Aug 25, 2017

12 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Tidur yang tidak cukup di malam hari membuat seseorang harus tidur siang. Tidur siang bahkan menjadi kewajiban bagi sebagian orang yang mana jika tidak dilakukan maka di petang hari mata tidak bisa melek lagi. Istirahat dalam satu harinya harus cukup, termasuk dengan tidur siang untuk memenuhi kekurangan istirahat di malam hari. Berikut ini adalah 7 manfaat tidur siang yang harus anda ketahui :

1. Istirahat yang menyegarkan

Tidur siang dapat memberikan waktu istirahat agar cukup sehingga membuat tubuh lebih segar. Tidur siang juga membantu dalam peremajaan anggota tubuh.

2. Membuat Anda lebih segar dan aktif

Ketika bangun dari tidur siang, anda akan terbangun dengan perasaan yang segar dan lebih aktif. Hal ini membuat anda lebih berenergi dan antusias dalam menyelesaikan tugas.

3. Jantung lebih sehat

Studi yang dilakukan dari sebuah penelitian telah membuktikan tidur siang memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan jantung Anda. Tidur siang memberikan waktu beristirahat dan menghilangkan stres. Dalam jangka panjang, hal ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung.

4. Meningkatkan Ingatan

Orang yang melakukan tidur siang juga memberi kekuatan memori dan meningkatkan kisentrasi. Kekuatan tidur siang membuat anda menjadi segar, meningkatkan kosentrasi dalam berfikir dan fokus pada hal-hal yang lebih baik. Hal ini menyebabkan lebih baik, retensi observasi dan memori.

5. Meningkatkan Mood

Nomer 5 ini adalah keuntungan emosional fisik maupun kekuatan tidur siang. Kesegaran yang didapat setelah tidur siang membantu meningkatkan mood, anda menjadi lebih optimis dengan tingkat energi dan moodyang tinggi.

6. Meningkatkan Kinerja Anda

Dengan meningkatkan fokus dan konsentrasi, kekuatan tidur siang juga membantu dalam meningkatkan tingkat kinerja Anda. Setelah bangun dari tidur siang tubuh menjadi segar sehingga dalam mengerjakan sesuatu menjadi lebih mudah dan cepat. Sehingga hal ini dapat dikatakan, tidur siang meningkatkan kinerja.

7. Meningkatkan Kualitas Hubungan Anda

Setelah tidur siang, marah-marah anda menjadi berkurang serta menghilangkan rasa lelah. Hal ini jelas meningkatkan kualitas percakapan lebih baik sehingga hubungan dengan teman dan keluarga juga mempunyai kualitas.

8.Tingkatkan performa fisik

Tidur sebentar membuat kita merasa lebih aktif dibandingkan dengan tidur siang yang panjang. Studi telah menemukan korelasi antara tidur siang sebentar dengan kemampuan atletik yang lebih baik. Inilah sebabnya mengapa dianjurkan untuk tidur nyenyak, setidaknya selama 7 jam sehari.

9. Bantu Kendalikan stres

Tidak tidur nyenyak bisa membuat Anda merasa lebih mudah tersinggung dan stres. Sebuah studi tahun 2012 oleh Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menunjukkan bukti kalau tidur siang bisa mengurangi hormon stres setelah kurang tidur. Kemudian, para peneliti mengukur dan membandingkan hormon stres dengan orang yang tidak tidur siang namun kurang tidur.

Mereka menemukan salah satu dari tiga hormon stres yang diukur disebut noradrenalin, meningkat sehari setelah kurang tidur. Namun tidak meningkat pada orang dewasa yang tidur siang. Dari penelitian ini, kita tidak dapat menyimpulkan seseorang pulih dari stres pada saat tidur siang, tapi tidur siang sebentar membantu mengendalikan hormon stres.

10. Meningkatkan Fungsi kognitif

Sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Sports Sciences menunjukkan bukti bahwa tidur siang sebentar benar-benar meningkatkan kewaspadaan aspek kinerja mental dan fisik.

Mereka tidur siang atau duduk diam dari pukul 13.00 sampai 13.30. Mereka diuji untuk berbagai perubahan dalam kinerja. Orang dewasa yang tidur siang mengalami perbaikan dalam kewaspadaan, ingatan jangka pendek, suhu intra-aural, denyut jantung, dan skor pada tes singkat.

Cobalah tidur siang selama 60-90 menit, ini dapat membantu meningkatkan kinerja mental hingga 24 jam. Tidur siang juga bisa membantu orang yang menderita kelelahan agar tetap waspada dan memiliki fungsi kognitif yang lebih baik.

11. Cegah Makan Cemilan

Diyakini bahwa, rasa lelah menyebabkan lapar atau memiliki hasrat mengonsumsi makanan tertentu. Hal ini biasanya terjadi di sore hari karena ingin terus bertenaga, jadi kita mulai makan permen, coklat, atau minum kopi untuk menstabilkan gula darah. Jangan coba kurangi kalori dalam makanan, karena tidak baik bagi kesehatan.

Jika Anda memiliki waktu 30 menit, cobalah tidur siang sebentar atau berjalan singkat. Ini adalah cara yang baik untuk mengurangi hasrat dan memperbaiki mood. Kita perlu menurunkan hormon stres dan mengembalikan konsentrasi dan kemauan demi menghindari hasrat makanan.

12. Sehat bagi jantung

Sebuah studi oleh University of Athens Medical School dan Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur siang secara teratur memiliki mortalitas koroner yang lebih rendah daripada mereka yang tidak. Menurut para peneliti tidur siang paling sedikit tiga kali seminggu selama 30 menit.

Demikian pula, National Institute of Health menganggap bahwa tidur siang berguna untuk menurunkan tekanan stres. Stres tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan peradangan. Inilah sebabnya mengapa dokter menganjurkan meluangkan waktu untuk bersantai saat stres, karena dapat membantu meminimalkan faktor risiko penyakit jantung yang meningkat.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment