Aug 7, 2017

Cara Lengkap Mengatasi Smartphone atau HP Sering Panas

Smartphoe atau Hp anda sering panas? Jangan risau, ikutilah petunjuk lengkap di bawah ini:

1. Istirahat sejenak

Berhenti sejenak mengintip Instagram dan media sosial lainnya. Meski terdengar sepele, mengistirahatkan ponsel beberapa saat bisa sangat ampuh mendinginkannya.

2. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Ketika sedang beraktivitas di luar ruangan, jangan biarkan smartphone terkena panas matahari secara langsung, terutama saat hari terik.

Smartphone memang rentan terhadap cuaca dan secara otomatis akan mati ketika suhu internal mencapai titik tertentu. Tapi tetap saja, jangan remehkan ponsel terkena cuaca panas.

3. Tutup aplikasi game

Membuka aplikasi game akan menguras baterai. Semakin smartphone bekerja keras, maka semakin mudah smartphone mengalami overheat. Pernah dengar komputer mengeluarkan bunyi berisik? Itu adalah bunyi kipas angin internal untuk mendinginkan suhu komputer. Nah, ponsel pun kira-kira tak jauh beda.

4. Lepaskan casing

Casing ponsel terkadang menahan suhu panas. Jadi ketika ponsel mulai terasa panas, lepaskan dulu casing tambahannya sampai suhunya normal. Atau, beli casing yang dirancang untuk mengurangi panas.

Hindari penggunaan casing yang terbuat dari bahan metal atau aluminium karena akan mempengaruhi suhu smartphone kamu. Dengan casing ini, suhu smartphone kamu akan berlipat ganda. Jika di ruangan dingin maka akan semakin dingin, dan di ruangan panas maka akan semakin panas.

5. Turunkan tingkat kecerahan layar

Sama seperti membuka aplikasi yang berat seperti game, tingkat kecerahan layar juga bisa mempengaruhi suhu ponsel. Semakin terang layar ponsel, maka akan semakin menguras baterai. Jadi, coba turunkan tingkat kecerahan layar.

6. Pakai glare screen

Pelindung layar glare screen yang meneduhkan memungkinkan Anda melihat layar ponsel lebih baik di kondisi terang, misalnya di bawah terik matahari. Jadi Anda tidak bergantung pada tingkat kecerahan layar.

7. Virus atau Malware

Penyebab pertama adalah karena ada virus atau malware yang menyerang smartphone. Virus atau malware ini dapat membajak dan merusak apapun yang ada di dalam smartphone kamu. Smartphone pun menjadi gampang panas karena virus-virus ini menghambat kerja sistem smartphone sehingga tidak bisa bekerja optimal dan harus bekerja lebih keras.

Atasi ini dengan cara meng-install aplikasi anti-virus agar smartphone kamu bisa membasmi virus yang menempel di sistem. Lakukan pula scanning rutin untuk agar smartphone kamu selalu aman dari malware-malware yang tidak diinginkan.

8. Baterai

Baterai merupakan salah satu bagian fatal dari smartphone karena inilah sumber daya utama agar smartphone bisa berfungsi. Namun, karena kebutuhan penggunaan yang tinggi, kapasitas baterai smartphone kamu tidak bisa menyanggupi sehingga kamu pun harus sering mengecas.
Jika sudah di-charge berulang kali, baterai akan mengalami penurunan performa sehingga ketika dipaksa untuk bekerja, justru akan menimbulkan panas. Hindari juga menggunakan smartphone ketika sedang di-charge karena hanya akan memaksa smartphone kamu bekerja melebihi kapabilitasnya.

9. Sinyal

Pada dasarnya, smartphone sudah diatur secara otomatis untuk selalu mencari sinyal atau jaringan telepon. Maka dari itu, ketika kamu sedang berada di wilayah yang tidak terjangkau sinyal, lebih baik langsung mematikan smartphone kamu atau ubah ke mode pesawat atau airplane mode.

Selain baterai kamu semakin cepat terkuras habis, sistem di smartphone juga akan terus memaksa berusaha mencari sinyal, padahal di wilayah itu memang tidak ada sinyal. Kaalau dipaksa kerja padahal tidak akan ada hasilnya, bisa meledak.

10. Aplikasi

Saat ini sudah semakin banyak aplikasi smartphone yang keren dan membuat tergoda untuk mengunduh semuanya. Dari game hingga aplikasi yang membantu produktivitas, semua aplikasi ini terjejer rapi di layar smartphone.

Yang membuat smartphone mudah panas bukan karena jumlah aplikasi yang ter-install, namun ketika mereka dinyalakan secara bersamaan! Jika terlalu banyak aplikasi yang dibuka, maka akan memperlambat kinerja smartphone. Akhirnya smartphone kamu pun memanas.

11. Spesifikasi

Berkaitan dengan poin di atas, smartphone bisa membuka lebih banyak aplikasi apabila spesifikasinya juga memadai. Maka dari itu, kalau sering melakukan multitasking dengan smartphone kamu, gunakanlah smartphone berspesifikasi canggih.

Perhatikan jumlah RAM dan jenis prosesornya. Semakin tinggi jumlah RAM, maka jumlah aplikasi yang dibuka juga semakin banyak.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment