Mar 30, 2018

20 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Alami dan Sehat

Apakah anda merasa kelebihan berat badan dan ingin segera diet menurunkan berat badan?

Tidak sedikit orang yang cenderung merasa rendah diri ketika kekurangan berat badan, begitu pula yang kelebihan atau obesitas. Adapun dari sekian banyak tips hanya menjurus kepada bagaimana menurunkan badan secara parsial saja.

Jarang kita lihat ada yang memberi tips untuk menguruskan secara spesifik ke pipi, paha, lengan, atau lengan. Nah, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan semacam ini adalah dengan merealisasikan program diet.

Ada sebagian merasakan bahwa menurunkan berat badan itu hal yang mudah, namun tentu saja ada yang merasakan bahwa menurunkan berat badan itu hal yang sangat susah. Bagi mereka yang susah untuk menurunkan badan kadang merasa percuma saja melakukan hal tersebut. Namun tentu saja menyerah bukanlah jalan keluarnya. Banyak cara menurunkan berat badan secara alami yang mudah, sederhana, tanpa harus merasa stres dan menguras kantong. Kuncinya adalah menerapkannya dengan konsisten dan penuh komitmen.

Menurunkan berat badan diperlukan agar kita memiliki berat badan yang ideal tentu saja. Perlu diingat bahwa bentuk tubuh ideal tidak selalu sama dengan berat badan ideal. Jika bentuk tubuh adalah pandangan yang subjektif, makan berat badan adalah hal yang objektif. Apakah Anda menganggap kalau bentuk tubuh Anda tidak ideal? Tunggu dulu, mungkin bagi Anda tubuh bentuk tubuh Anda tidak ideal, tapi bagi ukuran berat badan bisa saja Anda ideal.

Nah, agar dapat memiliki berat badan ideal tanpa harus melalui jalan medis seperti pergi ke dokter, sedot lemak, mengkonsumsi pil pelangsing, Anda bisa mencoba cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat sebagai berikut:

1. Menentukan Target
Tetapkan target yang realistis sebelum diet dan selama diet berlangsung. Jangan terlalu berobsesi menurunkan berat badan secara cepat. 1 kilogram seminggu sudah cukup. Tetapkan pula target-target kecil seperti, tidak makan gorengan, tidak makan makanan cepat saji, dan lainnya.

2. Berpikiran optimis
Selain menentukan target, tentu Anda harus mengontrol pikiran Anda untuk menguruskan badan. Tetapkan pikiran yang positif dan optimis bahwa Anda akan kurus. Jangan membayangkan makanan-makanan penggagal diet selama diet berlangsung.

3. Aktif bergerak
Anda termasuk orang yang malas gerak atau mager. Sebaiknya jangan deh. Dengan Anda malas gerak, tentu saja tidak ada energi yang dikeluarkan dari tubuh. Untuk aktif bergerak caranya mudah sekali lho.

Contohnya dengan berjalan kaki. Daripada kemana-mana menggunakan kendaraan bermotor, mulailah berjalan kaki kemanapun. Jangan cuma duduk diam di depan komputer. Mulailah lakukan hal-hal yang kelihatannya remeh seperti memarkir mobil jauh dari tempat yang dituju sehingga harus berjalan kaki terlebih dahulu, tidak menggunakan lift atau eskalator.

4. Mengubah Waktu Makan
Mungkin banyak dari kamu yang belum tahu kalau hanya dengan mengubah jam makan kamu bisa berpengaruh besar dengan perubahan berat badanmu. Faktanya, penyebab utama lemak yang berlebihan, salah satunya dikarenakan kamu makan dengan porsi banyak pada waktu tertentu.

Untuk mempercepat metabolisme dalam tubuh, kamu bisa makan 3-4 kali sehari tapi dengan porsi kecil. Selain bermanfaat untuk membakar kalori, lemak yang tersimpan dalam tubuh juga tidak terlalu banyak.

5. Tidur Cukup dan Teratur
Ah, siapa yang tidak greget dengan penggalan episode drakor yang bikin penasaran? Yakin deh, pasti ada di antara kamu pakai acara begadang cuma buat ngabisin itu drakor! Sayangnya, begadang tidak disarankan untuk kamu yang menginginkan tubuh ideal atau turun berat badan.

Dengan tidak cukup tidur, kamu akan membiarkan hormon ghrelin dalam tubuh akan meningkat yang menyebabkan meningkatnya nafsu makan. Parahnya, kurang tidur menurunkan hormon leptin yang menyebabkan sulit kenyang.


6. Makan dalam Porsi Kecil
Makan dalam porsi yang kecil ternyata mampu untuk menurunkan berat badan secara alami loh. Cara ini cukup efektif, kamu dapat menggunakan piring kecil atau mangkuk yang lebih kecil dari tempat yang biasa kamu gunakan. Hal ini, akan membuat asupan kalora yang masuk ke dalam tubuh kamu jadi berkurang.

Makan dalam porsi yang sedikit, dapat memberikan reaksi kenyang asalkan makannya diperlambat. Makan dengan cara perlahan-lahan dapat merangsang otak bahwa kamu sudah kenyang.

Makan dengan cara ini lebih efektif untuk menurunkan berat badan kamu daripada makan dalam jumlah yang besar walaupun hanya 2 kali sehari.

7. Konsumsi Makanan yang Tepat
Makanan yang tepat dapat membantu dalam penurunan berat badan kamu. Makanan penurun berat badan yang baik adalah makanan yang memiliki kandunga protein dan berserat tinggi.

Makanan yang memiliki protein yang tingga dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, makanan yang memiliki protein juga dapat membakar lemak dan tubuh. Contoh dari makanan yang memiliki protein tinggi adalah putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, keju, kedelai, dan kacang-kacangan.

8. Perbanyak minum air mineral
Air mineral penting bagi tubuh. Air mineral membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk dalam tubuh, membuat kulit tampak lembut dan cerah, dan membantu meningkatkan kinerja otak.

Selain manfaat-manfaat tersebut, air mineral dapat menurunkan berat badan. Sebelum makan minumlah satu gelas air mineral, sehingga porsi makan akan berkurang.

9. Minum Air Sebelum Makan
Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa, minum air sebelum makan sangat ampuh dalam menurunkan berat badan seseoarang. Hal ini, didasarkan jika seorang minum air sebelum makan akan memberikan efek kenyang, dan pada akhirnya membuat kamu tidak mau makan dalam jumlah yang banyak.

Ada lagi fakta bahwa, saat seseorang itu lapar pasti langsung mengambil sendok makan dan makan nasi berserta lauknya. Padahal, bisa saja yang dirasakan saat itu bukan lapar, tetapi haus saja.

10. Konsumsi makanan kaya serat
Makanan yang mengandung banyak serat adalah kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah.

Manfaat makanan kaya serat antara lain :
  • Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menurunkan kolesterol tinggi
  • Membersihkan saluran pencernaan
  • Melindungi tubuh dari penyakit usus besar
  • Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah
  • Mengendalikan gula darah
  • Memperlambat penyerapan glukosa
11. Perbanyak frekuensi makan, kurangi porsi makan

Banyak orang berpikir bahwa mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari akan membantu mengurangi berat badan. Nyatanya, anggapan ini salah. Orang dengan porsi makan besar meski hanya sekali malah menambah masalah baru. Cukup dengan mengurangi porsi Anda, seperti makan 3 sendok makan nasi dan lauknya namun tetap pada frekuensi yang sama atau lebih sering. Jadi tetap dengan makan 3 kali sehari namun dengan porsi kecil.

12. Hindari makan lebih dari jam 6 sore
Sarapan tentu membutuhkan porsi yang lebih banyak sebagai asupan energi kita selama seharian penuh, begitu juga dengan makan siang. Porsi makan siang harus lebih sedikit daripada sarapan. Begitu pula makan malam. Karena aktivitas sudah selesai, Anda tidak perlu mengonsumsi makanan berat lagi. Nasi bisa diganti dengan sebuah apel. Atau jika memang hendak makan malam, jangan langsung tertidur setelah makan.

13. Hindari snack dengan kandungan gula tinggi
Hindarilah mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Bacalah tabel gizi yang ada pada setiap kemasan snack yang akan Anda makan atau minum.

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebih memiliki banyak risiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin makan manis, obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya. Hindari pula minuman bersoda karena dalam minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi.

14. Minum air jeruk nipis di pagi hari
Jeruk nipis memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Dengan meminum air jeruk nipis dengan segelas air hangat selama masa diet Anda, dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C ini akan bekerja menyerap kalsium dalam sel-sel lemak, sehingga berat badan turun.

Diet alami dan sehat memang tidak terlalu ketat dan menyiksa, Tapi tetap saja dibutuhkan komitmen tinggi agar berat badan dapat turun secara berkala dan memiliki efek jangka lama.

Cara menurunkan berat badan secara alami dengan berolahraga
Bagi Anda yang anti dengan kata olahraga, jangan terburu menyerah dulu. Tidak harus melulu melakukan olahraga yang berat. Untuk menurunkan berat badan banyak kok latihan-latihan yang tidak terlalu menguras tenaga.

Baik laki-laki maupun perempuan melakukan olahraga merupakan salah satu cara yang terbukti ampuh sebagai cara menurunkan berat badan secara alami dengan cepat dan praktis.

15. Cardio
Cardio merupakan salah satu jenis latihan yang melibatkan hampir semua anggota tubuh seperti berlari, bersepeda, berenang, dan lainnya. Dengan melakukan cardio, otot-otot di tubuh kita bekerja mulai dari otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan dan pundak.

16. Yoga
Yoga merupakan olahraga yang memusatkan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India membuktikan yoga sangat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lemak di perut.

Melatih serta menyelaraskan tubuh dan pikiran supaya lebih rileks akan memacu tubuh mengeluarkan hormon yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif. Mulailah berlatih yoga selama 10-20 menit setiap hari agar tubuh dapat melakukan sistem metabolisme dengan maksimal.

17. Sit-up dan push-up
Hal mudah lainnya yang bisa dilakukan adalah sit-up dan push-up. Namun tentu saja Anda harus melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up. Naikkan intensitas latihan setiap harinya. Hal ini akan membantu Anda menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Melakukan sit-up dan push-up di pagi hari, dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan karena dapat menyebabkan efek mudah kenyang.

Cara menurunkan berat badan secara alami dengan cara tradisional
Jika Anda tidak mempunyai cukup waktu untuk berolahraga atau terlalu lelah usai ngantor, Anda dapat mencoba cara menurunkan berat badan secara alami menggunakan ramuan tradisional yang sudah terbukti ampuh khasiatnya.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan bermacam tanaman herbal yang sudah dimanfaatkan secara turun temurun oleh masyarakat. Tanaman herbal kini pun telah banyak hadir dalam kemasan siap saji dan juga digunakan pada industri obat.

Tidak ada salahnya mencoba cara menurunkan berat badan secara alami dan tradisional. Selain lebih aman dan tanpa efek samping, tentunya ramah di kantong.

18. Teh Hijau
Cara menurunkan berat badan secara alami dan tradisional yang pertama adalah dengan rutin meminum teh hijau. Teh hijau terkenal akan banyak khasiatnya. Sejak dulu teh hijau dipercaya menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang efektif.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, minumlah teh hijau dengan teratur sebelum Anda makan.
Pastikan pula Anda meminumnya tanpa gula
Dengan meminumnya sebelum makan, otomatis akan membuat perut Anda terasa lebih kenyang saat makan, dan tentu saja mengurangi porsi makan Anda.
Teh Hijau dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh

19. Teh Jeruk Nipis
Tidak hanya harus menggunakan teh hijau, Anda juga bisa menggunakan teh biasa yang dicampurkan dengan perasan jeruk nipis. Caranya :
  • Siapkan sekantung teh atau 3 sendok teh
  • 1 buah jeruk nipis
  • Segelas air panas
  • Seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya.
  • Konsumsilah secara rutin.

20. Madu dan Jahe
Madu memang dikenal memiliki banyak khasiat untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Madu pun juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menurunkan berat badan yang alami. Madu mengandung zat yang akan membakar lemak tubuh secara tak langsung yaitu fruktosa. Sedangkan jahe, secara alami mampu menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa mengurangi asupan makan dengan mudah karena merasa tidak terlalu lapar.
Cara membuatnya pun cukup mudah :
  • 3 sdm madu
  • 2 sdm perasan jahe
  • Campur keduanya dalam gelas dan seduh dengan air panas.
  • Minumlah 2 kali sehari.


Ternyata Anda tidak harus keburu menyerah ketika mencoba untuk menurunkan berat badan. Memang ada yang menawarkan cara menurunkan berat badan secara instan. Namun akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu mencoba cara menurunkan berat badan secara alami agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya. Semoga bermanfaat. 
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...