Jul 30, 2017

Rahasia Kesuksesan Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook

Anda tentu mengenal sosok yang satu ini, Mark Zuckerberg. Pria bernama lengkap Mark Elliot Zuckerberg adalah seorang pemrogram komputer dan pengusaha internet. Ia mendirikan Facebook tahun 2004, dan menjadi miliarder termuda di dunia pada 2008.

Perjuangan Mark Zuckerberg untuk membuat Facebook menjadi jejaring sosial terpopuler di dunia tentu tidak mudah. Tentu ada resep-resep khusus pria berambut kriwil ini, sehingga dalam usia muda mampu menuai sukses sedemikian tinggi.

Apa saja kira-kira resep sukses pemuda drop out dari Harvard University itu? Dikutip dari situs Wolipop, berikut 5 di antaranya, seperti diungkapkan oleh David Kirkpatrick, penulis buku The Facebook Effect: The Inside Story of the Company That is Connecting the World.

1. Percaya pada dirimu

Nasihat klasik ini memang sangat penting. Keyakinan diri yang sangat besar serta sifat positif membuat Zuckerberg mampu membangun Facebook dari nol. "Zuckerberg punya keyakinan luar biasa bahwa dia mampu membuat impiannya jadi kenyataan," kata Kirkpatrick.

Kontras dengan citranya yang terlihat arogan di film The Social Network, Zuckerberg sesungguhnya tidak demikian. "Dia hanya seseorang yang sangat percaya diri," ucap Kirkpatrick.

2. Selesaikan tugas, jangan menunggu sampai sempurna

Zuckerberg fokus menyelesaikan sesuatu tanpa ditunda atau menunggu sampai sempurna. Jika ada kesalahan, dia berpikir akan selalu bisa memperbaikinya kemudian. Menurutnya, kesalahan adalah hal wajar.

Kirkpatrick mengatakan, Zuckerberg memiliki sebuah filosofi tentang hal ini. Filosofi itu berbunyi, "Selesai itu lebih baik daripada sempurna,"

3. Berpeganglah pada visimu, jangan terpengaruh suara miring

"Zuckerberg dulu berada dalam posisi di mana tiap orang di sekitarnya mengatakan dia akan gagal dan apa yang ingin dicapainya terlampau tinggi," kata Kirkpatrick. Zuckerberg memang punya impian besar bahwa suatu saat Facebook akan digandrungi banyak orang.

Dia sangat yakin dengan visi itu sehingga menolak Yahoo yang ingin membeli Facebook tahun 2006 dengan harga USD 1 miliar. Visinya terbukti, sekarang Facebook memiliki lebih dari 2 miliar pengguna dan sangat jauh di atas jejaring sosial yang lainnya.

4. Tidak berlebihan

Siapa sangka ketika sudah cukup kaya, Mark Zuckerberg dulu tinggal cukup lama di rumah sewaan di dekat kantor pusat Facebook. Penampilannya pun sampai kini tetap biasa-biasa saja. Padahal jumlah kekayaannya mencapai USD 63,7 miliar.

"Dia tidak pernah berlebihan dan pada akhirnya, dia mungkin saja memberikan semua uangnya," ucap Kirkpatrick. Ya, Zuckerberg juga dikenal sosok dermawan. Dia ikut program Giving my Pledge yang menyarankan orang-orang kaya menyumbangkan sebagian besar hartanya. Dan itu diwujudkan setelah kelahiran anak pertamanya Max, di mana Zuck berjanji menyumbangkan 99% saham Facebook yang dimilikinya buat kemanusiaan.

5. Ikuti passion, bukan uang

Kala membangun Facebook, uang agaknya bukan tujuan utama Zuckerberg. Dia mengikuti passionnya. Dia sangat senang mengoprek Facebook dan menciptakan cara baru untuk membantu orang terkoneksi.

Nah, kesuksesan finansial mungkin akan mengikuti jika seseorang melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh dan gembira. "Baginya ini bukan tentang uang. Jika Zuckerberg membuat Facebook untuk uang, dia pasti sudah menjualnya beberapa tahun lampau," pungkas Kirkpatrick.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment