Apr 19, 2018

Tips Laris dan Sukses Berjualan di Bukalapak

Seperti halnya pengalaman saya berjualan online di Tokopedia, berjualan di Bukalapak juga menyenangkan, karena kemudahan dan keamanannya. Prosedur berjualannya pu juga tidak begitu rumit seperti halnya di Tokopedia.

Saya katakan mudah, karena untuk memulai membuka toko online di Tokopedia dan Bukalapak tidak dikenakan prosedur yang berbelit-belit, syaratnya hanya satu: harus memiliki email. Sedangkan aman, karena pembayarannya menggunakan jasa rekening bersama, di mana dana pembayaran dari pembeli akan ditahan oleh Tokopedia/Bukalapak dan baru dicairkan kepada penjual setelah pembeli menerima barang pesanannya.

Inilah tips berjualan di Bukalapak, agar jualan semakin laris

1. Buatlah Lapak yang Terkesan Serius Dalam Berjualan
Sebagai Seller, agan/sista haruslah memberikan kesan pertama yang baik kepada calon konsumen. "Kesan Baik” yang saya maksud adalah berupa Nama Lapak, Tampilan Lapak, Tampilan Produk, Deskripsi Produk, Stok Produk dan semua hal yang ditampilkan di lapak anda sekalian.

Mengapa ini perlu? Mengapa kita harus Serius dalam hal ini? Jangan Asal-Asalan! Jawabannya jelas: Karena agar pembeli yakin dengan Lapak anda”

Meskipun Bukalapak.com memberikan jaminan keamanan bagi pembelinya, tapi anda sebagai Seller juga harus berusaha untuk meyakinkan calon konsumen, sehingga ini yang akan menarik calon pembeli untuk membeli produk Agan/Sista

Bukalapak sudah berusaha meyakinkan dengan jaminan keamanannya, Calon Pembeli pun mulai berdatangan dan melihat-lihat isi bukalapak. Apa jadinya jika yang ditemukan adalah nama lapak yang asal-asalan, mungkin seperti “Terserah Gue Store” atau “Lapak Orang Gila”. Ditambah lagi dengan produk yang dijual tidak jelas, foto tidak jelas, deskripsi produk juga tidak jelas. Calon Buyer pasti langsung banting stir dan putar arah. Transaksi pesanan pun cuma jadi angan-angan.

2. Isilah Deskripsi Lapak dan Foto Header Lapak yang Meyakinkan Pembeli
Di Bukalapak menyediakan Fitur Header untuk masing-masing lapak, manfaatkan untuk menunjukkan keunikan lapak anda.
Ada juga kolom khusus untuk deskripsi lapak yang bisa agan/sista isi. Jangan sia-siakan kolom ini. Berikan informasi yang jelas tentang Lapak agan/sista agar bisa semakin meyakinkan di mata calon pembeli.

3. Buat Foto Profil Pelapak yang Baik
Jika agan/sista mampu membuat / mendesain logo yang bagus silakan dipasang, jika belum bisa pasanglah foto wajah anda yang paling menarik. kalau malu pakai foto sendiri, pakailah foto produk yang anda anggap sebagai produk unggulan atau mempresentasikan spesialisasi lapak.Sehingga calon pembeli akan merasa lebih yakin bahwa agan/sista memang penjual yang serius.
memasang foto produk sebagai foto profil bisa disertai dengan nama lapaknya biar mudah diingat. Logo yang asal-asalan akan menjadikan persepsi buruk kepada calon pembeli.

4. Gunakan Lebih Dari Satu Jasa Pengiriman
Di Bukalapak ada beberapa jasa pengiriman yang bisa agan/sista pilih. Sebagai bentuk layanan kita kepada pembeli maka gunakan lebih dari satu jasa pengiriman. Misalnya menggunakan JNE, TiKi,POS, J & T dan Wahana. Sehingga pembeli memiliki pilihan khususnya masalah ongkos kirim. Karena ada beberapa pembeli yang kurang suka dengan salah satu jasa pengiriman. Sehingga jika Anda menggunakan lebih dari satu jasa pengiriman maka akan memudahkan calon pembeli.

 5. Aturlah Label Produk di Lapak
Jika andaa berjualan lebih dari satu jenis produk, berikan Label pada setiap produk sehingga dapat tersusun rapi berdasarkan kategori jenis produk yang agan/sista jual.
Ini akan memudahkan calon pembeli dalam memilih produk-produk yang anda jual.
Pengaturan Label memang bisa dilakukan secara bebas, tapi harus sesuai dengan produk yang anda jual. Boleh berdasarkan Jenis/Kategori Produk, Berdasarkan Merek, Warna, atau karakteristik khusus yang melekat pada produk tersebut.

6. Isi Informasi Produk Secara Jelas Dan Sebenar-benarnya
Sesuaikan informasi produk dengan kondisi barang yang anda jual. Foto produk, stok barang, deskripsi haruslah jelas dan sesuai dengan barang yang dijual.
Calon pembeli yang mendapatkan informasi jelas mengenai produk akan lebih cepat melakukan pemesanan di Lapak anda.

7. Bersaing dalam segi harga dan kualitas
Jadilah pelapak yang pintar! Ketika kita akan menjual salah satu produk, cobalah cari informasi tentang harga, kualitas, dan bagaimana respon pembeli terhadap produk itu. Saya sering tertawa melihat pelapak yang dengan PeDe-nya memasarkan produk dengan harga selangit, padahal pelapak lain memasang harga yang sangat-sangat murah. Memang yang namanya rejeki tidak bisa tertukar, namun kalau kita memiliki harga yang murah tentunya akan menarik bukan? kita punya barang ori akan menarik bukan?

8. Memiliki ketersediaan produk yang baik
Apakah anda akan membeli produk dari pelapak yang hanya memiliki stok 5pcs saja? Sedangkan pelapak yang lain memiliki stok 100pcs. Bagaimana jika pembeli adalah seorang penjual yang ingin membeli untuk dijual lagi, tentu mereka akan memperhatikan jumlah stok di lapak kita.

9.  Diskon
Kelebihan dari Bukalapak adalah adanya diskon, hal ini bisa kita manfaaatkan sebagai trik dalam berjualan katakanlah produk yang mau kita jual, awalnya kita beli 200.000 ternyata rata rata yang jual di bukalapak harganya kisaran 240rb, maka kita bisa pakai trik dengan menjual di kisaran 250rb lalu kita kasih diskon missal 5%

10. Fast Respon
Lagi lagi masalah respon menjadi prioritas, jika ada pesan yang masuk harus segera kita balas,jika ada orderan harus segera kita kirim, jika ternyata barang yang dipesan missal warna tertentu yang dipesan tidak ada coba telp pembeli atau sms, sampaikan opsi ganti warna atau bentuk barang, pengalaman kami 70% pembeli umumnya bersedia mengganti warna produk dan 50% dari pembeli bersedia mengganti bentuk pesanan dengan penawaran harga yang sama (contoh seseorang memesan dompet LV ternyata yang kita jual habis lalu kita bbm atau whatsupp kasih penawaran dompet bovis dengan mengirim gambar dompet tersebut dengan harga yang sama) pengalaman kami pelanggan ada yang bersedia jadi kita tidak perlu membatalkan pemesanan,

11. Manfaatkan Push Bukalapak (minimal 10 setiap hari)
Hal lain yang bisa kita temukan di bukalapak adalah fasilitas push, push bukalapak bisa kita beli dari 25000 (100push) artinya jika 10xpush/hari maka kita harus menyediakan dana sekitar 2500/hari (umumnya baru terasa manfaatnya setelah berjalan kisaran seminggu dari waktu kita memulai push jadi sabar saja menunggu hasilnya

12. Tingkatkan akun ke Premium Account
Fitur ini bisa membantu Pelapak mengelola lapaknya dalam meningkatkan penjualan serta performa lapak melalui fitur-fitur yang disediakan dalam Premium Account.

Fitur ini tidak bisa didapatkan secara gratis, jika ingin mengaktifkannya kamu harus berlangganan terlebih dahulu. Bukalapak menyediakan 3 kategori dari Premium Account dengan kelebihannya masing-masing, yakni Basic, Professional dan Platinum. Dari ketiga pilihan tersebut, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan lapakmu.

3 Pilihan Paket Premium Account

1. Paket Premium Basic (Biaya berlangganan Rp100.000/30 hari)
Dengan berlangganan Premium Basic, kamu akan mendapatkan keuntungan-keuntungan sebagai berikut:
  • Badge Pelapak Premium: Membuat lapakmu terlihat lebih terpercaya
  • Statistik Penjualan: Pantau Perkembangan dan penjualan lapakmu
  • Inventaris Barang: Memudahkan pembukan dan menjaga ketersediaan stok
  • Skor Performa Lapak: Acuan kinerja lapak dan kepuasan pembeli
  • Prioritas Promoted Push: Jadikan barang jualan diutamakan pada Promoted Push
  • Hapus Feedback Negatif: Hapus feedback negatif dengan feedback positif kurang dari 20 (18 Feedback Positif)
  • Bonus Budget Promoted Push: Dapatkan bonus Budget Promoted Push setiap pembelian Promoted Push (sebesar 5%)
  • Diskon Pembelian Paket Push: Dapatkan diskon khusus setiap pembelian paket Push (sebesar 5%)
  • Kuota Label Barang: Dapatkan kuota label barang lebih dari 10 label (20 Label)

2. Paket Premium Professional (Biaya berlangganan Rp250.000/30 hari)

Dengan berlangganan Premium Professional, kamu akan mendapatkan keuntungan-keuntungan sebagai berikut:
  • Badge Pelapak Premium: Membuat lapakmu terlihat lebih terpercaya
  • Statistik Penjualan: Pantau Perkembangan dan penjualan lapakmu
  • Inventaris Barang: Memudahkan pembukan dan menjaga ketersediaan stok
  • Skor Performa Lapak: Acuan kinerja lapak dan kepuasan pembeli
  • Prioritas Promoted Push: Jadikan barang jualan diutamakan pada Promoted Push
  • Daftar Barang Terfavorit: Promosikan barang ke pembeli yang menyukainya
  • Satu Pengaturan Promoted Push: Atur Promoted Push mudah dengan satu pengaturan
  • Voucher Lapak: Buat vouchermu sendiri dan tarik minat pembeli
  • Hapus Feedback Negatif: Hapus feedback negatif dengan feedback positif kurang dari 20 (15 Feedback Positif)
  • Bonus Budget Promoted Push: Dapatkan bonus Budget Promoted Push setiap pembelian Promoted Push (sebesar 10%)
  • Diskon Pembelian Paket Push: Dapatkan diskon khusus setiap pembelian paket Push (sebesar 10%)
  • Kuota Label Barang: Dapatkan kuota label barang lebih dari 15 label

3. Paket Platinum (coming soon)
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...