Jun 23, 2015

Rahasia Penduduk Berumur Paling Panjang di 5 Negara

Panjang umur dan sehat adalah hal yang sangat kita dambakan. Dengan panjang umur (dan sehat), kita bisa mengisi hari-hari dengan kegiatan yang bermanfaat baik bermanfaat bagi diri sendiri maupun bermanfaat bagi yang lain. Ada beberapa versi mengenai Rahasia Umur Panjang. Blog ini beberapa waktu lalu juga sudah menyajikan artikel Rahasia Umur Panjang (silakan di klik).

Secara ringkas, tanpa penjelasan, dikutip dari situs Dokita, ada 18 Rahasia Umur Panjang, sebagai berikut : Lebih Telitilah, Bertemanlah, Pilih Teman Anda dengan Bijak, Berhenti Merokok, Lakukan Siesta (Tidur Siang), Ikuti Pola Makan ala Mediterania, Makan Seperti Orang Okinawa, Menikah, Menurunkan Berat Badan, Berolahraga, Batasi Minum Alkohol, Ikuti Kegiatan Keagamaan, Memaafkan, Gunakan Perlengkapan Keselamatan, Prioritaskan Tidur, Mengelola Stres, Hidup dengan Tujuan.

Rupanya ada gaya hidup tertentu berkaitan dengan rahasia umur panjang para penduduk di beberapa negara, di mana masing-masing penduduknya memiliki kebiasaan positif sehingga mereka diberkahi umur panjang.

Nah, inilah Rahasia Penduduk Berumur Paling Panjang di 5 Negara, dikutip dari berbagai sumber:

1. Okinawa
Okinawa adalah Blue Zone yang dikenal dengan cuaca cerah dan pantai dengan penduduk yang memiliki umur panjang. Rahasia mereka terletak pada kebiasaan makan yang berasal dari darat dan laut setiap harinya. Makanannya termasuk rumput laut, pare, tahu, bawang putih, beras coklat, teh hijau, dan jamur shiitake.

2. Sardinia
Salah faktor yang unik dari sejarah orang Sardinia adalah penggembalaan kambing dan domba. Selain aktivitas tersebut bisa menjadi kegiatan yang menyehatkan, hal itu juga berarti mereka memiliki akses untuk makanan yang kaya kalsium dan protein, dari daging maupun susu dan keju. Selain itu, orang Sardinian juga memiliki rahasia lain yakni bercinta setiap hari Minggu. Di Sardinia juga terjadi perbandingan rasio pria dan wanita yang seimbang dibandingkan dengan negara lain yang memiliki rasio lima wanita untuk setiap satu pria.

3. Ikaria
Di pulau kecil Ikaria, orang-orang menggemari diet Mediterania yang disebut-sebut bagus untuk kesehatan jantung. Dan Buettner bahkan menyebut Ikaria sebagai pulau yang penduduknya lupa untuk meninggal. Makanan yang dikonsumsi oleh orang Ikaria termasuk kentang, kacang garbanzo, kacang lentil, kacang polong, susu kambing, sayuran hijau, buah, madu, dan sedikit ikan dan daging.

4. Nicoya
Dan Buettner menyebutkan 'tiga bersaudara' (labu, kacang-kacangan, dan jagung) dari pertanian Meso-American sebagai dasar diet sehat orang-orang Nicoyan. Tiga makanan rendah kalori tersebut adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan jantung. Kacang-kacangan juga menyediakan sumber protein terbaik.

5. Loma Linda
Loma Linda adalah komunitas Seventh Day Adventists, yang selain melarang merokok dan minum-minum, orang-orang religius juga mengikuti diet Biblical. Orang-orang yang melakukan diet ini hidup 10 tahun lebih lama dari mereka yang tidak. Dietnya bergantung pada gandum, kacang, buah seperti alpukat dan sayur-sayuran. Mereka menghindari mengonsumsi sesuatu yang mengandung gula tambahan dan hanya minum air putih atau susu kedelai.

Demikian artikel tentang Rahasia Penduduk Berumur Paling Panjang di 5 Negara, semoga bermanfaat buat anda.
Artikel Terkait

15 comments: