Mar 30, 2018

Obat dan P3K yang Wajib Dibawa Saat Liburan / Piknik / Travelling

Apakah anda sedang mempersiapkan liburan?
Bila anda sedang merencanakan liburan / piknik / travelling, anda wajib membawa obat dan P3K untuk keamanan anda selama dalam perjalanan. Obat dan P3K yang dibawa saat travelling akan menjadi penolong seorang traveller yang tidak sengaja mengalami kecelakaan atau tiba-tiba jatuh sakit. Tidak selamanya traveller akan menemukan hal-hal yang menyenangkan saat menikmati liburan. Tidak jarang ketika sedang semangatnya berlibur atau bepergian tiba-tiba traveller dilanda sakit atau mengalami kecelakaan yang menyebabkan terluka. Oleh sebab itu mempersiapkan obat-obatan atau alat kesehatan juga sangat penting untuk kelancaran perjalanan liburan Anda. Nah, jenis obat apa saja yang perlu dibawa saat travelling?

Berikut ini kami sajikan artikel tentang Obat dan P3K yang Wajib Dibawa Saat Liburan / Piknik / Travelling

1. Obat Demam

Perubahan kondisi cuaca di tempat tujuan tidak dapat diprediksi yang dapat mengakibatkan Anda tiba-tiba merasa meriang dan demam. Saat suhu badan meningkat drastis maka Anda perlu obat demam penurun panas untuk mengatasinya.

2. Obat Sakit Kepala

Sakit kepala bisa menyerang Anda kapan saja termasuk saat travelling. Hal ini bisa diakibatkan oleh kelelahan atau mabuk perjalanan yang memicu kepala menjadi pusing. Jika pusing sudah tidak tertahankan lagi maka Anda bisa mengkonsumsi obat sakit kepala dengan mengikuti petunjuk penggunaan.

3. Jamu masuk angin

Masuk angin adalah penyakit klasik yang semua orang pernah alami. Rasanya tidak enak, mual dan pusing. Anda pun tidak bisa melakukan apa-apa saat sedang terkena masuk angin. Penyakit ini biasanya disebabkan karena terkena angin terlalu lama, perut yang kosong dan kondisi badan yang sedang menurun.

Beberapa merk jamu sudah membuat jamu masuk angin yang mudah untuk dibawa. Ada yang cair, bubuk, bahkan permen. Jamu masuk angin pun sudah mudah ditemui di toko obat atau supermarket.

4. Obat Maag

Maag atau radang lambung merupakan penyakit umum yang bisa dialami semua orang bahkan sewaktu travelling. Karena sakitnya tidak tertahankan maka Anda perlu mengkonsumsi obat maag jika mengalami gejala maag untuk meredakan nyeri yang melanda. Namun jika tidak tertahankan segera mengunjungi dokter terdekat di tempat tujuan untuk mendapat penanganan terbaik.

5. Plester dan alkohol

Bermain di pantai atau mendaki gunung sama-sama memiliki risiko terluka. Terkena karang atau tergores dahan bisa jadi salah satu kemungkinan Anda mendapat luka. Meski kecil, luka terbuka cukup berbahaya jika tidak segera diobati. Untuk pertolongan pertama, Anda bisa membasuh luka dengan alkohol 70 persen dan kemudian menutupnya dengan plester. Pastikan Anda tidak lupa membawa dua barang penting ini saat liburan.

6. Obat-obatan Resep Dokter
Obat-obatan yang sudah diresepkan dokter untuk kondisi kesehatan tertentu. Misalnya Anda punya penyakit asma dan harus selalu bawa inhaler. Atau Anda punya diabetes, jadi harus bawa insulin. Obat darah tinggi juga harus dibawa kalau Anda punya hipertensi

7. Kayu putih

Barang terakhir yang tidak kalah penting adalah kayu putih. Kegunaannya yang banyak membuat obat ini menjadi barang wajib bawa saat liburan. Kayu putih bisa menjadi penolong saat sedang kembung, udara dingin, terkena gigitan serangga dan obat saat mabuk perjalanan. Dengan khasiatnya tersebut, sudah pasti kayu putih harus masuk dalam tas liburan Anda.

8. Obat Alergi

Umumnya alergi disebabkan oleh makanan, debu dan serangga. Ketika terserang alergi akan mengakibatkan gatal yang cukup mengganggu di bagian tubuh tertentu. Untuk persiapan kemungkinan terserang alergi apalagi di tempat yang pertama kali Anda kunjungi, obat alergi wajib dibawa.

9. Obat Diare

Saat berkuliner di tempat tujuan biasanya traveler akan mencoba beberapa makanan atau minuman yang bisa saja memiliki cita rasa yang sedikit berbeda dengan menu makanan sehari-hari sehingga jika perut tidak dalam kondisi fit bisa menyebabkan diare yang tentunya merepotkan karena harus BAB terus. Untuk itu persiapkan juga obat diare atau jika lupa air hangat dicampur garam dan gula juga bisa diminum sementara.

10. Obat Anti Mabuk

Tidak ada sarana transportasi yang benar-benar nyaman ketika harus travelling. Jika Anda adalah salah satu orang yang sulit beradaptasi dengan kendaraan atau tidak tahan berlama-lama dalam kendaraan umum yang menyebabkan mual serta muntah maka ada baiknya membawa obat anti mabuk kemana-mana.

11. Tabir Surya

Tabir surya ini penting kalau Anda traveling ke daerah yang panas, bermain air di pantai atau menyelam dan snorkeling di lautan. Kulit tanpa perlindungan tabir surya akan mudah terbakar dan mengelupas. Untuk itu bila membawa tabir surya, pastikan ukuran SPF-nya lebih dari 15 supaya kulit mendapat perlindungan maksimal.

12. Krim Gatal

Bila Anda travelling ke kawasan tropis terutama daerah pegunungan dan hutan kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan beragam serangga, mulai dari nyamuk, laba-laba, tawon, hingga lalat pembawa larva. Jika ada serangga yang menggigit segeralah oleskan krim anti gatal. Krim ini berfungsi untuk mengobati iritasi yang terjadi pada kulit.

13. Cairan Antiseptik

Cairan ini penting dipakai sebelum Anda menyantap makanan atau setelah buang air besar. Sebab belum tentu Anda bisa dengan mudah menemukan air untuk membersihkan kuku serta sela-sela jari dari kotoran. Dan sebelum travelling, cek dulu jika pembersih tangan itu sudah mengandung alkohol 60 persen untuk membunuh kuman dan bakteri pada tangan.

14. Vitamin & Madu

Agar tetap sehat Anda memang perlu multi vitamin terutama vitamin C, apalagi jika perjalanan wisata Anda dirasa cukup melelahkan. Saat ini, vitamin bisa dibeli dalam berbagai bentuk dan jenis seperti vitamin hisap, cair dan tablet. Silakan disiapkan sesuai dengan selera Anda. Selain vitamin, salah satu pendukung kesehatan lainnya adalah madu. Madu bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, juga bisa sebagai penahan lapar. Rasanya yang manis juga membuatnya bisa dicampur dengan susu atau teh.

Secara ringkas, inilah Obat dan P3K yang Wajib Dibawa Saat Liburan / Piknik / Travelling

Daftar obat yang harus dibawa ketika liburan
  1. Obat pereda nyeri dan penurun demam, misalnya paracetamol atau ibuprofen
  2. Obat diare
  3. Obat mabuk perjalanan  
  4. Obat maag dan asam lambung, terutama kalau Anda mengidap penyakit asam lambung
  5. Obat alergi, misalnya antihistamin. Kalau Anda pernah mengalami reaksi anafilaktik dan dokter sudah meresepkan epinefrin, bawa juga bersama Anda
  6. Obat masuk angin, pilek, dan flu
  7. Obat tetes mata
  8. Obat-obatan yang sudah diresepkan dokter untuk kondisi kesehatan tertentu. Misalnya Anda punya penyakit asma dan harus selalu bawa inhaler. Atau Anda punya diabetes, jadi harus bawa insulin. Obat darah tinggi juga harus dibawa kalau Anda punya hipertensi
  9. Suplemen yang sudah dianjurkan oleh dokter Anda

Daftar P3K yang harus dibawa ketika liburan

  1. Obat merah, misalnya Betadine
  2. Pembersih luka antiseptik
  3. Plester luka
  4. Kapas atau kasa steril secukupnya
  5. Minyak kayu putih
  6. Losion antinyamuk
  7. Hand sanitizer atau tisu basah
  8. Salep pereda nyeri
  9. Salep antijamur
  10. Tabir surya atau gel lidah buaya untuk mengobati kulit yang terbakar matahari
Tips mengemas obat-obatan untuk berlibur
Supaya tidak perlu repot bawa banyak obat, pindahkan saja obat-obatan yang dijual bebas ke kotak obat kecil yang bisa ditutup rapat. Namun, jangan lupa beri label supaya Anda tidak lupa mana yang obat pereda nyeri dan mana yang obat maag misalnya.

Untuk obat resep dokter, sebaiknya bawa beserta kemasan aslinya yang diberikan dari apoteker. Kalau bisa, bawa serta salinan resep dari dokter. Anda bisa minta salinan ini sebelum berangkat liburan.

Obat-obatan, terutama yang resep dokter, sebaiknya disimpan di tas yang Anda bawa sehari-hari. Sedangkan kotak P3K boleh Anda masukkan ke tas baju atau koper.

Bila Anda mau bepergian ke luar negeri, cek dulu ke kedutaan besar apakah Anda boleh membawa obat-obatan yang Anda pakai. Pasalnya, beberapa negara melarang Anda untuk membawa obat-obatan tertentu.

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...