May 29, 2015

Tips Perencanaan Biaya Pernikahan

Pernikahan adalah sebuah momen besar yang akan dikenang sepanjang hidup seseorang.
Ketika seseorang siap menikah yang perlu diperhatikan bukanlah biaya untuk acara pernikahannya, melainkan biaya hidup setelah itu agar bisa mandiri. Untuk bisa mendapatkan momen pernikahan yang indah, tidak harus dilakukan dengan mewah. Triknya adalah dengan mengantisipasi beberapa faktor yang sangat menentukan besar kecilnya biaya yang diperlukan.

Di rumah atau sewa gedung?

Kalau tidak mau repot, memang akan lebih baik kalau pernikahan diadakan di gedung saja. Namun tentunya akan ada konsekuensi dari segi biaya yaitu adanya pos pengeluaran untuk membayar sewa gedung. Harga sewa gedung bisa menjadi pertimbangan utama dalam memilih gedung yang akan digunakan. Jangan sampai anggaran pernikahan Anda tersedot habis untuk biaya sewa gedung, karena masih banyak pengeluaran lain yang juga tidak kalah besarnya. Perlu diingat, jangan sampai Anda terkecoh dengan iklan biaya sewa gedung yang murah. Tanyakan dulu fasilitas apa saja yang sudah termasuk dalam harga tersebut, apakah sudah termasuk kursi dan lainnya, apakah ada tambahan untuk perizinan, listrik dan sebagainya.

Jangan lupa, biaya yang akan dikeluarkan bukan cuma untuk menyewa gedung saja melainkan juga untuk sarana pendukungnya seperti katering, dekorasi, dokumentasi dan sebagainya. Mau tidak mau Anda akan diminta untuk menggunakan katering atau dekorasi dari rekanan gedung tersebut. Tentunya akan lebih besar biayanya jika kita memilih vendor katering/dekor yang bukan rekanan gedung tersebut.

Bisa jadi pengelola gedung memasang standar harga yang relatif murah untuk sewa gedungnya tapi mematok harga yang cukup mahal untuk kateringnya. Jadi untuk membandingkan mana yang lebih murah, hitung biaya sewa, katering, dekorasi dan biaya tambahan lainnya juga.

Kapasitas Gedung juga harus dicermati. Pilih gedung sesuai kapasitas, jangan terlalu kecil karena akan membuat tamu Anda berdesak-desakan. Tapi jangan pula Anda memilih tempat yang terlalu besar karena pesta Anda akan terlihat kosong. Bukan cuma ukuran ruangannya saja yang harus dilihat, cermati juga kapasitas tempat parkiranya agar tidak menggangu lingkungan sekitar. Survei langsung dan lihat seberapa banyak kira-kira daya tampung tempat duduk, orang berdiri, dan lahan parkir. Dengan anggaran terbatas, akan lebih ekonomis mengadakan acara pernikahannya di rumah saja. Memang Anda akan lebih repot, tapi penghematannya juga bisa lumayan besar.

Jumlah Undangan

Faktor kedua yang paling penting untuk menentukan besar kecilnya biaya pernikahan adalah jumlah tamu yang diundang. Hal ini untuk memperhitungkan :
1. Biaya cetak undangan
2. Kapasitas gedung yang harus disewa
3. Banyaknya makanan yang dipesan dan lain-lain

Saat akan menentukan jumlah undangan, ada tiga hal yang harus diperhatikan:
1. Jangan lupa untuk menghitung jumlah yang akan diundang oleh pihak pengantin laki-laki, pengantin perempuan, kedua keluarga besan.
2. Sebelum memesan gedung, pastikan Anda sudah punya perkiraan jumlah undangan sebelum mencetak undangan.
3. Akan lebih baik lagi kalau daftar namanya pun sudah siap.

Wedding Organizer

Terkadang untuk menyiapkan sendiri teknis acara pernikahan akan menghabiskan banyak waktu dan perhatian. Padahal, masih banyak hal lain yang perlu disiapkan menghadapi hari-H. Tentunya akan lebih merepotkan lagi kalau belum pernah menjadi panitia acara pernikahan sebelumnya. Kalau mau praktis, Anda bisa memanfaatkan jasa wedding organizer.

Memang dari sisi biaya akan ada pengeluaran tambahan, tapi kalau pekerjaan yang mereka lakukan bisa banyak membantu Anda, rasanya tidak mengapa keluar lebih banyak uang untuk sesuatu yang memang berharga. Bukan tidak mungkin kalau total biaya yang harus dikeluarkan justru bisa dihemat. Selain lebih berpengalaman, bisa jadi mereka sudah punya langganan yang bisa memberikan diskon atau punya konsep dekorasi yang bagus tapi tidak mahal.

Lebih praktis dengan sistem paket

Jika Anda mempunyai budget terbatas dan tidak mau terlalu dipusingkan dengan urusan biaya yang harus dikeluarkan per item seperti undangan, dekorasi, gedung, katering, dan sebagainya, Anda bisa memilih paket-paket pernikahan yang biasanya disediakan wedding organizer, hotel, atau pengelola gedung. Harganya juga bervariasi, mulai dari Rp 5 juta untuk paket pernikahan sederhana sampai dengan ratusan juta rupiah. Anda juga bisa memilih paket yang sudah tetap harganya.



Sumber : Wolipop


Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment