Aug 8, 2017

Tips Lengkap dan Mudah Mencegah Penuaan

Kita pasti akan mengalami penuaan secara fisik, seiring dengan bertambahnya usia kita. Tetapi sebenarnya penuaan alamiah bisa kita atasi.

Nah ada hal-hal mudah yang bisa kita lakukan untuk mencegah penuaan dini, (beberapa diantaranya fokus pada kulit anda), berikut ini:

1. Peduli terhadap orang lain

Para periset di University of Michigan di Ann Arbor menemukan, orang-orang yang menunjukan kepedulian terhadap orang yang dicintai, memiliki usia lebih panjang. Pria maupun wanita yang merawat pasangannya, memotong risiko kematian hingga 36 persen dalam kurun waktu tujuh tahun.

Selain itu, mereka yang optimis atau memiliki harapan yang bagus juga berumur lebih panjang. Dari 100.000 perempuan yang diteliti dalam study Women's Health Initiative didapati mereka yang optimis, mengurangi kemungkinan kematian dini hingga 14 persen dibanding yang pesimis dalam kurun waktu delapan tahun.

2. Memiliki tujuan

Memiliki tujuan dalam hidup, baik cita-cita untuk melakukan sesuatu terhadap dunia, atau sekedar ingin liburan ke tempat indah maupun membaca buku tertentu akan membuat seseorang lebih mungkin hidup lama dibanding mereka yang tidak memiliki keinginan.

Para periset di Rush University Medical Center di Chicago yang mewawancarai lebih dari 1.200 orang dewasa mendapati, mereka yang memiliki tujuan atau cita-cita, bisa mengurangi separuh kemungkinan mati muda dalam kurun waktu lima tahun dibanding yang tidak.

3. Perbanyak Vitamin D dari Matahari

Tingkat vitamin D yang rendah bisa menyebabkan seseorang mengalami osteoporosis, diabetes, hipertensi, dan kanker. Menurut penelitian, mereka yang tidak cukup mendapatkan "vitamin matahari" ini 26 persen lebih mungkin meninggal lebih awal.

"Dampak vitamin D terhadap kesehatan sangat luas," kata Michal Melamed, MD, asisten profesor kedokteran di Albert Einstein College of Medicine di Bronx.

Oleh karenanya Melamed menyarankan agar Anda mendapatkan 10 sampai 15 menit sinar matahari, beberapa hari dalam seminggu. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D untuk manfaat anti penuaan.

4. Sayangi DNA

Gaya hidup sehat dapat memperbaiki DNA Anda, ujar periset Dean Ornish, MD dan pemenang hadiah Nobel Elizabeth Blackburn, MD. Keduanya meneliti kebiasaan sehat seperti mengkonsumsi makanan vegetarian dengan 10 persen kalori dari lemak, berjalan 30 menit sebanyak enam kali dalam seminggu, dan berusaha mengurangi stres.

Hasilnya, orang-orang yang menjalani gaya hidup sehat seperti itu mengalami penurunan kolesterol LDL dan tingkat stres-nya. Mereka juga mengalami peningkatan telomerase sebanyak 29 persen. Enzim ini memperbaiki dan memperpanjang telomere, protein kompleks di ujung kromosom yang berperan dalam kesehatan dan umur panjang.

5. Jaga jantung tetap bekerja

Menurut Dr. Oz, ada dua hal penting yang bisa Anda lakukan untuk tetap awet muda dan sehat. Yang pertama adalah aktivitas fisik seperti berjalan kaki. Bila Anda tidak bisa berjalan sejauh 400 meter dalam lima menit, kemungkinan Anda untuk meninggal dalam tiga tahun akan meningkat secara dramatis. Tapi jika Anda berjalan kaki setidaknya 15 menit setiap hari, Anda akan memperoleh manfaat kesehatan.

Yang kedua adalah bergaul, hindarilah kesepian. Memiliki teman adalah salah satu alasan Anda tetap hidup. Sedangkan rasa kesepian akan menghilangkan gairah Anda untuk berlama-lama di dunia ini.

6. Kurangi konsumsi daging merah

Studi yang dilakukan selama 10 tahun terhadap 545.000 orang Amerika menemukan bahwa orang yang makan sekitar empat ons daging setiap hari, 30 persen lebih mungkin meninggal lebih awal, dibandingkan mereka yang mengkonsumsi satu ons atau kurang.

Penelitian sebelumnya juga menghubungkan konsumsi daging merah dengan risiko penyakit jantung dan kanker usus. Nah dalam study ini, ditemukan konsumsi daging merah ternyata juga mempengaruhi harapan hidup Anda.

7. Bergerak Lebih Banyak

Apakah Anda menunjukkan tanda-tanda Anda perlu bergerak lebih banyak? Orang yang banyak beraktifitas akan mendapatkan manfaat kesehatan lebih, selain rasa bahagia. Intinya, menjadi aktif bisa berarti hidup lebih lama bagi Anda karena olahraga memiliki manfaat lebih dari sekedar penurunan berat badan.

8. Minum banyak air putih

Ketika usia Anda bertambah tua, kulit akan menjadi lebih kering. Anda akan mulai menyadari bahwa kulit Anda menghasilkan sedikit minyak atau tidak seperti sebelumnya. Maka, pastikan bahwa Anda selalu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak air. Hal ini juga membantu untuk membuang racun dari tubuh.

9. Minum susu

Jadikan kebiasaan meminum susu paling tidak satu gelas setiap hari. Manfaat susu untuk kulit bagus karena bisa menghidrasi , melembabkan dan mencegah kulit menjadi kering. Selain itu susu juga bisa mengurangi penggelapan kulit yang ditimbulkan oleh pakaian atau proses penuaan. Kandungan dalam susu yang mempunyai asam amino, protein dan vitamin A yang bisa memberikan manfaat baik bagi kulit.

10. Penuhi kebutuhan kalsium tubuh

Orang – orang yang mempunyai kandungan kalsium tinggi dalam tubuhnya akan mengalami lebih sedikit proses penuaan dan resiko kanker kulit dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kalsium. Kalsium menyediakan manfaat anti penuaan dan meningkatkan perlindungan dari kanker kulit. Kalsium juga adalah bahan yang sangat bermanfaat untuk peremajaan kulit.

11. Biasakan mengonsumsi vitamin

Meminum suplemen vitamin C dan E atau tablet anti oksidan sangat banyak membantu dalam mempertahankan penampilan yang lebih sehat dan muda.

12. Merawat mata

Kondisi mata juga dapat membuat Anda terlihat lebih tua. Rawatlah mata dengan menggunakan bahan alami. Manfaat timun untuk mata dan wajah bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata. Atau Anda juga bisa menggunakan cream untuk menghilangkan kantung mata yang banyak tersedia di pasaran.

13. Cukup tidur

Ketika kulit mulai mengalami penuaan, bahkan kurang tidur beberapa jam saja bisa menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Jadi, jangan pernah lewatkan waktu tidur Anda.

14. Gunakan krim malam

Ketika kita masih muda, kita mungkin tidak menyadari apa manfaat dari memakai krim malam. Tetapi, ketika usia Anda bertambah tua, Anda harus membiasakan diri untuk memakai krim malam setiap hari.

15. Melembapkan

Setelah mandi, Anda harus mengoleskan pelembap pada kulit untuk mencegah penuaan dini. Kekeringan dapat memunculkan lebih banyak keriput di kulit Anda.

16. Rajin membersihkan kulit

Anda dapat menggunakan make-up untuk menutupi noda-noda pada kulit. Namun ingat, Anda harus rajin membersihkan make up sebelum tidur. Kosmetik kimia dapat mempercepat munculnya keriput.

17. Membersihkan wajah dengan benar

Jika anda ingin tampak awet muda, tiga langkah berikut ini perlu dilakukan untuk mempertahankan penampilan tersebut. Langkah – langkah itu adalah mencuci muka, memberi penyegar, dan melembabkan wajah. Wajah yang terawat dan bersih tidak akan mudah terlihat tua dan keriput.

18. Natural

Semakin sering Anda menggunakan bahan-bahan alami pada kulit, semakin sehat kulit Anda. Menggunakan bahan-bahan anti-penuaan alami seperti kunyit, susu dan lidah buaya dapat membuat kulit lebih sehat dan lebih minim efek samping.

19. Makanan kaya anti-oksidan

Apa yang Anda makan juga memainkan peran besar dalam memperlambat penuaan kulit. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti berry, brokoli dan paprika. Mereka dapat membantu membangun kolagen segar di bawah kulit Anda.

20. Menarik ke atas

Sangat penting untuk menerapkan pelembap atau krim dengan gerakan menarik ke atas pada kulit. Jika Anda menarik kulit ke bawah saat mengoleskan krim, itu akan membuat kulit jadi kendur.

21. Hindari kebiasaan tidak sehat

Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum kafein dapat mempercepat penuaan. Untuk itu, jalankan gaya hidup sehat untuk tetap awet muda dan segar.

22. Mendetoksifikasi tubuh

Hindari mengonsumsi semua makanan olahan dan kafein. Lakukan detoksifikasi dengan mencampur segelas air lemon dan madu. Minuman ini dapat mengeluarkan racun dari tubuh dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

23. Makan makanan sehat

Makanan dan penuaan dini sebenarnya sangat berhubungan. Banyak diantara ahli nutrisi setuju bahwa untuk mengurangi dampak negatif dari penuaan adalah dengan perencanaan makanan dan diet yang tepat. Walaupun demikian, mengubah kebiasaan makan seseorang adalah hal yang sulit untuk dilakukan karena banyaknya godaan dari restoran cepat saji. Anda bisa mencoba merubah kebiasaan makan sedikit demi sedikit untuk mulai mengonsumsi makanan yang sehat dengan diet seimbang.

24. Biasakan mengonsumsi vitamin

Meminum suplemen vitamin C dan E atau tablet anti oksidan sangat banyak membantu dalam mempertahankan penampilan yang lebih sehat dan muda.

25. Minum teh hijau

Manfaat air teh untuk wajah dan manfaat teh basi untuk wajah sangat baik untuk perawatan wajah, termasuk teh hijau. Belakangan ini teh hijau sedang digembar gemborkan sebagai salah satu minuman yang memiliki khasiat anti penuaan. Tidak saja mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer, teh hijau juga bermanfaat dalam membangun kepadatan tulang dan menjaga serangan penyakit mata yang datang seiring dengan penuaan.

26. Jangan membiasakan diri mengerutkan wajah

Ini adalah salah satu tips kecantikan yang tidak bisa diabaikan dalam mencegah kerutan di wajah. Sering mengerutkan wajah, contohnya dahi dan mulut bahkan seluruh kerutan yang kita buat di wajah karena berbagai sebab akan menyebabkan timbulnya garis halus di kulit wajah.

27. Gunakan tabir surya

Sinar matahari adalah salah satu penyebab kulit cepat keriput dan terlihat tua. Pemakaian teratur tabir surya akan mampu mencegah beberapa efek penuaan yang diakibatkan radiasi sinar matahari seperti noda hitam, keriput dan kulit yang mengendur. Cobalah cara menghilangkan noda hitam di wajah salah satunya dengan menggunakan manfaat masker pepaya untuk kulit.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment