Mar 31, 2018

Pilih Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza?

Apakah anda sedang bingung memilih antara Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza?
Simak selengkapnya Perbandingan Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza, Komparasi Spesifikasi dan Fitur berikut ini:

Mitsubishi menggebrak pasar otomotif tanah air dengan menghadirkan low MPV baru bernama Xpander. Tak pelak, mobil ini disebut-sebut akan membunuh Toyota Avanza yang merupakan raja di segmen Low MPV. Apakah Xpander bisa merebut gelar MPV terlaris dari Avanza? Jawabannya tentu waktu yang bisa menjawabnya.

Kita mulai mengulas spesifikasi diantara keduanya dari sisi dimensi dimana Mitsubishi Xpander unggul atas Toyota Avanza. Xpander memiliki dimensi panjang 4475mm, lebar 1750mm dan tinggi 1700, dengan ground clearance mencapai 205mm.

Sementara itu Toyota Avanza memiliki dimensi panjang 4190mm, lebar 1660mm dan tinggi 1695mm serta ground clearance 200mm.

Urusan Dapur Pacu atau Mesin, Mitsubishi Xpander dibekali mesin berkapasitas 1.5L, dengan kubikasi 1.499 cc, 16 katup yang dilengkapi dengan teknologi Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVE). Teknologi tersebut mampu menghasilkan output berdaya lebih tinggi, tetapi rendah akan konsumsi bahan bakar dan gas buangnya.

Tenaga maksimal yang dihasilkan dari mesin Xpander mencapai 120 HP dan torsi maksimal sebesar 145 Nm. Transmisi MPV ini tersedia dalam dua pilihan, yakni transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan. Kedua powertrains memberikan dorongan dan kinerja yang handal, bahkan saat mendaki bukit yang curam dengan muatan penuh.

Sementara itu, Toyota Avanza hadir dengan dua pilihan mesin, yakni 1.3L dengan mesin 1.500 cc dan juga Grand New Avanza 1.5L dengan mesin 1.500 cc. Mesin baru yang disematkan Toyota pada Avanza dapat menghadirkan pengalaman berkendara baru dengan performa mesin Dual VVT-i.

Mesin tersebut tergolong irit bahan bakar berkat pembarakan yang sempurna. Mesin tersebut memiliki tipe mesin DOHC empat silinder 16 katup dengan teknologi Dual VVT-i. Teknologi ini isokong dengan sistem pasokan bahan bakar EFI.


Perbandingan Spesifikasi

Spesifikasi yang kami maksud disini adalah terkait dimensi yang berpengaruh pada kelegaan kabin, dan daya jelajah mobil. Berikut perbandingan dimensi Xpander vs Avanza:

Hasilnya, Grand New Avanza mampu menghasilkan tenaga hingga 95 PS dengan putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 12,3 Nm pada 4.200 rpm.

Dimensi Xpander lebih panjang 28,5 cm, lebih lebar 9 cm dan lebih tinggi 0,5 cm dibanding Avanza. Dimensi ini akan berpengaruh pada ukuran ruang kabin.

Kelegaan Kabin Xpander lebih lapang dari Avanza, berkat ruang kabin yang lebih luas dan wheelbase yang lebih panjang, khususnya pada ruang kaki dan ruang bahu.

Radius Putar Avanza yang 4,7 meter, lebih kecil dari Xpander yang 5,2 meter, karena wheelbase yang juga lebih pendek. Artinya Avanza lebih mudah bermanuver saat harus berbalik arah misalnya di U-turn.

Ground clearance Xpander yang lebih tinggi pada tipe tertinggi memberi daya jelajah lebih baik dari Avanza, apalagi Xpander tidak mempunyai benjolan gardan di antara roda belakang, sehingga tidak perlu khawtir saat melalui jalan bergelombang.

Ukuran ban Xpander tipe Ultimate dan Sport lebih lebar dengan ukuran velg yang lebih besar dari Avanza. Ban yang lebih lebar memberi grip yang lebih baik ke jalan, sehingga lebih baik dalam pengendalian. Sedangkan ukuran velg yang lebih besar memberi tampilan eksterior yang terlihat lebih bagus.

Memasuki bagian interior, Xpander yang berkapasitas 7-penumpang ini memiliki ukuran ruang kabin lebih luas dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya yang menjadikannya berbeda dengan MPV lainnya. Selain itu, terdapat tata letak yang cerdas dilengkapi oleh ruang bagasi yang lapang.

Kabin baris pertama tersaji instrumen panel yang rapih, serta memiliki segala yang dibutuhkan oleh pengemudi. Desain melengkung pada bagian dashboard depan memancarkan kemewahan dan kelapangan yang memberikan tanda visual ketika berkendara pada jalan yang rusak dan bergelombang.

Pada baris ini juga terdapat banyak ruang penyimpanan besar dan kecil yang dapat menampung segala sesuatu mulai dari barang bawaan yang sangat besar, hingga smartphone dan koin. Bahkan terdapat “kotak rahasia” tersembunyi yang terletak di dalam dashboard depan.

Multi-Information Color LED display yang terdapat pada bagian tengah instrument cluster memberikan informasi kondisi kendaraan kepada pengemudi. Ketika mesin mobil dinyalakan terdapat tampilan yang menyambut pengemudi. Fitur eco-driver membantu memberikan informasi untuk menjaga bahan bakar tetap efisien pada saat berkendara.

