Aug 2, 2017

Bahaya Terlalu Lama di Depan Komputer atau Laptop dan Cara Mengatasinya

Apakah anda sering melakukan aktifitas dengan menggunakan komputer atau laptop? Bila anda melakukannya hingga berjam-jam setiap hari, tentu ada efek sampingnya.

Telah di lakukan penelitian dimana orang-orang yang bekerja selama lebih dari satu dekade di depan komputer, maka ia akan berpeluang dua kali lebih besar dapat mudah terkena penyait kanker,

Namun, ternyata tidak hanya kanker, masih ada lagi efek-efek yang dapat timbul pada seseorang yang waktu kesehariannya terlalu banyak didepan layar datar itu.

Para ilmuwan telah menerangkan pekerjaan di depan komputer sama berbahayanya dengan mereka para perokok.

Kebanyakan orang tidak peduli dengan hal ini dan menggangap remeh, sehingga mereka berada di depan komputer dalam waktu yang cukup lama.

Bukan hanya mereka yang bekerja di kantor, juga buat mereka yang bermain game online, chating dan browsing.

Berikut beberapa penyakit yang mungkin akan timbul jika terlalu lama di depan layar monitor komputer :

1. Gangguan Mata
Dampak buruk berada didepan komputer terlalu lama adalah gangguan pada kesehatan mata.

Mata yang sering memandang layar komputer terlalu lama bisa membuat syaraf pada mata menjadi tegang.

Radiasi yang dipancarkan oleh monitor juga menyebabkan gangguan pada mata.

Untuk mengatasi masalah kesehatan mata saat berada di depan komputer, Anda bisa mencegahnya dengan menyesuaikan tingkat kecerahan layar atau meredupkan layar monitor anda.

Selanjutnya usahakan meng-istirahatkan mata Anda beberapa saat setelah Anda lama berada di depan monitor.

Setiap 20 atau 30 menit sekali Anda perlu melihat ke hal-hal lain di sekitar Anda selama 20 detik agar mata beristirahat. Buat jarak antara komputer dan mata Anda menjadi 50-100 centimeter. Anda juga bisa memberikan filter pada komputer agar mengurangi silau. Untuk yang berkacamata, sempatkan mengukur jarak antara komputer dan kedua mata Anda. Konsultasikan kepada ahli kacamata untuk mengganti lensa yang cocok dengan jarak tersebut.

2. Sakit Punggung
Rasa sakit pada punggung sering dialami mereka yang sering berada di depan komputer terlalu lama.

Untuk mencegah dan mengurangi sakit punggung, Anda bisa melakukan beberapa jenis olahraga seperti sit up, yoga atau pilates.

Selain itu Anda juga bisa mengatur posisi duduk yang tepat agar tidak mudah sakit punggung.

Anda bisa gerakkan pinggang ke depan dan ke belakang, miringkan pinggul ke atas, putar punggung Anda, dan terakhir miringkan pinggul Anda kembali. Untuk jangka waktu yang lama, Anda juga bisa menggunakan bantalan di punggung agar tubuh tidak melakukan posisi yang buruk. Hindari kaki yang menggantung dari kursi karena berat kaki yang tidak disokong akan membuat otot punggung semakin tegang.

3. Munculnya garis halus di wajah
Bagi wanita yang sering berada di depan layar monitor, waspadai garis-garis halus pada wajah Anda.

Seringnya Anda melakukan ekspresi serius saat berada di depan layar komputer, hal ini bisa memunculkan garis-garis halus atau kerutan pada sekitar mata dan alis.

Untuk mencegah kerutan tersebut maka Anda bisa menggunakan krim atau pelembab disekitar mata dan alis.

4. Pusing
Jangan heran jika Anda sering pusing karena terlalu lama berada di depan layar monitor komputer. apa yang menyebabkan hal tersebut?

Cahaya fluorescent yang ditimbulkan oleh komputer bisa menyebabkan pusing atau sakit kepala, sehingga mereka yang sering berada di depan komputer memiliki peluang cukup besar untuk mengalaminya.

5. Sakit Leher
Berada di depan komputer terlalu lama juga bisa menyebabkan leher menjadi sakit.

Hal ini bisa terjadi karena posisi duduk yang tidak benar sehingga berppengaruh juga pada leher.

Kadang, kita juga terlalu lama menunduk melihat keyboard komputer, hal ini juga berpengaruh pada leher.

Anda bisa melakukan peregangan kepala dengan menggerakkan dagu Anda ke depan dan belakang secara searah. Lakukan sebanyak empat kali dan dalam posisi duduk yang tegak. Anda juga bisa memiringkan kepala ke kanan dan ke kiri dengan posisi tangan yang lurus agar peregangan maksimal. Tahan selama 20 hingga 60 detik dan lakukan sebanyak empat kali. Kemudian, biasakan diri memosisikan komputer sejajar di depan Anda. Memiringkan komputer ke kanan atau kiri bisa memaksakan lehermu untuk melakukan posisi kaku.

6. Berat badan
Ada beberapa orang yang sering berada di depan komputer dan mengalami kenaikan berat badan.

Namun, ada juga yang mengalami penurunan berat badan karena berada di depan komputer terlalu lama.

Para ahli menyatakan, mereka yang terlalu lama duduk di depan komputer, mereka memiliki pinggal lebih besar dan cenderung memiliki kolesterol yang tinggi.

Kadang, berada di depan komputer juga membuat kita untuk lebih banyak makan terutama ngemil.

7. Kanker Usus
Sepuluh tahun di depan PC hampir dua kali lipat resiko kanker usus bahkan jika Anda pergi ke gym.

Sebuah studi oleh University of Western Australia menemukan bahwa salah satu faktor utama adalah tidak aktifnya kita dalam jangka waktu yang lama.

Dr Claire Knight, dari Cancer Research UK, mengatakan: "Semakin aktif kita semakin kita dapat membantu mengurangi resiko."

8. Serangan jantung
Ahli jantung percaya, jumlah waktu yang dihabiskan orang menatap layar memiliki hubungan langsung dengan kesehatan jantung.

Mereka yang bekerja 11 jam sehari dapat meningkatkan resiko penyakit jantung sebesar 67 persen, kata peneliti di University College London.

9. Penggumpalan darah
Studi menunjukkan, Duduk terlalu lama didepan komputer membuat resiko terkena Trombosis Vena Dalam atau deep vein thrombosis lebih besar.

10. Demensia / Penurunan Daya Ingat
Kerja didepan komputer dari pagi hingga sore telah dihubungkan dengan demensia.

karyawan yang bekerja lebih dari 55 jam seminggu memiliki daya ingat lebih rendah dibandingkan dengan kurang dari 41 jam.

11. Radiasi Listrik
Banyak Peralatan Kantor yang menggunakan listrik. Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa ketika para pekerja merasa gatal itu adalah efek debit listrik.

Laptop, Smartphone, dan peralatan canggih lainnya juga mengandung listrik statis yang juga memberikan effek radiasi pada tubuh manusia.

12. Bahaya Keyboard
Sebuah studi menunjukkan, Keyboard komputer merupakan tempat banyak bakteri yang lebih berbahaya dari toilet.

Ahli Mikrobiologi, Dr Peter Wilson mengatakan keyboard sering kontak langsung dengan hidung dan saluran pencernaan.

Langkah Pencegahan Bahaya Duduk Lama di Depan Komputer

Akan tetapi, dampak buruk di atas sebenarnya dapat diatasi atau setidaknya diminimalisir. Dengan melakukan beberapa hal berikut, seseorang dapat menurunkan resiko gangguan kesehatan yang dikarenakan oleh aktivitas duduk terlalu lama di depan komputer :

Lapisi layar komputer dengan kaca anti radiasi
Hal pertama yang dapat dilakukan ialah dengan melapisi layar komputer dengan kaca anti radiasi. Penggunaan kaca ini memang cukup efektif dalam mengurangi pancaran radiasi dari komputer sehingga dapat menurunkan resiko gangguan mata dan penyebab sakit kepala.

Memakai kaca mata anti radiasi
Cara lain untuk menurunkan resiko gangguan mata dan sakit kepala adalah pengguna komputer memakai kacamata anti radiasi. Penggunaan kacamata ini dapat dilakukan sebelum pengguna komputer duduk di depan layar atau bisa juga ketika mata sudah mulai lelah.

Duduk dengan posisi yang benar
Posisi tegak adalah posisi duduk yang benar di depan komputer. Hal ini juga dapat didukung dengan menggunakan kursi yang khusus dibuat untuk kesehatan tulang belakang. Dengan posisi duduk yang benar, gangguan tulang belakang yang dikarenakan bahaya duduk terlalu lama di depan layar komputer dapat diminimalisir.

Melakukan relaksasi
Duduk di depan komputer terlalu lama memang melelahkan. Maka dari itu, jika tubuh sudah terasa kaku atau tegang, lakukanlah beberapa gerakan relaksasi seperti gerakan senam sederhana. Bisa gerakan berdiri, gerakan tangan dan kaki diregangkan atau juga menggerakan kepala seperti yang dilakukan di dalam senam.

Dari seluruh penjelasan di atas, ternyata bekerja terlalu lama di depan layar komputer menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Maka dari itu, dengan melakukan 4 hal yang dapat meminimalisir gangguan tersebut, seseorang tentu saja akan mempunyai badan yang lebih sehat walaupun sering bekerja lama di depan komputer.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment