Apr 8, 2011

Dampak Buruk Bila Anak-Anak Makan Sambil Menonton Televisi

Dampak Buruk Bila Anak-Anak Makan Sambil Menonton Televisi
Makan bersama akan memberikan dampak positif yang cukup besar bagi keluarga. Nah, untuk menumbuhkan dampak positif itu, sebaiknya tidak membiasakan keluarga makan di depan televisi.

"Saat makan sebaiknya dalam suasana tenang, musik boleh diputar tapi jangan sambil nonton televisi," ujar Psikolog Klinis Keluarga RSAB Harapan Kita Louise Dra Maspaitella M.Psi di sela-sela peluncuran buku Panik Saat Puber? Say No!!di Pasific Place, beberapa waktu lalu.

Louise mengutip salah satu penelitian yaitu seseorang akan menerima 500 miligros sekali terpapar televisi yang bisa menimbulkan gangguan konsentrasi dan ketidakseimbangan. Makan sambil menonton televisi, akan membuat anak lebih melihat televisi ketimbang menikmati makanan di hadapannya.

"Anak juga tidak akan belajar menghargai makanan, rasa makanan atau siapa yang memasak," ujarnya.

Louise mengatakan saat makan bersama, maka komunikasi antar keluarga akan terjalin lebih akrab. Pada saat tersebut juga menjadi ajang anak untuk mendapatkan tuntunan dari orang tuanya. Anak akan menirukan cara dan pola makan orang tua. Dari sinilah orang tua bisa mengajarkan pola dan makanan yang sehat. Terutama makan makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayur sayuran hijau. media indonesia.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment