Apr 11, 2011

Olahraga Membuat Bahagia. Ayo Olahraga!

Olahraga Membuat  Bahagia. Ayo Olahraga!
Bad day? Jangan buru-buru mengurung diri di kamar atau mengandalkan semangkuk es krim untuk mengurangi stres. Sebenarnya ada cara mudah dan gratis untuk menghilangkan stres sekaligus menyehatkan tubuh, yakni berolahraga. Yang Anda perlukan hanyalah sedikit kemauan untuk mengalahkan malas.

Para pakar kebugaran menyebutkan olahraga merupakan cara sehat untuk melenyapkan bad mood dengan segera. Anda tidak perlu melakukan sesi olahraga di gym, berjalan kaki atau jogging selama 15 menit sudah efektif mengembalikan mood. Bagaimana kegiatan olah tubuh ini mampu mendatangkan rasa bahagia? Begini caranya:

1. Memicu antidepresan alami

Olahraga mirip dengan kegiatan bersenang-senang karena aktivitas fisik yang satu ini membuat tubuh memompa neurotransmiter serotonin yang akan mengembalikan mood. Selain itu juga kadar dopamin dan neropinephrine, keduanya adalah pemicu rasa bahagia alami. Berolahraga juga akan membuat tryptophan memasuki otak. Tryptophan adalah asam amino yang bisa meningkatkan level serotonin.

2. Meningkatkan suhu tubuh

Olahraga akan memicu sel darah putih melepaskan pirogen, protein yang meningkatkan temperatur tubuh. Sensasi rasa hangat ini sudah terbukti meningkatkan endorfin dalam darah dan mengubah sirkuit di otak, terutama yang mengontrol mood. Olahraga juga memiliki efek menenangkan seperti halnya saat kita berendam air hangat.

3. Mencegah pikiran negatif

Saat berolahraga pikiran-pikiran yang sifatnya merusak alias self-destructive bisa dialihkan. "Olahraga akan membantu penguasaan diri dan ini sangat penting untuk mencegah perilaku buruk," kata Keith Johnsgard, PhD penulis buku Conquering Depression and Anxiety through Exercise. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda bisa memilih jenis olahraga favorit di masa kecil.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment