May 19, 2012

Mobil Tanpa Sopir Menjadi Kenyataan: Google Self Driving Car

Mobil Tanpa Sopir Menjadi Kenyataan: Google Self Driving Car.
Kini Google telah berhasil merancang sebuah teknologi canggih yang disebut sebagai Self-Driving Car. Teknologi ini nantinya akan ditanamkan pada mobil sehingga ia bisa berkendara sendiri tanpa ada intervensi manusia sama sekali.

Pada bulan Mei 2012 ini, Google telah mendapat ijin dari negara bagian Nevada, AS, untuk melakukan uji coba di jalanan umum, setelah sebelumnya di tes di Las Vegas. Mobil yang digunakan pada semua uji coba tersebut adalah sebuah Toyota Prius.

Mengenai teknologinya, Google melengkapi mobil tersebut dengan radar laser bernama LIDAR (Light Detection adn Ranging) yang dipasang di atas, di bagian Grill, dan belakang mobil. Nantinya radar itu akan mendeteksi berbagai objek, seperti pejalan kaki, kendaraan lain, pohon, tiang dan trotoar yang pada akhirnya akan membentuk seperti buffer zone di sekeliling mobil untuk menghindari objek-objek tersebut.

LIDAR menjadikan mobil tersebut bisa terdeteksi pada peta digital lewat satelit. Sebuah kamera dipasang pada bagian depan untuk melihat kondisi jalan. Selain itu teknologi ini digabungkan dengan Google Street View untuk memberikan informasi lengkap mengenai kondisi dan arah jalan pada mobil.

Walaupun bersifat full-automatic, dimana penumpang hanya tinggal menginput arah tujuan lewat perangkat komputer pada mobil atau lewat smartphone mereka, namun setiap saat penumpang masih dapat mengambil alih kemudi mobil dan mengendarainya secara manual dengan cara menginjak perlahan medal atau menggerakkan kemudi mobil.

Cara ini mirip dengan yang sudah digunakan pada teknologi Cruise Control. Google mengharapkan teknologi ini dapat mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan manusia, seperti pengaruh emosi, mabuk, kelelahan, konsentrasi yang teralihkan, dan kemmapuan atau respon berkendara yang kurang baik.
Mobil Tanpa Sopir Menjadi Kenyataan, Lidar, Google Self Driving Car
Google Self Driving Car
Artikel Terkait

15 comments:

  1. Thanks for sharing the good and useful information here on the blog for us.
    obat aborsi
    tanda tanda kehamilan

    ReplyDelete