May 19, 2012

Tips Memilih dan Membeli Tablet Lokal

Tips Memilih dan Membeli Tablet Lokal.
Tablet saat ini memang tengah booming dan gencar membanjiri pasar. Setiap bulan selalu ada tablet baru yang dirilis di pasar. Tak ketinggalan pula, tablet lokal pun juga banyak terjual. 
Nah, bila anda juga tertarik untuk membeli tablet lokal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

Versi sistem operasi bawaan
Inilah hal pertama yang harus anda perhatikan, karena hampir sebagian besar tablet yang beredar mengusung Android. Pastikan bahwa tablet yang akan anda beli sudah mengadopsi OS terbaru Android seperti Honeycom 3.0 atau Ice Cream Sandwich 4.0. Kalaupun tablet masih berjenis Gingerbread, pastikan apakah tablet tersebut dapat di upgrade ke Honeycomb atau Ice Cream Sandwich.

Kecepatan prosesor dan kapasitas memori
Dengan prosesor yang lebih baik akan berdampak pada kemampuan tablet dalam mengeksekusi ragam menu menjadi lebih optimal. Apalagi kalau tablet tersebut sudah mengusung dual core, dijamin kecapakannya dalam membuka banyak aplikasi secara bersamaan atau multitasking tidak perlu diragukan lagi.
Manfaat yang paling jelas dengan memiliki prosesor dual core memungkinkan tablet dapat melakukan berbagai hal lebih cepat lebih efisien dan efektif. Tablet tersebut dapat memproses dua tindakan seklaigus yang berarti lebih mudah bagi sistem operasi perangkat untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun browsing yang intensif.

Dukungan android market resmi
Tablet Android memiliki fitur Android Market. Tapi ini tidak selalu ada di tablet besutan lokal. Pastikan bahwa tablet tersebut memiliki fitur Android Market atau yang sekarang disebut Google Play resmi yang digunakan sehingga pengguna dapat mendownload aplikasi-aplikasi penting.

Kemampuan bertelepon
Pastikan kalu tablet tersebut juga dibekali kemampuan untuk telepon. Walau umumnya tablet berukuran besar, namun kemampuan ini patut menjadi rujukan mengingat bahwa tablet sebenarnya adalah perwujudan lain dari telepon yang memiliki kemampuan diperluas dengan ukuran layar diperbesar.
Kelengkapan fitur konektivitas
Pastikan ada koneksi bluetooth dimana terkadang pada tablet lokal hanya menyediakan widget saja tapi tidak menyediakan fitur tersebut. Termasuk dalam hal ini adalah beberapa port penguhubung yang bisa disiapkan untuk koneksi ke perangkat lain. Seperti halnya port ethernet/LAN, port HDMI atau port micro USB.
Jenis layar yang digunakan
Ada 2 jenis layar umum yang digunakan yaitu jenis kapasitif dan resistif. Layar sentuh yang nyaman digunakan adalah yang berjenis kapasitif. Tingkat akurasi dan kenyamanan layar dalam merespon setiap perintah harus diperhatikan. Dengan layar kapasitif, anda hanya dapat menggunakan jari untuk memainkan navigasi di layar. Hal ini memungkinkan fitur seperti dukungan multi touch berjalan lancar dan akan membuat layar bekerja cepat dan efisien.
Sementara layar sentuh resistif sensitif terhadap sentuhan apapun, karena sangat bergantung pada tekanan.
Beberapa tablet lokal kini sudah menerapkan layar kapasitif dengan mematok harga jual yang tidak terlampau mahal.
Artikel Terkait

6 comments:

  1. tapi untuk masalah daya tahan handheldnya gimana ya ?

    ReplyDelete
  2. Gmn kita tau klo google play bisa digunakan?

    ReplyDelete
  3. This is too informative. i like your post. thanks for share

    ReplyDelete