Apr 16, 2018

15 Tips Trik Sukses dan Laris Berjualan di Instagram

Instagram merupakan media sosial yang nggak kalah hebohnya dengan Facebook. Meskipun tergolong media sosial yang baru tapi Instagram sudah memiliki jutaan user yang saling berinteraksi dengan cara berbagi foto.

Bagi para pebisnis terutama online marketer, kehadiran Instagram tentu memberikan angin segar. Pasalnya media sosial yang satu ini sangat cocok untuk keperluan branding maupun jualan.

Kenapa berjualan di instagram?
Tren media sosial saat ini bukan hanya digunakan untuk menyebarkan informasi saja, tetapi bisa dijadikan juga sarana untuk mendapatkan penghasilan serta meraup masa yang banyak. Beberapa media menggunakan media sosial untuk bahan tulisan ataupun berita yang akan diliput.

Kesempatan ini juga digunakan oleh beberapa orang untuk melakukan proses promosi produk yang akan dijual, bukan hanya masyarakat biasa tetapi terkadang media ini menjadi lebih efektif untuk menjual sebuah produk, apalagi jika sudah memiliki banyak follower. Ini biasanya digunakan oleh beberapa artis untuk bisa menambah pendapatan dengan menjual beberapa produk, atau sekedar mempromosikan produk tertentu kepada para followernya. Kenapa jualan di instagram?

Bagi sebagian orang instagram bisa menjadi tempat ataupun tujuan pemasaran yang tepat, seperti misalnya ketika seorang tokoh memberikan tren atau fashion terbaru, maka otomatis followernya menginginkan barang yang dimiliki oleh sang pujaan bukan? Lalu sang pujaan men-share, tak dipungkiri lagi follower akan berjubel untuk mencari serta membeli barang tersebut.
Oleh karena itu bagi anda yang ingin berjualan di instagram ada beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk lebih membuka peluang untuk meningkatkan penjualan anda.


Inilah 15 Tips Trik Sukses dan Laris Berjualan di Instagram

1. Gunakan dan lengkapi profil bisnis yang profesional
Sebisa mungkin gunakan identitas asli anda, untuk nama instagram gunakan nama toko yang kira-kira mudah ditemui ataupun jika tidak ada toko offlinenya anda bisa mencari nama-nama yang sesuai dengan produk yang akan anda jual. Semisal, ketika anda ingin berjualan parfum, mungkin anda bisa menggunakan nama “Indah parfume”, sehingga bagi yang membacanya langsung mengetahui jika akun ini akan menjual parfume.

2. Cerdas memilih produk yang akan dijual
Jelilah dalam melihat pasar yang ada, usahakan jangan hanya sekedar ikut-ikutan, tetapi gunakan analisa anda untuk menilai apakah produk tersebut akan laku atau tidak. Anda bisa bertanya kepada orang-orang terdekat, atau mencari data di beberapa toko online yang ada, dan lihatlah di bagian hot product/pencarian terpopuler yang ada.

3. Fokus Niche
Niche atau topik merupakan bagian yang sangat penting. Jika anda ingin sukses berjualan di Instagram sangat disarankan untuk fokus di satu niche. Misalnya anda menjual produk diet. Buatlah akun Instagram yang spesifik sesuai dengan topik tersebut misalnya @produkdiet. Nah, selanjutnya promosikan dan jual hanya produk diet di akun tersebut. Semakin anda fokus semakin cepat anda sukses.

4. Kuncinya Terletak Pada Pemilihan Gambar dan Kualitasnya
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Instagram mempunyai kekuatan untuk menarik lebih banyak pengguna lainnya melalui konten visual yang Anda bagikan. Lihat saja, banyak foto menarik yang mempunyai kualitas gambar tinggi telah memperoleh interaksi yang lebih besar. Buktinya, ratusan bahkan ribuan like dan komentar telah didapatkan oleh beberapa akun yang telah menerapkan cara ini (terlepas dari siapa pemilik akun tersebut).

5. Jangan Abaikan Kepopuleran Hastag “#”
Mungkin Anda sering kali melihat tanda “#” atau hastag pada Instagram disertai dengan kalimat yang mewakilinya. Ya, hal tersebut bukanlah sebuah tren sesaat yang hanya digunakan untuk hiasan saja. Melainkan, hastag tersebut disertakan untuk membuat produk bisnis Anda semakin dikenal. Kategorikan semua posting Anda dengan tanda pagar (#) di kolom keterangan (caption). Jika Anda menggunakan tren frase hashtag, maka hal tersebut dapat meningkatkan visibilitas konten Anda. Buat hashtag unik untuk bisnis Anda dan posting secara berkala. Dengan begitu, secara otomatis kategori unik memungkinkan pengguna dengan mudah menemukan foto produk bisnis Anda melalui fitur pencarian Instagram.

6. Sesekali posting proses pembuatan atau pemaketan produk
Ini yang menarik, ketika anda menjual sebuah produk sesekali fotolah kegiatan anda ketika sedang memproduksi barang ataupun memaketkan barang, secara tidak langsung ini memberikan kesan bahwa anda memang benar-benar menjual barang tersebut dengan serius.

7. Usahakan Rutin untuk Melakukan Posting Gambar Setiap Harinya
Terdapat cara yang paling tepat untuk mempromosikan produk Anda melalui Instagram. Caranya, yakni dengan memelihara follower Anda dengan tetap terlibat dan mengambil perhatian follower baru Anda dengan membagikan foto produk bisnis Anda ke Instagram setiap hari. Setiap hari? Ya, usahakan agar Instagram Anda tetap mempunyai aktivitas yang konsisten setiap harinya. Pertanyaannya, bagaimana jika seandainya Anda tidak mempunyai foto yang menarik untuk dibagikan?

Tenang saja, Anda masih dapat bertukar foto menarik lainnya secara online. Memang, Anda membuat akun tersebut khusus hanya untuk berjualan produk Anda. Meskipun begitu, tidak selalu gambar yang Anda bagikan hanya foto produk Anda. Untuk itu, Anda juga dapat membagikan foto yang menarik lainnya. Bahkan, Anda dapat bertindak kreatif dengan menyertakan quote populer, hal tersebut akan jauh meningkatkan visibilitas profil Instagram bisnis Anda.

8. Carilah follower sebanyak mungkin
Semakin banyak follower maka akan semakin mudah juga dalam menjual sebuah produk, maka usahakan follower akun instagram anda semakin banyak. Untuk caranya silahkan lihat tulisan Cara menambah followers di instagram.

9. Berikan Promosi Khusus untuk Menarik Minat
Tidak ada cara terbaik untuk promosi selain dengan memberikan penawaran yang menarik untuk follower Instagram Anda. Ingatlah, follower Anda merupakan calon customer. Untuk itu, Anda sepatutnya untuk memberikan penawaran-penawaran yang membuat follower Instagram Anda merasa tertarik. Misalnya, dengan memberikan promosi khusus berupa potongan harga atau bahkan gratis untuk produk tertentu setelah memilih produk utama. Jangan lupa untuk meminta customer Anda berbagi foto produk bisnis Anda menggunakan hastag untuk memenuhi persyaratan setiap promosi itu. Mudah bukan? Hal ini bergantung pada promosi yang Anda berikan sesuai dengan keadaan bisnis Anda. Pada dasarnya, strategi ini akan menghasilkan pemasaran gratis untuk bisnis Anda.

10. Sertakan Profil Instagram Anda di Jejaring Sosial Lain
Berbeda dengan Facebook, pencarian profil dalam Instagram tidak begitu baik. Oleh sebab itulah, jika akun Anda kurang dikenal dan populer, maka tidak akan mudah untuk mendapatkan follower baru, terkecuali jika Anda tahu nama profilnya. Hal itulah yang menyebabkan akun Instagram Anda sangat sedikit proses interaksi dengan pengguna lainnya. Untuk kelemahan ini, hubungkan profil Anda secara otomatis ke Facebook, Twitter, dan Google Plus. Dengan begitu, pengikut Anda di situs tersebut dapat dengan mudah menemukan profil Instagram Anda.

11. Sesekali mention akun yang memiliki follower yang banyak
Sesekali carilah akun-akun yang memiliki pengaruh banyak ataupun follower yang banyak, tetapi usahakan jangan terlalu sering memention mereka, karena takutnya kamu bukannya malah dishare ataupun di like, di blokir malahan. Jadi bijaklah dalam memention orang lain.

12. Berikan testimonial terpercaya
Bagian yang lumayan penting adalah testimonial, ini seperti kesan dan pesan dari para pembeli sebelumnya terhadap pelayanan yang anda lakukan. Usahakan melakukan pelayanan dengan sebaik mungkin, agar mereka memberikan testimonial yang baik juga.
Itulah beberapa cara jualan di instagram yang berhasil penulis rangkum dalam sebuah tulisan ini, cara-cara diatas bukanlah sebuah panduan mutlak, tetapi itu merupakan sedikit analisa dari penulis yang mungkin bisa membantu anda untuk lebih memasarkan produk yang anda miliki. Semoga bermanfaat.

13. Pakai Teknik SFS
SFS adalah singkatan dari Shoutout For Shoutout yang artinya saling mempromosikan sesama online shop di Instagram dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati.

SFS hanya bisa dilakukan oleh sesama online shop yang memiliki produk berbeda, misalnya online shop A menjual produk fashion dan online shop B menjual produk kesehatan, maka kedua online shop ini bisa saling mempromosikan.

Teknik SFS Instagram marketing memiliki banyak keuntungan, selain bisa menambah folowers secara gratis, kita juga bisa saling mengenal antara satu online shop dengan online shop lainnya.

14. Endorse Produk
Kegiatan endorse memang tidak asing lagi di Instagram. Banyak para pemilik online shop yang melakukan endorse ke selebgram dengan tujuan mempromosikan produk mereka.

Apa sih endorse itu ?
Endorse adalah kegiatan berpromosi dengan cara memberikan produk secara gratis ke selebriti/pejabat/orang terkenal dengan syarat mereka harus memposting status dengan tujuan mempromosikan produk tersebut.

Postingnya bisa berupa foto, tulisan rekomendasi, video, dan lain-lain. Untuk melakukan endorse di Instagram anda hanya perlu mencari akun selebriti yang menerima endorse. Untuk mengetahuinya anda bisa menawarkan secara langsung ke para selebriti tadi.

15. Upload Bukti Transaksi
Jangan melulu upload foto produk anda secara terus menerus.

Alasannya simpel. Untuk membuat orang membeli produk dari anda salah satu kuncinya adalah kepercayaan. Jika anda terus-terusan upload foto produk, apakah orang akan percaya begitu saja.

Tentu tidak. Anda butuh sesuatu yang akan membuat mereka percaya dan yakin untuk membeli produk dari anda. Caranya adalah upload bukti transaksi seperti foto saat barang dikirimkan, testimoni pelanggan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya bukti transaksi bisnis maka orang akan lebih mudah untuk percaya, ini trik Instagram marketing tentang kredibilitas.

Silahkan coba kalau tidak percaya.

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...