Mar 8, 2011

Cara Untuk Mengembangkan Karisma

Cara Untuk Mengembangkan Karisma
Masing-masing orang memang memiliki kekurangan, tapi hal itu tentu bukan tak mungkin diatasi. Berikut ini cara bermanfaat yang bisa dicoba untuk menambah nilai plus bagi diri Anda.

1. Keyakinan diri itu penting sekali. Kalau kita mengambil tindakan yang tidak sesuai dengan sifat kita, kita akan gelisah. Padahal kegelisahan bisa menjadi gara-gara kegagalan. Jika kemudian kita gagal, motivasi dan rasa percaya diri pun merosot. Sebaiknya jangan melakukan sesuatu yang jelas-jelas berlawanan dengan hati nurani.
2. Hindari wajah muram. Wajah yang berseri-seri jelas lebih menarik daripada wajah yang memble. Namun ini tidak berarti kita harus pasang senyum sepanjang waktu dan terus-menerus mengajak orang bercanda, sehingga lama-kelamaan tak lucu.
3. Ambil tindakan tegas, jika perlu. Berlatihlah pada soal-soal kecil dulu. Misalnya, kita membeli makanan kaleng yang ternyata rusak. Maka kita kembalikan barang itu. Dengan cara ini kita melatih kepercayaan diri, sehingga berani mengambil tindakan pula pada saat menghadapi masalah besar.
4. Risi mengutarakan pendapat itu tabu. Kita harus berani mengekspresikan pendapat sendiri. Dengan demikian baik pendukung maupun penentang akan ingat kepada kita.
5. Ingat selalu pada orang lain. Ini cara yang paling efektif untuk membuat orang lain juga menaruh perhatian kepada kita.
6. Spontanitas itu amat penting. Bila kita biasa serta teratur dan terkendali, berusahalah sekali-sekali impulsif. Soalnya, orang yang berkarisma itu spontan juga.
7. Mantapkan diri pada bakat sendiri. Lihat bidang pekerjaan apa yang paling kita kuasai dan sukai. Kerahkan segenap tenaga dan waktu untuk pekerjaan itu. Jangan ragu-ragu mencoba sesuatu yang baru dan menguji kemampuan diri.
8. Andalkan inisiatif! Biasakan diri menjadi pelaksana. Segera lakukan perubahan yang mungkin selama ini terus tertunda. Usahakan mencari penyebab (bukan sekadar alasan) kemalasan Anda.

Memang langkah tersebut tak mungkin dapat mengubah kepribadian dalam semalam, tetapi jika benar-benar diterapkan, kemungkinan besar karisma di dalam diri Anda akan semakin berkembang.

(Sumber: Psikologi 1)
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment