Aug 6, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Instagram untuk Berjualan Online

Sebelum membaca artikel Kelebihan dan Kekurangan Instagram untuk Berjualan Online ini, ada baiknya anda membaca artikel tentang instagram sebelumnya, yaitu : Fitur, Kegunaan dan Kelebihan Instagram dan Tips Pintar Menggunakan Instagram.

Jumlah pengguna Instagram semakin banyak dari waktu ke watktu. Saat ini pun toko online yang berjualan lewat Instagram semakin banyak. Mereka menggunakan fitur yang ada untuk memasarkan produknya yang kebanyakan membidik perempuan, karena sebagian besar pengguna Instagram adalah perempuan berusia kisaran 15 sampai 30 tahun.

Apakah Anda tertarik untuk berjualan melalui Instagram juga? Jika ya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan mengenai kelebihan dan kekurangan berbisnis di Instagram. Silakan simak berikut ini:

Kelebihan Instagram untuk Berjualan Online

1. Tidak berbayar
Untuk menggunakan instagram, anda tidak perlu membayar, hanya cukup mendownload atau dapat juga langsung membuka situsnya. Tidak seperti jika menggunakan website sebagai media online shop, tentu harus menyewa domain terlebih dahulu dengan biaya yang bervariasi. Oleh karena itu, untuk bisnis online shop pemula ada baiknya memilih sosial media sekelas instagram dibandingkan website.

2. Banyak digunakan
Seperti yang telah dipaparkan di atas, sejak di keluarkan pada tahun 2013, pengguna instagram di Indonesia semakin banyak hingga saat ini. Ini tentu menjadi lahan yang menguntungkan bagi para pembisnis online shop untuk memulai memasarkan produknya melalui instagram.

3. Mudah digunakan
Kemudahan yang ditawarkan instagram menjadikannya media yang cepat menarik minat masyarakat untuk menggunakannya. Memposting foto atau video, memfollow, mengomentari, memberi like, hingga searching sesuai hashtag pun dapat dilakukan dengan sangat mudah.

4. Promosi yang mudah
Dengan menggunakan instagram, anda dapat melakukan berbagai cara promosi dengan sangat mudah. Misalnya, dengan menggunakan hashtag, menggunakan jasa edrosement, atau juga metode paid promote/ shout for shout program.

5. Media utama berupa foto
Sebagai media sosial yang unggul dalam hal posting melalui foto, membuat media ini memberikan tampilan dan kualitas foto yang baik, yang tentu saja sangat cocok untuk media promosi online shop yang biasanya sangat mengandalkan foto produk.

6. Koneksi dengan sosial media lain
Kelebihan instagram yang memberikan koneksi dengan beberapa sosial media, membuat kemudahan tersendiri untuk para pembisnis online shop. Jadi anda dapat menghemat waktu karena tidak perlu melakukan posting berkali-kali di media sosial lain.

7. Pasar yang melek teknologi.
Salah satu kelebihan berjualan lewat Instagram adalah pengguna Instagram sudah ‘terjamin’ melek teknologi. Artinya, mereka yang aktif di Instagram pastilah aktif pula di Twitter dan mungkin juga Facebook. Karena itu, sangat tepat bila Anda mempromosikan produk Anda melalui Instagram dan dibantu jejaring sosial lainnya.

8. Pasar Kelas Menengah ke Atas
Pengguna Instagram pastilah memiliki gadget yang mendukung aplikasi tersebut, yaitu android phones maupun iPhone. Ini berarti Instagram memiliki pengguna yang rata-rata kelas menengah ke atas. Hal ini menguntungkan bagi Anda, karena calon konsumen Anda kemungkinan besar mempunyai ‘kantong’ yang cukup dalam.

9. Hastag Memudahkan Penjualan
Di Instagram, kebanyakan fotonya menggunakan hashtag. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan hashtag agar memudahkan calon pembeli menemukan produk Anda.

Kekurangan Instagram untuk Berjualan Online 

1. Harus update secara berkala
Hampir sama seperti twitter, instagram memiliki timeline yang juga berjalan sangat cepat. Hal ini membuat penggunannya khususnya pemilik online shop harus sesering mungkin melakukan posting foto atau video agar produk dapat dilihat oleh konsumen.

2. Spamming
Kemudahan yang diberikan instagram dalam hal berinteraksi, membuat sosial media ini sangat rawan spamming. Biasanya spamming bayak terlihat pada bagian komentar. Namun anda dapat menyiasatinya dengan memberlakukan private pada akun anda agar tidak sembarang orang dapat berkomentar pada postingan anda.

3. Transaksi yang kurang praktis
Instagram memang tidak dirancang sebagai media jual beli, jadi wajar ketika proses transaksinya kurang praktis ketika ada konsumen yang akan membeli barang. Oleh karena itu, untuk pemilik online shop jangan lupa menyertakan kontak pada bagian profile dan caption pada setiap postingan.

4. Persaingan yang ketat
Saat ini, online shop di instagram sudah semakin menjamur. Hal ini membuat persaingan juga semakin ketat karena konsumen akan dapat dengan mudah menemukan online shop yang sejenis dengan milik anda. Oleh karena itu, pelayanan yang ramah serta harga dan kualitas barang yang baik adalah kunci utamanya.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment