Jun 6, 2012

Tips Menghemat Baterai Smartphone

Tips Menghemat Baterai Smartphone.
Perlu anda ketahui, bahwa baterai ponsel standar dengan baterai smartphone (ponsel pintar) tentu berbeda. Kalau baterai ponsel standar, bisa bertahan 3 hari jika dicas secara penuh, sedangkan baterai smartphone harus diisi setiap 24 jam bahkan lebih sering. Pada umumnya smartphone mengggunakan baterai lithium-ion.

Inilah tips menghemat daya baterai smartphone: 

Jaringan CDMA atau GSM
Pada umumnya smartphone dengan jaringan CDMA membutuhkan daya baterai lebih banyak dari pada smartphone jaringan GSM. Anda harus lebih sering mengecas baterai smartphone jaringan CDMA daripada baterai smartphone jaringan GSM. Bila memang anda lebih sering melakukan komunikasi lokal, tentu anda lebih memilih smartphone jaringan CDMA tetapi beresiko daya baterai anda akan lebih cepat habis. Itu semua terserah pilihan anda.

Turunkan tingkat kecerahan layar smartphone
Layar smartphone yang terang membutuhkan daya baterai yang tinggi. Oleh sebab itu turunkan tingkat kecerahan layar smartphone anda. Anda bisa menggunakan perangkat untuk meredupkan secara otomatis, yang bisa mendeteksi tingkat cahaya dalam satu ruangan jika samrtphone anda dilengkapi dengan fitur itu. Begitu pula saat anda memutar musik, rendahkan volumenya agar baterai bisa lebih tahan lama.

Matikan WiFi dan Bluetooth bila tidak digunakan
Jangan lupa mematikan WiFi dan Bluetooth jika anda berada di luar wilayah hot spot. Bila anda terus mengaktifkan WiFi atau Bluetooth, smartphone anda akan terus menggunakan daya baterai untuk mencari sambungan WiFi atau Bluetooth. Anda bisa mengatur smartphone pada mode sleep saat WiFi atau Bluetooth sedang tidak digunakan. Untuk mengatur WiFi dan Bluetooth pada iPhone, atur  lewat menu Setting, sedang pada BlackBerry atur lewat menu Manage Connections.

Cek Sinyal
Bila anda berada di lokasi yang sinyalnya lemah, smartphone akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal SIM card, sehingga akan lebih banyak daya baterai yang habis terpakai. Jika kebetulan anda berada di lokasi seperti itu, matikan saja aplikasi 3G. Anda bisa menggunakan jaringan EDGE yang membuat akses internet lebih lambat tetapi tidak akan mempengaruhi kualitas panggilan.

Cek Email
Coba anda matikan fitur cek email secara otomatis dan juga matikan pengaturan fitur push email ketika ada email masuk. Kedua fitur itu sangat boros energi. Bila anda cek email secara manual, baterai smartphone Anda akan lebih tahan lama.

Matikan Animasi
Animasi Flash sangat menguras daya baterai anda, yaitu teknologi canggih di balik banyaknya video online dan iklan animasi. Nonaktifkan fasilitas Flash pada smartphone anda, agar baterainya hemat.
Artikel Terkait

6 comments:

  1. wah makasih gan infonya, sangat bermanfaat :)

    apalagi sekarang udah zamannya smartphone android sama iphone dan blackberry sangat bermanfaat,

    keep goodposting gan :)

    ReplyDelete