Follow me!

Mar 13, 2013

Sistem Pembatasan Kendaraan Bermotor Pelat Ganjil-genap

Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam rangka mengatasi kemacetan kota Jakarta, akan diberlakukan sistem pembatasan kendaraan bermotor pelat ganjil-genap. Sistem pembatasan kendaraan bermotor pelat ganjil-genap ini diprediksi akan mengurangi 4,6 juta perjalanan dan 1,3 juta mobil per hari. Sementara sepeda motor masih aman dari kebijakan ini.

Sedangkan untuk mobil, menurut studi, saat ini ada total 2,6 juta unit berlalu lalang di Jakarta setiap harinya. Dari jumlah itu, perbandingan mobil bernopol ganjil dan genap adalah 1:1 yang berarti masing-masing berjumlah 1,3 juta unit.

Dengan diberlakukannya ganjil genap, maka itu akan mengurangi sekitar 50 persen jumlah kendaraan yang ada di jalanan. Walaupun kemungkinan besar ada 5 persen error yang bisa saja berupa pelanggaran. Tetapi 5 persen dari total 2,6 juta kendaraan itu tidak dalam jumlah yang besar. Lama kelamaan 5 persen ini diperkirakan juga akan ikut mengikuti aturan yang ada.

Disamping itu, bila pajak kendaraannya ditinggikan, biaya parkirnya akan lebih mahal. Maka diperkirakan juga, dengan sendirinya orang-orang akan beralih ke angkutan publik.

Semoga saja dengan Sistem Pembatasan Kendaraan Bermotor Pelat Ganjil-genap ini, kemacetan di kota Jakarta dapat diatasi minimal berkurang.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment