Follow me!

Jun 25, 2012

Tips Menggunakan Google Drive di Android

Di Android, Google Drive adalah media penyimpanan data yang bersifat built-in, layaknya iCloud pada iPad dan iPhone. Aplikasi Google Drive sudah tersedia di Google Play Store. Anda tinggal mengunduhnya untuk menambah kapasitas simpan ponsel atau tablet yang digunakan. Google Drive memiliki kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB.
Layanan berbasis komputasi awan milik Google Drive diklaim sebagai yang termurah. Berbeda dengan layanan lain, Google Drive dapat dikolaborasikan dengan aplikasi pengolah kata (dokumen) Google Docs.
Meski belum memiliki aplikasi client untuk sistem operasi mobile lainnya, namun tersedia alternatif aksesnya melalui browser.

Inilah cara menggunakan Google Drive di Android:

  • Instal aplikasi Google Drive dari Google Play Store, aktifkan. Pastikan koneksi internet di ponsel atau tablet sudah tersedia. Lalu ada notifikasi Agreement untuk penggunaan aplikasi, tap (Accept).
  • Saat muncul notofikasi lain, tap (Ok). Lalu storage cloud dari akun anda akan ditampilkan. Bila sebelumnya pernah menggunakan Google Docs, maka dokumen-dokumen sebelumnya masih tersimpan. Untuk melihatnya, tap (My Drive).
  • Untuk upload data baru ke dalam storage awan tersebut, anda cukup men-tap tombol menu lalu pilih (New). Dari menu Create New, tap pada opsi (Upload). Pilih data atau dokumen yang hendak anda unggah ke cloud storage. Masukkan nama file lalu tap (Ok).
  • Bila ada file di storage cloud yang ingin anda bagikan ke teman atau kolega, anda tinggal men-tap segitiga di samping nama file lalu pilih (Share). Lalu masukan alamat email teman atau kolega anda itu pada jendela Add Collaborator. Pastikan dia memiliki akun Google Drive.
  • Bila adan file yang ingin dibagi ke anda, anda tinggal cek di folder (Share with me). Lihat fule tersebut dan untuk mengunduhnya anda tinggal men-tapnya. File akan dibuka dengan aplikasi yang sesuai dengan dokumen yang dipilih dan secara langsung di download otomatis.
Untuk mengetahui secara jelas berbagai layanan simpan file berbasis cloud, misalnya Google Drive, Apple iCloud, DropBox, SugarSync dan lain-lain, silakan klik: Fitur, Kegunaan dan Kelebihan Layanan Simpan File Berbasis Cloud dan juga Tips Memilih Layanan Simpan File Berbasis Cloud.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment