Jul 10, 2017

Manfaat Teh Hijau untuk Diet dan Kesehatan Bagian 2

Artikel berikut adalah lanjutan dari Manfaat Teh Hijau untuk Diet dan Kesehatan Bagian 1.

Bagaimana cara meminum teh hijau dengan benar? Adakah efek sampingnya? Dan bagaimana cara memanfaatkan teh hijau untuk diet?

Berikut ini artikel selengkapnya, silakan disimak.

Cara Terbaik Minum Teh Hijau 

2-3 cangkir per hari
Karena teh hijau merupakan minuman yang sehat, bukan berarti Anda bebas minum teh ini secara berlebihan. Sebab teh hijau tinggi akan senyawa antioksidan seperti tanin dan flavonoid yang apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan keracunan atau kerusakan hati. Sehingga Anda disarankan untuk minum teh ini hanya 2-3 cangkir per hari.

Jangan minum teh saat perut kosong
Selain tinggi akan zat antioksidan, teh hijau juga mengandung kafein. Dan jika Anda mengonsumsinya saat perut kosong, maka dapat mengganggu keseimbangan asam dalam perut.

Jangan minum teh segera setelah makan
Banyak orang minum teh hijau setelah makan tanpa menyadari bahwa hal ini mampu mengganggu penyerapan nutrisi makanan. Selain itu kebiasaan ini juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Idealnya, Anda minum teh hijau dengan waktu 30-45 menit sebelum atau sesudah makan.

Minum saat larut malam
Hindari minum teh hijau saat larut malam atau menjelang tidur sebab mampu mengganggu pola tidur Anda dan menyebabkan stres.

Jangan menggunakan teh celup 2 kali
Kantong teh celup yang telah digunakan dan dibiarkan di ruang terbuka rentan terhadap serangan mikroba. Oleh karena itu jangan pernah menggunakan teh celup 2 kali atau Anda bisa menyeduh teh jenis ini di teko yang tertutup.

Minum banyak air
Teh hijau memiliki sifat diuretik yang dapat menyebabkan Anda sering buang air kecil. Oleh karena itu minum banyak air sehingga mampu menghidrasi tubuh Anda dengan baik.

Efek Samping Teh Hijau Untuk Diet

  • Mengkonsumsi teh hijau terlalu banyak dapat mengakibatkan efek samping sebagai berikut:
  • Meminum teh hijau untuk diet dengan berlebihan akan menyebabkan gangguan penyerapan zat besi yang bisa menimbulkan anemia.
  • Kandungan kafein tinggi pada teh hijau diet bisa menyebabkan gangguan susah tidur. Untuk mencegahnya, sebaiknya minum teh hijau 3 jam sebelum tidur.
  • Jika Anda memiliki gangguan tidur atau insomnia maka diasarankan untuk minum teh hijau sekali saja dalam sehari dan dilakukan pada jam 4 sore.
  • Meminum teh hijau dalam jangka waktu yang lama dan berlebihan akan menimbulkan noda pada gigi yaitu gigi kuning.
  • Jika Anda membeli produk teh hijau untuk diet, sebaiknya Anda cek komposisi yang biasanya ada dikemasan dibalik merk teh hijau. Hal ini karena ada bahan tambahan yang berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi seperti teh hijau yang terbuat dari komprei karena mengandung zat berbahaya alkaloid pirolizidin yang membahayakan kesehatan liver.
  • Disarankan hanya meminum 3 cangkir teh hijau untuk diet. Pada kondisi tertentu seseorang akan mengalami susah tidur jika mengkonsumsi teh hijau lebih dari 3 cangkir. Memang tidak semua namun sebagian orang yang mengalaminya. Untuk lebih amannya minum 3 gelas teh hijau setiap hari.

Aturan Minum Teh hijau Untuk Diet yang Benar

1. Minum 3 sampai 6 Kali Sehari

Teh hijau untuk diet mengandung antioksidan yang tinggi yang disebut Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang berguna meningkatkan metabolisme, membakar lemak dalam tubuh, dan mengurangi nafsu makan. Dengan meminumnya setiap hari teh hijau bisa mempercepat proses turunnya berat badan. Namun, ada aturan cara minum teh hijau agar cepat kurus ini, sebaiknya Anda meminumnya antara 3 sampai 6 cangkir per hari jangan berlebihan. Jika lebih dari 6 cangkir bisa mendatangkan gangguan atau efek samping pada kesehatan. Diantara efek samping minum teh hijau terlalu banyak akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas.

2. Merk teh hijau yang bagus untuk diet

Semua merk teh hijau yang ada dipasaran memiliki manfaat yang sama dalam menurunkan berat badan. Namun jenis teh hijau pelangsing untuk diet yang bagus yaitu teh hijau jenis Matcha. Teh Matcha merupakan teh hijau  terbaik dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan pada teh matcha mengandung lebih banyak antioksidan yaitu 137 kali lebih banyak dibandingkan dengan teh hijau biasa. Selain itu teh hijau matcha juga mengandung nutrisi yang kaya dan lebih bermanfaat. Jika Anda ingin tahu merk teh hijau yang bagus untuk diet maka carilah produk teh hijau dengan bahan teh matcha.

3. Waktu Yang Tepat

Cara minum teh hijau agar cepat kurus yaitu dengan memperhatikan waktu saat meminumnya. Aturan minum teh hijau untuk diet yaitu meminumnya setelah makan. Usahakan jeda satu jam setelah makan untuk meminum teh hijau tersebut. Masih jadi permasalahan tentang cara minum teh hijau  ini, Ada yang menganjurkan minum setelah makan dan tidak meminumnya saat keadaan perut kosong pada pagi hari. Ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa efek menurunkan berat badan lebih efektif jika teh hijau untuk diet di minum sebelum makan pada pagi hari dan malam menjelang tidur. Untuk Hal ini waras sehat berpendapat dari pengalaman diet teh hijau yaitu bisa teh diminum sebelum makan bagi seseorang yang tidak memiliki gangguan pencernaan seperti masalah asam lambung atau maag.
Artikel Terkait

1 comments:

  1. Thanks for sharing. I hope it will be helpful for too many people that are searching for this topic. Keep posting and keep this forum a great place to learn things.

    ReplyDelete