Jun 16, 2015

Makanan dan Buah Berserat Tinggi yang Baik untuk Kesehatan

Apakah yag dimaksud serat?
Serat adalah karbohidrat kompleks yang terdapat dalam sumber makanan nabati seperti biji-bijian, sayuran dan buah-buahan.

Serat tidak dapat dicerna oleh tubuh namun sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatasi gangguan kesehatan dan mencegah berbagai penyakit.

Walaupun serat sangat baik untuk kesehatan, tetapi masih banyak orang yang tidak mengkonsumsi serat dengan cukup. Kebanyakan mereka hanya mengkonsumsi serat sebanyak 15 gram saja setiap harinya padahal ahli gizi sangat menyarankan untuk mengkonsumsi serat sebanyak 25 gram  setiap harinya. Tambahkan buah-buahan dan sayuran segar dalam setiap menu makanan anda.

Nah, berkaitan dengan serat, inilah makanan dan buah berserat tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan:

1. Apel
Merupakan sumber serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar pencernaan. Apel memiliki kandungan serat sebanyak 4,4 gram, untuk ukuran sedang.

2. Kacang arab
Secangkir kacang arab mengandung 16 gram serat. Itu artinya, empat kali lipat dari serat dalam apel.

3. Alpukat
Setengah dari satu alpukat berisi 6,75 gram serat. Anda dapat mengonsumsinya mentah atau bisa kamu buat selai untuk menemani menikmati roti panggang.

4. Kacang tanah
Setengah cangkir kacang tanah memiliki 6,2 gram serat.

5. Buah pir
Buah pir memiliki kadar serat sebanyak 5,5 gram untuk satu buahnya. Anda dapat mengkonsumsinya secara mentah atau dalam bentuk olahan.

Demikian artikel Makanan dan Buah Berserat Tinggi yang Baik untuk Kesehatan, semoga bermanfaat buat anda..
Artikel Terkait

22 comments: