Apr 6, 2018

18 Langkah Ampuh Melepaskan Diri dari Perselingkuhan

Jujur saja, apakah saat ini anda sedang selingkuh dari pasangan anda?
Perselingkuhan dalam hubungan, entah itu pacaran atau sudah menikah sama-sama menyakitkan. Bahkan, ketika sudah memiliki pasangan 'sempurna', bisa saja salah satu pihak selingkuh.

Mungkin awalnya Anda pikir selingkuhan Anda tersebut hanyalah selingan pada kebosanan Anda terhadap pasangan Anda, tetapi ternyata justru Anda merasa selingkuhan Anda adalah belahan jiwa Anda sehingga Anda akan mengalami kesulitan move on setelah berpisah dengannya. Namun perlu anda ketahui, yang namanya selingkuh pastilah merupakan bentuk penyimpangan perilaku pada diri Anda. Dapat dipastikan ada kesalahan pada pola pikir Anda. Mengapa demikian? Ketika Anda selingkuh biasanya Anda tidak memiliki rasa bersyukur terhadap apa yang sudah Anda miliki yaitu kekasih atau mungkin suami/istri Anda.

Nah, bagaimana cara yang ampuh agar anda bisa segera melepaskan diri dari perselingkuhan?

Berikut ini 18 Langkah Ampuh Melepaskan Diri dari Perselingkuhan yang bisa anda terapkan, semoga berhasil!

1. “Selamat Tinggal” Mantan Selingkuhan

“Selamat tinggal” yang dimaksud dalam kasus ini bukan hanya sekedar mengucapkan kata “selamat tinggal”, tetapi harus meninggalkan sekaligus melupakan segala hal tentang mantan selingkuhan. Ucapkan “selamat tinggal” pada mantan selingkuhan sekaligus terhadap semua kenangan bersamanya. Mulailah lembaran baru yang lebih baik bersama pasangan hingga Anda yakin tidak akan “melihat” kembali mantan selingkuhan Anda.

2. Yakinkan Diri Anda

Hal yang paling penting dan pastinya menjadi pondasi dalam upaya melupakan selingkuhan adalah meyakinkan diri sendiri bahwa Anda akan baik-baik saja tanpa selingkuhan Anda. Hidup akan terus berjalan tanpa selingkuhan. Sadari bahwa selingkuh merupakan sebuah kesalahan yang Anda lakukan. Tapi harus Anda ingat, jangan menyalahkan diri sediri atau bahkan menyesali apa yang sudah Anda lakukan. Renungkan kesalahan yang sudah Anda lakukan, kemudian jadikan itu sebagai pembelajaran.

3. Hapus Kontaknya

Cara melupakan selingkuhan di kantor atau pun di mana saja yang kita sayangi adalah dengan menghapus kontak dengannya. Menghapus kontak selingkuhan tidak sekedar menghapus nomor ponselnya dari ponsel Anda. Usahakan putuskan hubungan dari semua kemungkinan media apapun, baik dari nomor ponsel atau mungkin hubungan melalui media sosial. Biasanya ketika kita merindukan seseorang kemungkinan besar kita akan stalking melalui media sosial. Untuk itu akan sangat bijak jika Anda bisa menghapus semua media yang bisa menghubungkan Anda dengan mantan selingkuhan Anda.

4. Pikirkan Perasaan dan Pengorbanan yang Telah Dilakukan Pasangan Anda

Posisikan diri Anda pada pasangan Anda. Bagaimana jika Anda menjadi pasangan Anda? Apakah Anda bisa menerima pengkhianatan yang dilakukan oleh pasangan Anda? Pastinya pengkhianatan itu akan terasa sangat menyakitkan.

Untuk itu mulailah kembali “melihat” pasangan Anda dan lupakan selingkuhan Anda. Ingat pula pengorbanan apa saja yang telah dilakukan pasangan Anda untuk Anda. Pastinya pasangan Anda pernah melakukan suatu pengorbanan untuk membahagiakan Anda bukan? Ingatlah pengorbanan itu agar Anda makin mencintai pasangan Anda.

5. Ingat Hal-hal Bahagia Bersama Pasangan

Selingkuh adalah penyebab putus cinta yang paling umum. Setiap hubungan percintaan pastilah pernah mengalami masa-masa indah. Masa-masa indah itu akan membuat hubungan percintaan Anda lebih berkesan. Ingatlah itu semua dan cobalah untuk mengulang masa-masa indah itu bersama pasangan. Tetapi harus Anda ketahui dan lakukan, jangan pernah mengingat masa-masa indah dengan selingkuhan. Hal tersebut akan membuat Anda makin sulit melupakan selingkuhan.

6. Lihatlah Kelebihan yang Dimiliki Pasangan Anda

Mungkin ada melakukan hubungan terlarang dengan selingkuhan Anda karena Anda melihat banyaknya kekurangan yang dimiliki oleh pasangan Anda. Tapi bukankah menjalin hubungan yang sehat ialah ketika kita mampu menerima kelebihan sekaligus kekurangan yang dimiliki pasangan? Lihatlah kelebihan apa saja yang dimiliki oleh pasangan, jadikan itu untuk memupuk rasa cinta Anda terhadap pasangan.

Kemudian lihatlah pada diri Anda, apakah Anda juga memiliki banyak kekurangan. Jika ya, maka jadikan itu untuk refleksi untuk diri sendiri. lihatlah bagaimana pasangan Anda bisa menerima segala apa yang ada pada diri Anda, baik itu kelebihan maupun berbagai kekurangan yang ada pada diri Anda.

7. Bicaralah pada Pasangan

Berbicara pada pasangan tidak hanya sekedar bertatap muka dengan pasangan. Bicarakan apa yang membuat Anda berpaling pada selingkuhan Anda. Mungkin Anda merasa bosan pada pasangan? Atau Anda merasa pasangan Anda selalu melakukan hal-hal yang membuat Anda merasa jengkel terhadap pasangan? Atau mungkin Anda merasa pasangan Anda tidak pernah mencoba memperbaiki segala kekurangan yang dimilikinya? Ketika kita melakukan hubungan terlarang (selingkuh) biasanya karena kita merasa pasangan kita tidak mampu memenuhi suatu hal hal kita inginkan.

Bicarakan itu semua pada pasangan Anda tanpa harus mengungkapkan perselingkuhan Anda. Saling terbuka dengan pasangan merupakan pilihan tepat agar hubungan tetap sehat dan selalu ada rasa nyaman dengan pasangan. Jika Anda ragu untuk mengungkapkan perselingkuhan Anda kepada pasangan, maka jangan ungkapkan jika menurut Anda waktunya belum tepat.

Namun suatu saat Anda tetap harus mengungkapkan perselingkuhan Anda, akui kesalahan yang Anda lakukan juga nyatakan penyebab Anda melakukan itu. Jika pasangan Anda mencintai Anda sepenuh hati maka ia akan berusaha untuk memahami dan memaklumi mengapa Anda melakukan itu. Bahkan ia akan  menginstropeksi dirinya sendiri sehingga ia akan memperbaiki dirinya.

8. Lakukan Hal-hal Menyenangkan dengan Pasangan (dan Sahabat)

Sebelum Anda selingkuh pasti Anda pernah melakukan hal-hal menyenangkan dengan pasangan Anda bukan? Lakukan itu lagi agar Anda selalu mengingat masa-masa indah dengan pasangan. Selain itu, melakukan hal-hal menyenangkan dengan pasangan akan membuat Anda makin mencintai pasangan Anda, begitu juga sebaliknya. Tidak hanya dengan pasangan, berbagai hal menyenangkan juga bisa Anda lakukan bersama sahabat-sahabat terdekat Anda.

Usahakan sahabat-sahabat yang selalu menemani Anda adalah sahabat sesama jenis. Kenapa demikian? Sahabat yang berlawanan jenis kemungkinan besar akan membuat Anda kembali memikirkan kembali kemungkinan untuk selingkuh. Untuk itu sering-seringlah berkumpul bersama sahabat yang biasanya mampu membawa keceriaan di sela-sela waktu Anda.

9. Ubah Jadwal Hidup, Sibukkan Diri

Jika setelah berpisah dengan selingkuhan yang menurut Anda sulit dilupakan maka usahakan jangan sampai ada waktu luang dalam hidup Anda, terutama waktu luang yang memungkinkan Anda untuk sendiri. Mulailah untuk mengubah jadwal hidup. Lakukan hal-hal baru sehingga Anda akan merasa sibuk dengan kegiatan-kegiatan baru tersebut.

Dengan demikian Anda akan merasa tidak ada waktu untuk memikirkan mantan selingkuhan. Menyibukkan diri dengan melakukan hal-hal baru juga akan membuat Anda berpikir bahwa masih banyak hal bermanfaat dan berkesan yang bisa Anda lakukan selain memikirkan mantan selingkuhan. Wawasan Anda juga makin terbuka lebar dengan melakukan hal-hal baru dan menyibukkan diri.

10. Dekatkan Diri pada Tuhan

Metode ini mungkin terkesan klasik, namun justru ini adalah metode paling ampuh. Mengapa? Apapun agama yang Anda peluk dapat dipastikan bahwa selingkuh merupakan suatu tindakan yang tidak dapat dibenarkan sama sekali. Dengan mendekatkan diri pada Tuhan Anda akan mengerti jalan mana yang benar dan mana yang salah, Anda akan tahu tujuan hidup serta mulai merenungkan apa yang akan lakukan ke depannya. Dengan mendekatkan diri pada Tuhan Anda juga akan belajar bagaimana mensyukuri apa yang sudah Anda miliki saat ini.

11. Bicara dengan selingkuhan agar berhenti berhubungan

Cara melupakan selingkuhan yang kita sayangi paling ampuh adalah dengan berbicara langsung dengannya. Ada kalanya ia juga tidak ingin melanjutkan hubungan terlarang ini. Jika sudah begini pasti anda juga akan plong melupakannya.

12. Gunakan hati nurani anda

Orang yang selingkuh tidak memiliki hati nurani, mengapa karena mereka telah mengorbankan pasangan dan Tuhan dan agamanya. Mereka biasanya lebih mengutamakan nafsu duniawi dibandingkan dengan hati nurani.

13. Bayangkan kehancuran hidup anda

Perselingkuhan tidak hanya membawa petaka, melainkan juga akan membawa kehancuran pada hidup anda. Kehancuran yang mengakibatkan anda jauh dari orang orang yang anda sayangi seperti teman, keluarga, istri/suami, dan orang tua.

14. Orang disekeliling anda akan menghujat

Baik orang yang mengetahui bahwa anda telah memiliki pasangan atau tidak, ketika anda menjalin hubungan terlarang, maka anda sudah pasti mendapat cibiran dari mereka. Bahkan tidak sedikit yang muak dengan kelakuan anda.

15. Stop membandingkan

Bahan pokok pertama yang memancing seseorang berselingkuh dari pasangannya adalah membanding-bandingkan dengan orang lain. Biasanya ini terjadi pada pasangan muda yang umur pernikahannya masih seumur jagung. Istilahnya rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau.

Tak heran jika akhirnya pernikahan yang manis jadi mulai diisi dengan pertengkaran-pertengkaran dan perselisihan. Padahal toh setiap orang diberi kelebihan yang berbeda-beda dalam sebuah hubungan.

16. Jangan mudah tergoda

Umumnya, orang terlibat perselingkuhan akibat 'cinta lokasi' entah itu di sebuah kegiatan, atau di lingkungan tempat kerja yang berbeda dengan pasangan. Karena intensitas bertemu lebih sering, timbul interaksi yang lebih dekat. Apabila tak bisa menahan diri, maka mudah sekali terjadi perselingkuhan.

Namanya juga ada waktu dan kesempatan, seseorang bisa dengan mudah berbuat curang pada pasangannya. Tinggal bagaimana ia menjaga hubungan cinta di belakang pasangannya. Bila jalinan hubungan itu kuat, maka tak akan ada seorangpun bisa mengalihkan perhatian dan cinta.

17. Ingat komitmen

Saat waktu dan kesempatan itu ada, ingatlah kembali pada komitmen awal Anda dan pasangan menjalin hubungan. Ingat pula masa-masa sulit yang pernah Anda lewati bersamanya. Masa iya sih Anda tega mengorbankan masa sulit tersebut hanya demi hubungan dan kesenangan sesaat saja?

18. Selalu bersyukur

Memang sih rumput tetangga terkadang kelihatan lebih hijau, tapi coba lihat rumput Anda sendiri yang tak kalah hijaunya. Yang perlu Anda lakukan adalah memelihara rumput sendiri agar tetap hijau, sehingga tak perlu lagi melirik rumput tetangga.

Selalu syukuri hubungan yang Anda miliki. Mungkin ia tak setampan pasangan orang lain, namun suami tahu benar bagaimana mengatasi Anda yang sedang marah.

Waktu dan kesempatan untuk berselingkuh itu akan selalu ada. Namun yang terpenting adalah, kemauan Anda untuk menjaga hubungan agar tetap selalu langgeng.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...