Mar 14, 2011

5 Trik Aneh Sukses Diet

5 Trik Aneh Sukses Diet
Di samping mesti bersunggguh-sungguh dan disiplin bila ingin mencapai target, diet juga harus diiringi perubahan gaya hidup sehat. Namun, berikut ada beberapa trik aneh yang dapat Anda terapkan dalam program diet Anda. Niscaya trik aneh berikut ini dapat membantu Anda mencapai target diet yang diharapkan.

1. Makan dengan peralatan lengkap
Gunakan peralatan makan yang lengkap setiap kali Anda makan, baik itu makan bsear ataupun hanya mengemil puding atau kue. Duduklah santai dan nikmati makan Anda setidaknya selama 20 menit. Trik ini dipercaya akan menyukseskan diet karena selama ini beberapa orang kerap menjadikan kegiatan makan seolah-olah hanya mengemil sehingga mereka pun dapat makan dalam waktu 10 menit saja, bahkan dengan berdiri. Padahal posisi duduk sambil makan selama 30 menit dapat membuat Anda merasa lebih puas setelah makan sehingga tak terlalu berpikir untuk mengambil makanan lain. Apabila mungkin, gunakan juga peralatan makan lengkap seperti piring keramik serta sendok garpu serta kain serbet sehingga Anda akan menganggap semua makanan adalah makanan besar.

2. Bawa uang tunai
Bawalah uang tunai, baik kertas maupun logam, dalam jumlah banyak ketika Anda ingin makan ke luar, baik itu hanya ke kedai kopi maupun ke restoran. Orang yang membayar makanan dengan uang tunai akan melakukan transaksi yang lebih sehat ketimbang membayar dengan kartu debit atau kredit. Menurut peneliti di Universitas Cornell di Ithaca, New York, "Orang yang membayar dengan uang tunai lebih berpikir dan berhati-hati terhadap apa yang akan mereka beli, termasuk nilai gizi dari makanan mereka," kata Brian Wansink, Ph.D. Untuk itu, katanya, bila membayar dengan uang tunai, orang akan cenderung memilih apel ketimbang kue.

3. Makan dalam keheningan
Cobalah makan selama seminggu dalam suasana yang hening. Matikan semua alat komunikasi seperti iPod dan televisi saat makan. Bahkan, coba minta pasangan Anda untuk tak berbicara selama makan. Penelitian menunjukkan bahwa suara bising membuat kita cenderung makan lebih cepat. Maka itu, ketika kita merasa sudah kenyang, sebenarnya kita sudah makan terlalu banyak. Jangan putar lagu bernada lembut karena justru akan membuat Anda merasa ingin lebih lama di meja makan dan membuat Anda ingin makan lagi. Suasana hening saat makan juga akan membuat Anda benar-benar meresapi rasa, aroma, dan tekstur makanan sehingga Anda pun menikmati setiap suap makanan yang Anda makan.

4. Bicara dengan diri sendiri
Bila tiba-tiba terbersit pikiran untuk mencomot es krim dari dalam kulkas, segeralah bicara dengan diri sendiri dengan mengatakan, "Saya tak lapar, tapi saya akan tetap memakannya." Menarasikan apa yang ingin Anda makan akan membuat suatu perbedaan. "Ketika mengatakan dengan keras apa yang ingin dimakan, Anda akan menyadari dan lebih waspada terhadap apa yang kan Anda makan dan alasan memakannya," kata Jean Kristeller, pendiri The Center for Mindful Eating.

5. Mulailah dengan jeruk
Kupaslah satu buah sebelum makan siang. Mengupas jeruk membutuhkan tenaga dan tentu saja waktu sehingga Anda pun terpaksa mesti bersabar. "Secara tak langsung itu akan dapat membuat Anda menjadi tak kalap saat makan dan akan lebih mewaspadai apa yang akan dimakan," kata Susan Albers, penulis Eat, Drink, and Be Mindful. Apalagi buah kaya cairan ini akan membuat Anda merasa kenyang sebelum Anda makan. Anda mungki tak sadar, tapi rasa haus sedikit saja dapat membuat Anda merasa sangat lapar.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment