Apr 18, 2018

Tips Menonton YouTube Hemat Kuota Data

YouTube Go adalah aplikasi resmi dari YouTube yang memungkinkan Anda mengunduh video ke Android. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi menghabiskan data untuk menonton video tertentu, tetapi tidak memiliki akses ke jaringan WiFi.

Walaupun kemungkinan untuk mengunduh video adalah fitur yang paling istimewa, YouTube Go juga menawarkan banyak fitur keren lain. Misalnya, Anda dapat melihat sekilas video sebelum ditonton atau diunduh, hanya melihat beberapa gambar diam dari konten video, dan meminimalkan penggunaan data. Selain itu, ada opsi untuk menonton video dalam kualitas dasar.

Fitur menarik lain yang ditawarkan YouTube Go adalah mengirim dan menerima video yang diunduh via Bluetooth. Dengan fitur baru ini, Anda tidak akan menggunakan satu KB pun jika ingin berbagi video favorit dengan teman-teman.

YouTube Go adalah klien YouTube alternatif yang sangat berguna untuk siapa saja yang memiliki koneksi internet tidak stabil. Walaupun tidak menawarkan semua fitur aplikasi YouTube resmi, aplikasi satu ini memiliki fitur lain yang justru sangat berguna dan unik.

Salah satu fiturnya, YouTube Go memiliki sebuah fitur preview video dalam bentuk slideshow (seperti file presentasi). Dengan fitur seperti ini, pengguna bisa mendapatkan gambaran akan seperti apa video yang bakal ditontonnya.


1. Pertama-tama, Anda harus mendownload dan menginstal aplikasi YouTube Go ke ponsel. Launcher aplikasi layanan berbagi video popular besutan Google yang kabarnya lebih ramah kuota data ini sebelumnya masih ditawarkan untuk kalangan Beta Tester. Namun, sekarang sudah bisa diunduh secara luas oleh pengguna Android di Indonesia.

2. Selanjutnya, buka dan jalankan YouTube Go.

3. Di halaman awal, Anda akan diminta untuk mendaftarkan nomor telpon sebagai prasyarat. Fungsinya, untuk bisa disinkronisasikan dengan daftar kontak dan nantinya YouTube Go juga akan bisa menampilkan siapa saja kontak di ponsel Anda yang menggunakan aplikasi serupa. Jangan khawatir, Google tetap menjamin keamanan data dari nomor telpon yang Anda daftarkan tersebut.

4. Anda juga diminta untuk menambahkan akun Google yang digunakan sebagai akun login.

5. Berikutnya, YouTube Go akan melakukan verifikasi nomor telpon yang Anda input secara otomatis, dengan mengirimkan kode otorisasi khusus via SMS yang harus dimasukan di bagian verifikasi.

6. Jika sudah, Anda pun sudah bisa memulai untuk menonton video-video YouTube dengan lebih menghemat kuota data. Nah, dilangkah selanjutnya tinggal pilih video mana yang ingin Anda tonton.

7. Saat memilih dan mengklik video, Anda akan disuguhi pilihan kualitas video seperti Basic, Standard dan High. Masing-masing opsi tersebut juga menyertakan informasi kapasitas file yang artinya juga besaran kuota data yang akan tersedot.

8. Tinggal pilih saja mana opsi yang Anda inginkan. Selanjutnya tinggal tap ‘Play’ untuk mulai menontonnya.

9. Untuk yang ingin menontonnya diwaktu lain, YouTube Go juga menyediakan opsi offline layaknya di YouTube normal. Cukup tap ‘Download’ untuk menyimpan file video tersebut, dan jika proses unduh selesai, Anda bisa menonton video tersebut kapan saja tanpa menyedot kuota data lagi.

10. Satu hal yang cukup menarik, Anda juga bisa berbagi hasil download video tersebut ke orang lain loh. Tinggal buka video yang telah diunduh, lalu tap “Send”.

11. Proses pengiriman file video ini memanfaatkan jalur Bluetooth ponsel, dimana orang yang Anda ingin kirimkan harus masuk dalam jangkauan dan mentap “Receive”.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...