Aug 1, 2017

Jenis-jenis Surga dan Neraka

Kita pasti akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah kita lakukan di dunia. Balasan tersebut yaitu berupa surga dan neraka. Dua tempat itulah kita akan kembali kelak. Apakah kita akan menjadi penghuni surga, atau neraka?

Pada kesempatan kali ini, Geniuslifetips akan membahas mengenai surga dan neraka, berdasarkan ajaran agama Islam. Silakan simak berikut ini:

Pengertian Neraka
Neraka merupakan tempat penyiksaan yang hukumannya digambarkan dengan api. Neraka disebut juga dengan Naar yang berarti api yang menyala. Secara istilah neraka disebutkan sebagai tempai balasan berupa siksaan bagi orang-orang yang berbuat dosa dan kesalahan. Berikut ini merupakan nama-nama neraka.

1. Neraka Hawiyah
Neraka hawiyah diperuntukkan bagi orang-orang yang ringan amal kebaikannya.

2. Neraka Ladza
Neraka ladza merupakan neraka yang bergejolak apinya dan mengelupas kulit kepalanya.

3. Neraka Sair
Neraka sair adalah yaitu neraka dengan siksaan yang menyala-nyala

4. Neraka Saqar
Neraka Saqar yaitu neraka yang diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak mengerjakna sholat, serta tidak memberi makan orang miskin serta membicarakan yang bathil.

5. Neraka Hutamah
Neraka Hutamah merupakan neraka yang membakar manusia sampai ke hulu hatinya.

6. Neraka Wail
Neraka wail merupakan neraka yang diperuntukkan bagi orang-orang yang lalai menjalankan sholat.

7. Neraka Jahim
Neraka jahim adalah neraka yang apinya dapat menghanguskan manusia dengan seketika dan diperuntukkan bagi manusia yang menyekutukan Allah.

8. Neraka Jahanam
Neraka jahanam merupakan neraka paling dasar, paling dalam dan paling berak siksaannya. Neraka ini diperuntukkan bagi orang-orang kafir dan Iblis (Syetan) beserta para pengikutnya.


Pengertian Surga
Surga berarti kebun yang di dalamnya terdapat banyak pohon dan kurma. Sebagian ulama bahasa mengatakan, “Tidaklah disebut jannah/surga dalam bahasa arab kecuali di dalamnya terdapat pohon kurma dan anggur.” Sebagian yang lain mengatakan, disebut surga/jannah karena lebatnya pohon yang ada di dalamnya dan ranting / dahannya memberikan naungan bagi yang berada di bawahnya.

1. Surga Firdaus

Surga Firdaus disebut sebagai surga paling tinggi tingkatannya di antara surga lainnya. Dalam hadits yang diriwayatkan Abi Said Al-Khudri disebutkan, "Surga terdiri atas seratus tingkat. Antara tingkat yang satu dengan lainnya berjarak seperti bumi dan langit. Dan tingkatan tertinggi adalah Surga Firdaus."

Dalam Al-Qur'an surat Al-Mukminun ayat 1-11 disebutkan ciri-ciri mereka calon penghuni surga firdaus. "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.

Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya."

2. Surga Adn

Calon penghuni surga Adn yang terbuat dari intan putih ditulis dalam ayat berikut ini.

"Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), (yaitu) surga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;(sambil mengucapkan): "Salamun 'alaikum bima shabartum". Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu." (Q.S Ar-Raad: 22-24)

3. Surga Naim

Surga Naim merupakan surga yang diciptakan Allah dari perak putih.

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan." (Q.S Luqman: 8)

"Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya." (Q.S Al-Qolam: 34)

4. Surga Ma'wa

Ini adalah surga yang diciptakan dari zamrud yang hijau. Para calon penghuni surga ini disebutkan dalam Surat As-Sajdah: 19 :

"Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka jannah ma'wa tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan."

5. Surga Darussalam

Surga ini akan dihuni oleh orang-orang yang disebutkan dalam surat Al-An'am ayat 126-127 :

"Dan inilah jalan Tuhanmu; (jalan) yang lurus. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami) kepada orang-orang yang mengambil pelajaran. Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan."

6. Surga Daarul Muqomah

Surga ini adalah surga yang terbuat dari permata putih. Allah berfirman, "Dan mereka berkata: "Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Rabb kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri." Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu" (Q.S Al-Fathir: 34-35)

7. Surga Maqoomul Amin

Surga Maqoomul Amin disebut dalam surat Ad-Dukhaan ayat 51-57 :

"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman (maqoomul amin), (yaitu) di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air; mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, (duduk) berhadap-hadapan, demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari.Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran), mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia. Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka, sebagai karunia dari Tuhanmu. Yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar."

8. Surga Khuld

Surga Khuldi merupakan surga untuk orang-orang bertaqwa. Allah berfirman, "Katakanlah: "Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa?" Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?" (Q.S Al-Furqan: 15)
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment