.... CLICK 1X ....

10 Masjid dan Tempat Bersejarah di Mekkah

loading...

Beribadah maupun berwisata ke Tanah Suci menjadi dambaan bagi umat Muslim. Bagaimana tidak, dengan beribadah di Tanah Suci akan mendatang kan pahala yang berlimpah bagi siapa pun yang melaksanakannya.
Tempat Bersejarah di Tanah Suci
Tidak hanya itu, rupanya kota Mekkah dan sekitarnya memiliki beragam tempat atau situs bersejarah. Tempat-tempat yang kaya akan sejarah ini pun memiliki keistimewaan tersendiri.
Di balik berdirinya bangunan tersebut, ada sejarah yang menarik juga bisa menjadi bahan edukasi dan ilmu pengetahuan lho, Toppers. Nah, penasaran kan apa saja tempat bersejarah di Tanah Suci? Simak ulasan lengkapnya!

1. Perpustakaan Mekkah Al-Mukarramah



tempat bersejarah di tanah suci
Sumber Gambar: Wikimedia Commons

Tempat bersejarah di Mekkah ini lokasinya berada di sebelah timur Masjidil Haram. Perpustakaan ini letaknya tepat di sebelah timur area Sa’i. Pada bangunan perpustakaan tersebut tertulis Maktabah Makkah Al Mukarammah yang berarti Perpustakaan Mekkah Al Mukarramah.
Bangunan perpustakaan ini dipercaya sebagai tempat tinggal Nabi Muhammad SAW. Penampakan dari luar gedung terdapat foto-foto yang menggambarkan suasana dan kondisi di dalam perpustakaan.
Tentunya, dalam foto tersebut ada banyak rak buku seperti perpustakaan pada umumnya.
2. Hijr Ismail


tempat bersejarah di tanah suci
Sumber Gambar: Islamtics

Selanjutnya, tempat bersejarah di Mekkah adalah Hijr Ismail. Banyak orang menyebut Hijr Ismail dengan bangunan tembok setengah lingkaran setinggi pundak. Hijr Ismail terletak di sebelah utara Ka’bah.
Bangunan ini dibangun oleh orang Quraisy untuk merenovasi Ka’bah yang rusak dengan dana yang besar. Renovasi inilah yang menjadikan luas Ka’bah berkurang sementara luas Hijr Ismail bertambah.
Salah satu keistimewaan Hijr Ismail adalah merupakan salah satu tempat mustajab untuk memanjatkan doa. Hal ini ditandai meski tak masuk ke dalam rukun umroh, namun banyak orang yang berdoa di Hijr Ismail lho, Toppers. 

3. Jabal Tsur



tempat bersejarah di tanah suci
Sumber Gambar: Cheria Holiday

Jabal Tsur atau Gunung Tsur ini juga dijadikan tempat bersejarah di Mekkah Toppers. Gunung setinggi 458 meter ini berada di selatan Kota Mekkah.
Di puncak Gunung Tsur, terdapat Gua Tsur yang digunakan oleh Nabi Muhammad bersama Abu Bakar As-Shiddiq untuk bersembunyi dari kejaran kaum Quraisy selama perjalanan hijrah ke Madinah.

4. Pabrik Al Kiswah



tempat bersejarah di tanah suci
Sumber Gambar: Islamic Arts and Architecture

Tak banyak yang tahu, kain hitam menjuntai yang menutupi Ka’bah bernama Kiswah. Kain ini umumnya selalu diganti setiap tanggal 9 Dzulhijjah ketika jamaah haji beribadah di Bukit Arafah.
Nah, tentu kain Kiswah yang diganti setiap tahun itu memiliki pabrik di mana kain itu dibuat. Pabrik Kiswah yang terdapat di Kota Mekkah, berlokasi di Old Mekah Jeddah Road dan buka pada Sabtu, Senin, dan Rabu mulai jam 9 hingga 12 siang.
Di dalamnya kamu bisa melihat proses kain Kiswa diproduksi mulai dari kain diwarnai, ditenun, didesain, dicetak, disulam, hingga masuk laboratorium dan Kiswa dirakit. 

5. Jabal Nur



tempat bersejarah di tanah suci
Sumber Gambar: Wikipedia

Terletak di Kota Mekah, Jabal Nur merupakan salah satu tempat bersejarah di Mekkah yang sangat populer. Jabal Nur atau Gunung Cahaya ini memiliki sejarah Islam yang terkenal dalam gunung ini.
Di puncak Jabal Nur, terdapat Gua Hira yang merupakan tempat Nabi Muhammad menerima wahyu dari Malaikat Jibril untuk pertama kalinya. Untuk mencapai Gua Hira, kamu harus jalan kaki atau hiking karena jalanan yang berbatu dan cukup kecil ukurannya.

6. Masjid Jawatha


tempat bersejarah di tanah suci
Sumber Gambar: Travel Adventures

Tempat bersejarah di Mekkah lainnya adalah Masjid Jawatha. Masjid Jawatha terletak di desa Al-Kilabiyah tepatnya di sebelah timur laut provinsi Jautha, Saudi Arabia. Meski jauh dari lokasi Tanah Suci, namun Masjid Jawatha memiliki keistimewaan lho Toppers.
Masjid ini dikenal bersejarah karena pernah dijadikan tempat menyimpan Hajar Aswad. Pada waktu itu, Hajar Aswad pernah dicuri dari Mekkah oleh Kaum Qarmatians.
Setelah Hajar Aswad didapatkan kembali oleh kaum Muslimin, batu tersebut akhirnya disimpan selama 22 tahun di Masjid Jawatha. Saat ini, meski struktur asli bangunan ini sudah rapuh, namun masih banyak jamaah yang berkunjung ke sana.

7. Menara Abraj Al Bait



tempat bersejarah di tanah suci
Sumber Gambar: Al Borj – Facility Management

Menara Abraj Al Bait merupakan sebuah bangunan yang terletak di Kota Mekkah yang juga merupakan menara jam yang terdapat di Kompleks Abraj Al Bait. Menara ini memiliki tinggi 601 meter yang dipasang jutaan kaca mozaik dan terpancar keseluruh penjuru Mekkah.
Menara Abraj Al Bait dikenal dengan Museum Menara Jam yang berisi edukasi mengenai alam semesta, galaksi, Matahari, Bulan juga Bumi serta metode menentukan waktu. 

8. Masjid Quba



tempat bersejarah di tanah suci
Sumber Gambar: Islamic Landmarks

Masjid Quba adalah lokasi ibadah pertama umat Islam yang dibangun Nabi Muhammad saat beliau hijrah ke Madinah. Masjid Quba dibangun pada 1 Hijriah atau 622 Masehi di atas kebun kurma seluas 1200 meter persegi.
Masjid Quba memiliki 3 pintu utama, dua pintu untuk masuk jamaah laki-laki, dan satu pintu untuk jamaah perempuan. Tempat ini memiliki keutamaan yakni siapapun yang mendatangi masjid ini dan salat di dalamnya, maka pahalanya sama seperti menjalankan ibadah umroh.

9. Makam Al-Baqi



tempat bersejarah di tanah suci
Sumber Gambar: Navedz

Tempat bersejarah di Mekkah berikutnya adalah Makam Al-Baqi. Makam Al-Baqi ini merupakan pemakaman bersejarah yang terletak di Madinah. Al-Baqi sendiri secara harfiah berarti kebun pohon.
Tempat ini mendapat banyak perhatian karena merupakan tempat dimakamkannya anak Nabi Muhammad bernama Ibrahim juga para sahabat nabi yang telah gugur. Makam Al-Baqi ini sudah mengalami dua kali pembongkaran yaitu pada 1806 dan 1926.
Pembongkaran ini diprotes oleh Muslim Sunni dan Syiah sehingga diadakan rapat setiap tahun dan hari pembongkaran ini diperingati sebagai hari kesedihan bagi kaum Syiah.

10. Masjid Bilal bin Rabbah



tempat bersejarah di tanah suci
Sumber Gambar: Flickr/Matthew Jacob

Terakhir, tempat bersejarah di Mekkah yang juga tidak boleh terlewatkan adalah Masjid Bilal bin Rabbah. Masjid Bilal bin Rabbah ini merupakan salah satu objek ziarah yang letaknya sangat dekat dengan Masjid Nabawi.
Dinamakan Masjid Bilal bin Rabbah adalah karena konon katanya ini merupakan masjid yang menjadi tempat tinggal Bilal bin Rabbah selama di Madinah.
Bilal bin Rabbah adalah Muadzin pertama yang memiliki kisah keteladanan tentang suatu perjuangan seorang budak pada zaman Nabi yang menjaga aqidah walau harus mempertaruhkan nyawa.
Sumber : Tokopedia
Related Posts
Share:

No comments:

Post a Comment

Random Posts