May 23, 2015

Persiapan Berjualan Online bagi Pemula Bagian 1

Anda ingin mencoba berjualan online? Bagaimana persiapannya?
Memang tidak mudah untuk berjualan online. Ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya mengelola toko online baik di Tokopedia, Bukalapak maupun melalui blog, ternyata pengalaman berjualan secara langsung (non online) memudahkan saya dalam berjualan online.

Pada dasarnya memang saya suka berdagang, di mana pada tahun 2013 saya memulai usaha berjualan kue dan herbal dengan target pelanggan teman-teman sekantor dan lingkungan sekitar rumah. Setelah setahun berjalan ternyata usaha dagang saya cukup sukses, semakin lama semakin banyak jumlah pelanggannya.

Saya kemudian berpikir bagaimana caranya supaya penjualan dagangan lebih meningkat. Muncullah ide untuk berjualan secara online, waktu itu saya mencoba berjualan di 2 toko online sekaligus yaitu di Tokopedia dan Bukalapak.

Tahun 2014 saya mulai berjualan online di Tokopedia dan Bukalapak. Saya pilih 2 toko online ini karena faktor keamanan dan kemudahan yang didapat baik bagi penjual dan pembeli. Alhamdulillah, dari hari ke hari, hasil penjualan di kedua toko tersebut sangat menggembirakan.

Mengapa berjualan dan belanja di Tokopedia dan Bukalapak bisa saya katakan aman dan mudah? Alasan aman adalah karena pembayarannya menggunakan jasa rekening bersama, di mana dana pembayaran dari pembeli akan ditahan oleh Tokopedia/Bukalapak dan baru dicairkan kepada penjual setelah pembeli menerima barang pesanannya.

Sedangkan untuk kemudahannya adalah cara berjualan dan belanja di kedua toko tersebut memang saya rasakan paling mudah dibandingkan toko online yang lain (saya sudah mencoba menjadi penjual di beberapa toko online yang lain, dan hasilnya: ribet!).

Nah, bagi anda yang ingin mencoba berjualan online, silakan simak persiapannya sebagai berikut:
  • Kalau bisa anda memang memiliki pengalaman berjualan terlebih dahulu (berjualan langsung), jadi setidaknya bisa memudahkan keputusan mengenai apa yang akan dijual di toko online nanti. 
  • Siapkan modal (uang) yang cukup. Modal ini dibutuhkan untuk pengadaan barang dagangan, biaya operasional (toko online), bahan pembungkus, dll.
  • Tetapkan produk apa yang akan dijual. Untuk menetapkannya bisa dimulai dari hobi, produk apa yang sedang laris, apa yang dirasa paling mudah dijual, barang langka, atau produk yang setiap saat dibutuhkan orang.
  • Tetapkan bagimana pengadaan barang dagangannya. Anda perlu stok untuk melayani pembeli, sehingga ketika stok habis, anda tahu di mana harus mencari barang dagangnya.
  • Tetapkan harga. Pada umumnya barang yang dijual di toko online harganya lebih murah daripada di pasaran. Saran saya, jangan terburu-buru untuk memperoleh keuntungan yang banyak ketika memulai berjualan online. Mulailah dari keuntungan kecil terlebih dahulu, dengan berharap adanya transaksi yang lebih sering.
  • Tetapkan toko online tempat berjualan, saya rekomendasikan; Tokopedia, Bukalapak atau blog pribadi (tautan linknya ada di atas)
  • Siapkan rekening bank, saya sarankan menggunakan SMS Banking dan Internet Banking. Keduanya bermanfaat untuk konfirmasi kalau ada dana transfer yang masuk ke rekening anda.
  • Tetapkan jasa pengiriman yang mudah anda jangkau, yang saya rekomendasikan: JNE, POS dan TIKI.
  • Siapkan bahan pembungkus barang dagangan, bisa kardus, bublle wrap, plastik, dll. 
Untuk sarana yang lain, siapakan sebagai berikut:
  • Email, saran saya: gunakan gmail yang lebih umum digunakan. Email ini digunakan untuk login di toko online.
  • Laptop/komputer, saya tidak menyarankan ponsel atau tablet karena kurang leluasa dalam segala hal (ponsel dan tablet hanya sebagai sarana tambahan)
  • Modem untuk internet
  • Foto-foto barang dagangan, saran saya: foto yang asli hasil jepretan anda 
Demikian artikel tentang persiapan berjualan online bagi pemula yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya. Persiapan berjualan online bagi pemula ini dan bagaimana cara berjualan online agar berhasil masih akan berlanjut, silakan ikuti terus perkembangannya di blog ini.

Silakan simak kelanjutan artikel ini di Persiapan Berjualan Online bagi Pemula Bagian 2.
Artikel Terkait

1 comments: