Aug 15, 2011

Waspada Ruangan Berbahaya di Rumah

Waspada Ruangan Berbahaya di Rumah
Anda patut mewaspadai ruang-ruang yang "berbahaya" bagi buah hati Anda di rumah. Bila sekali waktu lengah, bisa jadi kejadian seperti keracunan, tersengat aliran listrik, tenggelam, terjatuh, atau sebagainya menimpa putra-putri Anda. Nah, ruangan mana saja yang patut Anda waspadai?

Dapur

Dapur menjadi tempat menyiapkan makanan sebagai sumber gizi seluruh anggota keluarga. Namun, penggunaan api dan gas untuk memasak bisa berbahaya untuk anak-anak dan orang dewasa. Maka, jangan pernah tinggalkan dapur ketika sedang memasak atau menyalakan kompor. Kecelakaan paling sering terjadi seperti anak tersiram air panas, kena tumpahan minyak panas, atau bermain korek api yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Kamar mandi

Jangan pernah meninggalkan anak terutama balita sendirian di dekat sejumlah air. Rasa ingin tahu anak bisa menimbulkan bahaya, misalnya memasukkan kepala ke dalam ember lalu tak bisa menarik kembali dan tenggelam.

Hindari meninggalkan kamar mandi hanya demi urusan sepele, seperti mengangkat telepon, mengambil handuk dan lainnya. Khusus untuk aktivitas memandikan bayi, siapkan perlengkapan di dekat bak mandinya sehingga mudah dijangkau.

Jangan pernah malas menyikat dan membersihkan kamar mandi. Terpleset di kamar mandi karena lantai yang licin bisa mengakibatkan anak atau anggota keluarga lainnya celaka.

Anak tangga

Bila rumah Anda memiliki anak tangga untuk menuju ruang di atasnya, pastikan anak tangga aman. Jatuh dari anak tangga bisa mengakibatkan kecelakaan serius. Karenanya, jangan buat tangga dengan daya jangkau terlalu tinggi.

Buatlah tangga bersih dengan tidak meletakkan barang apapun pada anak tangga. Bila menaiki anak tangga, usahakan tidak memakai sepatu atau sandal berhak tinggi, dan kedua kaki dalam keadaan stabil.

Kolam renang

Kini, semakin banyak hunian yang dilengkapi kolam renang. Kelihatannya menyenangkan, namun sekaligus juga bisa membahayakan buah hati. Seperti halnya peraturan waspada di kamar mandi, hal ini juga berlaku sama di kolam renang. Maka, jauhkan mereka dari kolam renang bila tak ada yang menjaganya.

(Sumber: Tabloid Nova)
Artikel Terkait

1 comments:

  1. thanks.
    People's health is important to lead a peaceful and happy way of life. Healthy benefits of a non-human world is difficult to take delight.
    health

    ReplyDelete