May 29, 2015

Tips Mendapatkan Beasiswa dari Dalam Negeri

Para orang tua pasti bertanya – tanya untuk mencari informasi sekolah di luar negeri. Untuk mendapatkan beasiswa banyak cara yang bisa dilakukan. Dikutip dari anneahira, berikut ini beberapa tips mendapatkan beasiswa dalam negeri.

Mencari Informasi Lewat Sekolah

Ini disarankan bagi Anda yang baru saja lulus sekolah. Usahakan mencari info di sekolah masing-masing tentang informasi beasiswa tersebut.

Memang, biasanya tak hanya satu beasiswa yang ditawarkan. Tetapi biasanya banyak yang menawarkannya. Untuk itu pilihlah yang sesuai dengan hati kecil Anda. Perhatikan syarat-syarat yang ada.

Pilih beasiswa yang paling sesuai dengan kriteria yang Anda miliki. Sebab, jika Anda benar-benar unggul dalam kriteria persyaratan tersebut maka peluang mendapatkan beasiswa menjadi lebih besar.

Mencari Lewat Internet

Sekarang ini jamannya internet. Anda bisa mencari beragam informasi tentang beasiswa dalam negeri ke berbagai situs internet. Carilah melalui situs pencarian semisal google dan yahoo.

Perhatikan persyaratannya dengan seksama. Jangan menunda waktu memasukan aplikasi pendaftaran permintaan beasiswa Anda melalui situs tersebut. Pastikan semua dokumen telah terkirim. Jadi, tak akan timbul kerugian dibelakang misalnya Anda tidak jadi mendapatkan beasiswa karena ada satu dokumen yang tak terkirim.

Mengandalkan Jaringan Kakak Kelas

Layaknya di sekolah, Anda pasti punya kakak kelas. Mereka yang lebih dulu masuk ke perguruan tinggi. Kalau bisa kontak mereka. Minta bantuan untuk mendapatkan informasi seputar informasi beasiswa dalam negeri.

Dengan mengandalkan jaringan alumni ini, diharapkan Anda akan memperoleh gambaran jelas mengenai beasiswa tersebut. Demikian pula kiat mempermudah urusan dalam mendapatkan beasiswa tersebut.

Memanfaatkan Jejaring Sosial

Situs jejaring sosial yang begitu marak akhir-akhir ini adalah facebook dan twitter. Lewat media ini Anda bisa bertanya kepada orang-orang yang berteman pada Anda di situs tersebut.

Atau mulailah dengan update status menanyakan beragam informasi mengenai beasiswa. Dengan begitu Anda berkesempatan mendapatkan masukan yang berharga dari teman-teman tersebut yang kemudian menjadi dasar memilih kira-kira beasiswa mana yang akan didaftar.

Menulis Surat Pembaca di Koran

Cara yang juga cukup ampuh, yaitu menulis surat pembaca di koran. Bayangkan ribuan dan jutaan orang akan membaca tulisan Anda. Cobalah untuk menulis bahwa Anda benar-benar ingin mendapatkan beasiswa untuk biaya melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi.

Dari situ Anda meminta informasi pada pihak-pihak yang membuka lowongan penerimaan beasiswa. Jangan lupa cantumkan informasi lengkap Anda terutama nomer telepon dan email agar mudah dihubungi.
Artikel Terkait

13 comments: