif dengan harga yang ramah kantong.

7. Al-Salaam Mall

tempat wisata di tanah suci

Sumber Gambar: Arabian Centres

Last but not least, Al Salam Mall bisa menjadi referensi tempat wisata belanja di Tanah Suci selanjutnya nih Toppers. Mall yang berada di persimpangan Jalan Prince Majed dan Jalan King Abdullah, Jeddah ini menjadi salah satu mall favorit penduduk lokal.
Selain lengkap dan serba ada, di dalam mall ini terdapat IKEA sehingga selalu ramai oleh pengunjung. Karena bangunannya yang luas, maka tak heran bila mall ini memiliki berbagai merchant baik brand lokal maupun internasional juga wahana atraksi untuk anak-anak.

8. Al-Andalus Mall

tempat wisata di tanah suci

Sumber Gambar: Wikimedia Commons

Al Andalus Mall terletak di pusat kota Jeddah dan menjadi salah satu tempat wisata di Tanah Suci bagi para wisatawan yang berkunjung. Al Andalus sendiri memiliki beragam cabang usaha.
Seperti Al Andalus Real Estate Company yang menjadi program terbaru untuk mengembangkan Al Andalus Square. Di dalam Al Andalus Mall ini sendiri terdapat banyak merchant Internasional, kafe, fasilitas publik hingga taman.

9. Pasar Zakfariah

tempat wisata di tanah suci

Sumber Gambar: Ihram Asia

Terletak tak jauh dari Masjidil Haram, Mekkah, Pasar Zakfariah bisa kamu kunjungi jika mengincar barang-barang seperti perlengkapan ibadah maupun perhiasan. Kamu bisa menawar harga di sini agar mendapat harga yang cocok.

10. Tahlia Street

tempat wisata di tanah suci

Sumber Gambar: Omrania

Berada di tengah kota Jeddah, tempat belanja ini menyediakan barang-barang mewah dari brand ternama, seperti Chanel, Gucci, Prada hingga Louis Vuitton.
loading...
Related Posts
Share:

No comments:

Post a Comment

loading...

Featured Post

Best Sex Positions for Deep Penetration

Deep penetration isn't always the kind of sex you're in the mood for, especially if you're at a point in your cycle where your ...

Random Posts