Sementara itu, pada bagian Interior, Toyota hadirkan konsep yang berbeda dengan Avanza generasi sebelumnya. Sentuhan baru pada kabin Grand New Avanza ialah desain dashboard yang kini terlihat lebih elegan.

Dua aksen warna yang berbeda di bagian dashboard memberikan kesan tersendiri saat berada dibagian dalam Grand New Avanza. Hadir dengan layar sentuh berukuran 6,1 inci, sistem hiburan pada Avanza ini dapat terkoneksi dengan DVD, CD, AM/FM, USB, AUX, Bluetood & Ipod ready (untuk tipe 1.5G).

Untuk cluster maternya, Toyota hadirkan desain baru, New Amber Color Combimeter Design. Segala informasi serta instrumen pada mobil dapat terlihat jelas pada cluster mater mobil ini yang didesain tiga bagian serta model baru steering wheel.

Fitur Keamanan Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza

Mitsubishi Xpander dilengkapi fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut :
  • Seatbelt
  • SRS Airbag
  • Rem ABS
  • Pedestrian Protection
  • Emergency Stop Signal
  • Hill Start Assist
  • Active Stability Control

Toyota Avanza dilengkapi fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut :
  • Dual SRS Airbag
  • 3 Point Sealtbelt
  • ISOFIX
  • ABS
  • Rear Parking Sensor

Harga Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza

Daftar Harga Mitsubishi Xpander
Harga Xpander GLX M/T Rp 189.000.000,-
Harga Xpander GLS M/T Rp 208.550.000,-
Harga Xpander Exceed M/T Rp 214.550.000,-
Harga Xpander Exceed A/T Rp 224.950.000,-
Harga Xpander Sport A/T Rp 237.150.000,-
Harga Xpander Ultimate A/T Rp 245.350.000,-

Dan perbandingan terakhir antara Mitsubishi Xpander Dengan Toyota Avanza yaitu pada bagian harganya. Untuk Harga Mitsubishi Xpander, kami rasa mobil mpv mitsubishi ini lebih mahal jika dibandingkan pesaingnya. Harga Mitsubishi Xpander GLX yang merupakan type bawah saja dibandrol 189 juta sedangkan untuk Harga Xpander Ultimate  yang merupakan versi atas dibandrol 245 juta.

Daftar Harga Toyota Avanza
Harga Avanza Type E 1.3 M/T Rp 184.200.000,-
Harga Avanza Type E 1.3 A/T Rp 195.400.000,-
Harga Avanza Type G 1.3 A/T Rp 213.000.000,-
Harga Avanza Type G 1.3 M/T Rp 202.300.000,-
Harga Avanza Type G 1.5 M/T Rp 214.600.000,-

Dipasaran mobil mpv, Harga Toyota Avanza terbagi menjadi 5 varian. Yang mana untuk Harga Toyota Avanza yang paling murah yaitu dibandrol 184 juta, sementara untuk Harga Toyota Avanza yang paling mahal yaitu 214 juta. Untuk lebih jelasnya, lihat pada tabel harga yang ada diatas.

Pilihan Warna

Pilihan warna Toyota Avanza lebih banyak dari Xpander. Ada 8 pilihan warna Avanza, sedangkan Xpander hanya ada 5. Berikut detailnya:

Warna Toyota Avanza:
Beige Metallic – kuning muda
Dark Brown Mica Metallic – coklat tua
Dark Red Mica Metallic – merah gelap
Grey Metallic – Abu-abu metalik
Silver Metallic – perak
Nebula Blue – biru
Black Metallic – hitam
White – putih.

Warna Mitsubishi Xpander:
Red Metallic – Merah
Diamond Black Mica – Hitam
Titanium Grey Metallic – Abu-abu Silver
Sterling Silver Metallic – Perak
Quartz White Pearl

Perbedaannya adalah warna Xpander dibedakan berdasarkan varian, dimana warna merah dan titanium hanya ada pada tipe tertinggi, yaitu Sport dan Ultimate. Selain itu, untuk warna putih, pembeli harus membayar lebih sebesar 1,5 juta.

 Jaringan Service dan Purna Jual

Keunggulan Avanza ada pada luasnya jaringan dealer dan service Toyota yang tersebar hingga ke pelosok kota kabupaten, sehingga membuat konsumen merasa terjamin akan ketersediaan spare part atau suku cadang yang mudah dan murah.

Sedangkan Mitsubishi masih harus banyak berinvestasi untuk memperluas jaringan purna jualnya. Tentu hal itu sudah ada dalam peta bisnis PT MMKSI, hal itu sempat terungkap dalam pengenalan Xpander, misalnya Mitsubishi telah merencanakan menambah 9 dealer dan bengkel resmi di Surabaya.

 Pelayanan Purna Jual

Dalam hal pelayanan purna jual, Mitsubishi menjanjikan bahwa pemilik Xpander hanya butuh membeli bensin saja untuk operasional Xpander selama 3 tahun. Semua biaya service, spare part rutin dan cairan chemical rutin disediakan gratis oleh Mitsubishi. Program ini diklaim akan menghemat budget pemilik Xpander hingga 25%. Hal ini sudah terbukti dengan apa yang dilakukan Mitsubishi pada pemilik Pajero Sport, jadi tidak perlu diragukan lagi.

Sedangkan Toyota Avanza, hanya dibebaskan dari biasa jasa service selama 3 tahun, sedangkan spare part maupun kebutuhan rutin lainnya seperti oli mesin, tetap harus dibayar oleh pemilik Avanza. Jadi untuk pelayanan purna jual, Mitsubishi tetap unggul.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...