Mar 17, 2011

Bahaya Jus Buah Dalam Kemasan

Bahaya Jus Buah Dalam Kemasan
Produk yang Anda konsumsi bersama keluarga haruslah sehat, memang sebaiknya Anda mengonsumsi jus buah alami yang Anda olah sendiri di rumah.egar sekali meminum jus buah kalengan setelah selesai berolahraga.nda tentunya sudah sering melihat deretan kardus atau kaleng yang menyebutkan bahwa di dalam sana terkandung jus alami buah-buahan. Untuk meyakinkan Anda, para produsen tersebut menambahkan label 100% buah asli. Apakah benar demikian? Anda harus lebih teliti lagi sebelum memasukkan produk-produk itu ke dalam keranjang belanjaan. Hati-hati, tidak selamanya jus buah dalam kemasan mengandung sari buah alami. Tetapi bila Anda memang tidak ada waktu dan kerepotan dalam mempersiapkan jus buah segar untuk keluarga, maka Anda harus mempertimbangkan hal-hal di bawah ini agar tidak dicurangi oleh jus dengan label 100% alami.

Pilih Merk Terpercaya

Ada banyak jus buah kemasan yang bisa Anda bawa pulang. Untuk keamanannya, hindari membeli jus buah dalam kemasan dengan merk yang tidak pernah Anda dengar sebelumnya, terlebih lagi dengan kemasan yang tidak diberi label merk. Produsen yang mempromosikan produknya secara besar-besaran melalui media masa biasanya telah melalui proses yang panjang dan dapat memastikan bahwa produk mereka aman dikonsumsi.

Perhatikan Kemasan

Selalu pilih jus buah kemasan yang diletakkan pada rak yang jauh dari jangkauan sinar matahari. Bagaimanapun juga, paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama akan merusak struktur jus buah. Lebih bijak jika Anda memilih jus buah dalam kemasan karton daripada botol tembus cahaya. Perhatikan juga bentuk kemasan, bila terlihat menggembung atau penyok, sebaiknya tidak Anda pilih.

100% Alami?

Balik label kemasan, perhatikan dengan seksama bahan yang terkandung di dalam jus yang Anda pilih. Apakah di sana tercantum buah segar atau hanya zat perasa saja? Untuk mengidentifikasi jus buah benar alami atau tidak, semakin keruh warnanya, maka jus itu semakin alami. Memang tidak semenarik jus dengan warna bening dan cerah, tetapi jus yang demikian biasanya hanya berisi perasa, pewarna dan gula.

Teliti Kolom Kandungan Gizi dan Tanggal Kadaluwarsa

Kolom kandungan gizi dapat Anda percaya, karena itu periksalah kandungan gizi pada jus kemasan yang akan Anda beli. Apakah di dalamnya benar-benar terkandung vitamin dan mineral seperti yang ada pada buah alami atau hanya mengandung karbohidrat dari gula? Periksa juga tanggal kadaluwarsanya. Belilah jus kemasan minimal enam bulan sebelum tanggal kadaluwarsa.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment