Jul 8, 2017

Gerakan Fitness dan Olah Raga di Rumah

Apakah anda termasuk orang yang tidak memiliki waktu untuk berolah raga? Mungkin rumah anda yang jauh dari sarana olah raga menjadi alasan bagi anda sehingga enggan berolah raga. .

Nah, bagi anda yang sibuk dengan aktivitas sehingga tidak ada waktu dan tempat untuk berolah raga, anda bisa melakukan fitness dan olah raga dirumah. Kegiatan ini bisa dilakukan kapan saja dan dalam waktu yang singkat.

Berapapun waktu yang anda punya, 15, 10, atau pun hanya 7 menit, kita tetap bisa melakukannya, hanya tergantung bagaimana kita mengatur pola gerakan dan intervalnya. Yang paling efektif adalah Bodyweight Training, atau latihan yang memanfaatkan beban tubuh. Yang istimewa dari latihan ini adalah kita dapat melakukan bodyweight training tanpa alat.

Inilah Gerakan  Fitness atau Olah Raga di Rumah:

1. Push up
Push up adalah latian yang melatih otot lengan, bahu, dada, serta otot inti perut. Latihan ini sangat populer bagi yang melakukan  fitnes dan olah raga dirumah karena ini adalah latihan yang efektif untuk mendapatkan dada yang bidang dan membakar kalori. Cara melakukanya adalah letakkan telapak tangan dilantai, rentangkan tubuh anda ke belakang, lalu gunakan ujung kaki sebgai tumpuan. Turunkan tangan hingga siku membentuk sudut 90 derajat lalu angkat lagi ke posisi semula. Lakukan sebanyak mungkin yang anda bisa dan hasilnya akan segera terlihat pada tubuh anda.

2. Crunch
Crunch adalah latihan untuk otot perut. Crunch lebih praktis dari sit up karena bisa dilakukan tanpa harus ada yang menopang kaki kita.  Cara melakukan crunch adalah berbaring lalu angkat lutut hingga kaki dengan lantai berbentuk segitiga. Dorong kedepan tubuh bagian atas sampai miring 30 derajat dari  lantai. Lakukan berulang-ulang sesuai jumlah set yang sudah anda tentukan.

3. Plank
Plank adalah latihan keseimbangan dengan kekuatan tubuh bagian tengah. Plank melatih otot lengan, bahu, perut, dan paha. Plank sangat efektif untuk pembentukan otot perut agar datar dan kencang.
Cara melakukannya adalah tempel kan siku anda di lantai, lalu rentang kan tubuh anda dan gunakan ujung kaki anda sebagai tumpuan, tahan posisi ini selama mungkin.

4. Squat jump
Squat jump adalah latihan yang memusatkan pembentukan otot kaki terutama otot betis. Latihan ini sangat mudah, anda tinggal berdiri lalu jongkok lalu berdiri dengan melompat, lakukan berulang-ulang. Agar lebih menantang, anda bisa menahan posisi jongkok beberapa detik sebelum berdiri lagi.

5. Jumping jack
Jumping jack adalah latihan dengan menggerakkan seluruh tubuh. Jumping jack dilakukan dengan cara melompat dengan membuka tutup kaki dan menepuk kan tangan diatas kepala. Ini merupakan Olah raga yang mudah tapi membakar banyak kalori.

6. High knee running in place
High knee running in place dilakukan dengan belari ditempat dengan lutut sejajar dengan pinggul. Lakukan selama yang anda mampu untuk membakar lebih banyak kalori.

7. Lunge
Lunge adalah olah raga yang memusatkan pada otot kaki anda, terutama otot paha. Caranya dari posisi berdiri, langkah kan satu kaki ke depan sampai lutut kaki yang satunya hampir mengenai lantai. Untuk menambah tantangan nya, tahan posisi ketika lutut hampir menyentuh lantai selama beberapa detik sebelum berdiri lagi.

8. Tricep dip.
Tricep dip melatih otot tricep. Caranya tempatkan tangan dibelakang punggung, gunakan tangan untuk menyangga tubuh dengan jari-jari menghadap ke depan. Luruskan kaki ke depan dan gunakan tumit sebagai tumpuan. turunkan badan secara perlahan lalu naikkan lagi. Agar lebih efektif gunakan kursi sebagai penyangga tangan.

9. Burpees
Burpees adalah gerakan kombinasi push up dan melompat, latihan ini menargetkan otot seluruh tubuh. Caranya lakukan push up lalu berdiri sambil melompat. Latihan ini sangat efektif untuk membakar kalori.

10 Step up.
Step up adalah gerakan naik turun seperti sedang menaiki tangga. Dapat dilakukan di tangga maupun dengan kursi. Lakukan gerakan dengan cepat untuk memaksimalkan pembakaran lemak.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment