Jun 3, 2015

Tips Merawat Velg Motor dengan Oli

Tips Merawat Velg Motor dengan Oli
Salah satu bagian dari sepeda motor yang bersentuhan langsung dengan kotoroan adalah valg nya. Apalagi saat musim hujan, velg motor sering terlihat kotor dan kusam.

Banyak diantaranya para pengendara sepeda motor yang kurang begitu peduli terhadap velg motor terutama velg yang berbentuk palang.

Cara paling sederhana dan murah untuk mengatasi warna kusam pada velg motor jenis palang tersebut adalah dengan mengoleskan pelumas atau oli motor.

Dikutip dari Otonity, Inilah langkah-langkah merawat velg motor dengan oli:
  • Siapkan dua lap kering bersih dan baru. Oleskan oli secara merata ke bagian velg palang yang hendak dibersihkan. 
  • Biarkan oli yang sudah dioleskan ke velg sekitar 3 menit.
  • Lalu bersihkan oli yang sudah dioleskan dengan velg palang dengan kain lap yang sudah disiapkan, hingga benar-benar kering dan bersih. Sebaiknya setiap velg dibersihkan dengan menggunakan lap yang berbeda, agar kotoran di permukaaan lap pada velg depan tidak berpindah ke velg belakang.
  • Bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, pembersihan bisa dilakukan ketika ban luar dilepas, sehingga setiap detil bagian velg bisa dibersihkan. 
Catatan:
- Jika membersihkan velg dalam keadaan ban masih terpasang, jangan sampai oli mengenai bagian ban karena akan membuat ban menjadi licin sehingga berbahaya saat dikendarai. 
Artikel Terkait

8 comments: