Follow me!

May 15, 2012

Tips Menghemat Baterai Android

Penggunaan baterai tablet bersistem operasi Android memang terkenal boros. Apalagi, bila konsumen terus menerus mengaktifkan koneksi datanya. Belum lagi penggunaan aplikasi yang banyak dan membutuhkan update otomatis, pemanfaatan sarana konektivitas serta beragam kegiatan streaming pun turut andil menyedot sumber power.
Oleh sebab itu ada baiknya melakukan penyetingan di tablet agar baterai bisa bertahan lebih lama, pengaturan apa saja yang harus dilakukan? Caranya anda harus pintar-pintar memanajemen semua fungsi, fitur dan aplikasi yang digunakan. Berikut ini tips sederhananya:

GPS
Manfaatkan GPS saat diperlukan saja. Pasalnya, fitur ini menyedot resource baterai cukup besar. Karena, GPS akan terus berusaha terkoneksi dengan satelit atau network operator. Untuk mengetahui apakah GPS aktif atau tidak, bisa melihat statusnya di “notification bar”. Untuk pengaturannya, masuk ke menu Setting > Location

WiFi
Perlakuan yang sama juga bisa dilakukan untuk WiFi. Jika tak digunakan, sebaiknya dinonaktifkan saja. Atau bisa juga dengan tetap mengaktifkannya, tapi lakukan sedikit pengaturan. Masuk ke menu “Setting”> Wireless & Noteworks ? WiFi Settings. Tap pada tombol Menu > Advanced > Wifi Sleep Policy > Never

Bluetooth
Bila tidak digunakan, matikan Bluetooth. Masuk ke menu “Setting” > Wireless & Networks > Bluetooth.

Mobile Network
Selain bakal terus menerus terkoneksi dengan data/internet, yang tentunya juga akan menguras pulsa, mengaktifkan terus fitur ini juga akan menyedot baterai. 

Screen Timeout
Tampilan aktif homescreen juga dapat menguras baterai. Untuk itu, lakukan sedikit pengaturan. Pilih yang paling standar misalnya 30 detik di menu “Setting” > Display > Screen Timeout.

Screen Brightness
Atur tingkat kecerahan layar suoaya tidak terlalu ekstrim menyedot baterai. Masuk ke menu “Setting” > Display > Brightness.

Wallpaper
Untuk menghemat baterai, pastikan menggunakan wallpaper standar, bukan yang sifatnya 3D/animasi. Pengaturannya, tekan menu di modus “Homescreen” > Wallpaper. Di beberapa tablet, sebenarnya dapat berbeda.

Automatic Update
Menu ini sejatinya cukup membantu memantau beragam fasilitas maupun fitur, termasuk notifikasi penting lain. Namun, ada baiknya lakukab pengaturan secara periodik. Masuk ke menu “Setting” > Accounts & Sync.

Related Posts

1 comment: