Apr 7, 2011

Tips Jitu Cegah Keriput

Tips Jitu Cegah Keriput
Mendapatkan kulit keriput adalah fakta dalam kehidupan yang tidak dapat dihindari. Seiring dengan bertambahnya usia, sel-sel pada epidermis (lapisan luar kulit) menjadi semakin tipis dan kelengketannya semakin menurun. Akibatnya, penuan kulit menjadikan lebih tipis dan kering. Selain itu pekerjaan kulit untuk memperbaiki mekanisme alaminya kurang cepat. Kita tidak bisa benar-benar mencegah kerutan, bahkan dengan operasi plastik, tetapi kita dapat melakukan banyak hal bagaimana membatasinya.

Ada banyak cara untuk mencegah timbulnya kerutan. Cara-cara ini membutuhkan sedikit perubahan dalam rutinitas harian Anda yang bertahap. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menjaga kulit Anda tampak muda dan bebas kerut:

1. Diet seimbang: Meskipun porsi buah-buahan dan sayuran harian merupakan kunci untuk diet yang sehat dan seimbang, perhatikan warna yang lebih cerah. Warna cerah menunjukkan volume tinggi antioksidan yang membantu Anda dalam melawan keriput. Sayuran berdaun hijau seperti bayam kaya antioksidan lutein dan mengandung zat besi, yang mengangkut oksigen ke kulit Anda, dan vitamin A, yang membantu mencegah penuaan dini. Salmon dan ikan laut lainnya mengandung asam lemak omega-3, yang menyehatkan kulit dan membantu mengurangi keriput.

2. Minumlah air: Minum banyak air dan jus alami karena hal ini membantu untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh yang menyebabkan keriput. Konsumsilah setidaknya delapan gelas sehari. Ketika Anda minum cukup air, kulit Anda akan tetap lembab dan kenyal.

3. Mencegah kerusakan akibat sinar matahari: Cara terbaik untuk mencegah keriput adalah untuk menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan. UVA dan paparan UVB penyebab 90% dari semua gejala kulit penuaan dini, termasuk kerutan. Tabir surya dan sun block juga dapat membantu mencegah keriput. Mengenakan kacamata hitam juga melindungi daerah halus di mata dari sinar matahari yang merusak.

4. Perawatan kulit: Bersihkan kulit Anda dengan cleanser, toner, serta berikan pelembab untuk wajah Anda setiap hari. Anda akan menemukan diri Anda tanpa kerutan dalam jangka panjang. Menjaga kelembaban kulit Anda tetap segar dan elastis sehingga menghindari peregangan dan kendur. Sebuah krim anti kerut yang baik selalu membantu. Pergilah ke facial sebulan sekali juga membantu menjaga kulit lentur.

5. Tidur: Stres juga dapat menyebabkan keriput. Banyaklah beristirahat dan mencoba untuk tidur terlentang. Tidur dengan wajah menempel di bantal Anda bisa menyebabkan "garis tidur", jika selama bertahun-tahun, bisa berubah menjadi keriput.

6. Berhenti merokok: Perokok berat hampir 5 kali lebih mungkin menunjukkan kerutan yang berlebihan dibanding bukan perokok. Merokok merusak serat kolagen dan elastin yang membuat kulit Anda kuat dan elastisitas, sebagai hasilnya kulit mulai melorot dan keriput sebelum waktunya.

7. Latihan: Berolahraga secara teratur meningkatkan otot dan membuat seluruh tubuh sehat. Olahraga harian paling sedikit 20 menit setiap hari akan membantu menjaga tubuh Anda dan kulit terlihat sehat dan awet muda. Bukan hanya berjalan di treadmill, Anda dapat menggabungkan bentuk-bentuk olahraga baru, seperti kick boxing, yoga, meditasi dll

8. Jangan sering mencuci muka: Sering mencuci wajah Anda akan menghapus minyak alami dari kulit yang memberikan perlindungan dan kelembaban.

9. Hindari gerakan wajah yang berlebihan: Keriput juga disebabkan oleh gerakan wajah berulang-ulang. Cobalah untuk menghindari mengerutkan kening, mengangkat alis, dan menyipitkan untuk waktu yang lama karena mereka akan menyebabkan kerutan. Berusaha menggosok mata Anda dapat memecah jaringan dari kelopak mata yang mengarah ke kulit longgar permanen dan penciptaan garis-garis halus dan kerutan.

10. Makan coklat: Coklat memiliki flavonoid dan anti-oksidan dan dapat melindungi kulit terhadap sengatan matahari, meningkatkan sirkulasi, menjaga kelembaban kulit, dan membuat mereka merasa lebih lembut.

11. Bahagia: Berbahagialah dan buang stres yang tidak perlu. Ketika pikiran senang dan merasa muda, tubuh secara otomatis akan mengikuti. Apakah Anda nikmati, memimpin kehidupan yang Anda inginkan, dan dijamin Anda akan melihat refleksi dari gaya hidup positif dan Anda akan melihat dan merasakan tindakan Anda tersebut.

Pencegahan kerut dapat dimulai sejak dini, tapi Anda bisa menerapkan strategi anti-penuaan di usia berapa pun untuk mencegah kerusakan lebih lanjut di wajah Anda. Selamat mencoba!
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment