Jun 5, 2012

Tips Pintar Menggunakan Instagram

Tips Pintar Menggunakan Instagram.
Para Instagamer atau IG-ers, sebutan bagi para pengguna Instagram, tentu berharap dapat memiliki banyak follower dan foto-fotonya sering masuk ke halaman Popular. 

Jumlah follower dan popularitas foto para pengguna dipengaruhi oleh kualitas foto-foto yang diunggah oleh pengguna itu sendiri. Semakin menarik foto yang diunggah, akan semakin banyak orang berminat menjadi follower dan fotonya bisa masuk ke halaman Popular. Oleh sebab itu perlu bagi para pengguna untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas bila ingin menjadi Instagramer handal.

Nah, sebelum menginjak ke tips pintar menggunakan Instagram, bagi Anda yang sama sekali belum pernah menggunakan Instagram dan ingin menerapkannya, berikut ini ada baiknya dicoba mengenai tahapan singkat menggunakan Instagram:
  • Download Instagram, bisa dari Google Play, atau App Store. Pilih register bila belum punya akun. Untuk mulai membuat akun, masukkan data-data dan upload foto sebagai foto profil. Bisa juga menggunakan akun Facebook.
  • Mulailah mencari teman di phonebook, Facebook atau Twitter. Tap follow di sebelahnya. Masuk Instagram, terlihat foto-foto member yang sudah di follow. Ada beberapa tap yang tersedia, diantaranya tap ikon rumah untuk kembali ke atas, tap ikon refresh untuk melihat posting terbaru, tap ikon hati untuk "Like" dan ikon abu-abu untuk berkomentar atas foto member.
  • Di bagian Popular bisa melihat foto-foto dari member lain yang banyak mendapat perhatian dari member lain.
  • Untuk memotret, tap ikon kamera, masuk ke bidikan kamera. lanjutkan memotret.
  • Di bagian bawah, ada deretan 20 filter siap pakai, yang bisa menjadikan foto biasa menjadi keren. Tersedia efek unik, yaitu bingkai, efek soft, keliling foto, kontras dan rotate.
  • Tap panah kanan, tambahkan keterangan (caption) foto. Foto yang sudah di buat keren siap dibagi lewat Facebook, Twitter, Tumblr, Flickr, dll. Namun sebelum itu, masukkan username dan password di bagian Sharing Setting.  

Dan inilah beberapa tips  yang bisa dicoba untuk meningkatkan kemampuan menggunakan Instagram:

Kuasai kemampuan dasar fotografi
Skill fotografi harus dimiliki jika ingin menghasilkan foto bagus dengan kamera apapun, termasuk smartphone. Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:
  • Komposisi: Anda bisa memanfaatkan fitur Grid atau garis virtual yang ada di layar kamera untuk mendapatkan komposisi yang baik
  • Pencahayaan: Foto yang baik adalah yang pencahayaannya pas. Manfaatkan fitur Exposure dan White Balance yang ada di aplikasi kamera
  • Fokus: Walau sudah ada fitur Autofocus maupun Top to Focus, untuk mendapatkan foto yang bagus dan tajam, anda harus rajin berlatih
Gunakan aplikasi foto
Jika foto anda sudah bagus, tidak ada salahnya langsung mengunggahnya ke Instagram. Tetapi jika anda ingin memberikan sentuhan artistik atau nuansa yang lebih dramatis, gunakanlah foto editor. Terdapat banyak aplikasi bagus baik di iPhone maupun Android.
  • Photo Editing: Photoshop Express (iOS dan Android) , PicsArt (Android)
  • HDR untuk menghasilkan foto dramatis: iCamera HDR (iOS), Pro HDR (iOS dan Android)
  • Kombinasi banyak foto menjadi satu: PicFrame (iOS), Diptic (iOS dan Android)
  • Jika ingin tampilan foto di Instagram tidak kotak: Squaready (iOS), fitur border di PicsArt (Android)
Optimalkan fitur Instagram 
Maksimalkan penggunaan fitur-fitur di Instagram, diantaranya:
  • Tilt Shift: digunakan untuk memanipulasi foto agar tampak seperti miniatur karena hanya fokus pada satu garis saja sedangkan bagian lain tampak blur.
  • Filter: ada 12 filter keren di Instagram. Cobalah satu persatu untuk mendapatkan hasil yang bagus.
  • Lux: dengan fitur ini, foto yang  gelap atau kontras kurang bagus akan ditransformasikan secara instant menjadi lebih cerah. Lux lebih pas untuk landscape atau cityscape.
  • Hastag: menambahkan tag oada foto adalah cara paling bagus untuk menemukan follower baru dan berbagi dengan lebih bagnyak orang. Gunakan tag yang populer, spesifik, dan relevan dengan foto. Caranya adalah dengan menambahkan karakter # diikuti tag yang dimaksud, misalnya #jeniusfoto.
  • Jejaring sosial: aktifkan pilihan sharing ke jejaring sosial populer seperti Facebook, Twitter, Flickr,  agar foto Instagram anda dinikmati lebih banyak orang.
  • Follow: untuk mencari orang yang akan do follow, gunakan menu Find Friends. Juga terdapat menu Suggested User untuk rekomendasi yang akan di follow. Jika anda telah mengikuti pengguna lain dan berinteraksi dengan baik serta mengunggah foto yang bagus, bukan hal yang sulit untuk mendapatkan lebih banyak follower.
  • Like: Like merupakan bagian dari interaksi. Anda akan banyak menerima Like jika rajin berinteraksi. Maka jangan segan-segan menekan ikon bergambar hati atau double tap pada foto (Like) jika anda menemukan foto yang menarik.
  • Komentar: sama seperti halnya Like, bila anda sering mengomentari foto pengguna lain karena fotonya menarik, berarti anda akan meningkatkan interaksi dengan pengguna lain. Dengan rajin berkomentar, bisa jadi pengguna lain pun akan melakukan hal yang sama.
Akses dari situs dan aplikasi komputer
Aplikasi Instagram sebenarnya bisa diakses melalui komputer. Dengan layar yang lebih besar, tentu anda akan merasa lebih nyaman menggunakan Instagram dan berinteraksi dengan pengguna lain maupun menikmati foto.
Artikel Terkait

14 comments:

  1. Kalo tips saya sih cuma pake hashtag yag terkenal misal #iphonegraphy #inkstagram dll :)

    ReplyDelete