Feb 21, 2011

Cara Mudah Turunkan Kolesterol

Cara Mudah Turunkan Kolesterol
Maklum apabila Anda merasa cemas setelah diberi tahu kadar kolesterol dalam darah anda tinggi, itu berarti Anda harus waspada dan segera ubah pola makan sehari-hari.

Kolesterol sebenarnya bukan hal buruk. Pasalnya ia adalah susbtansi yang dibutuhkan dalam tubuh pula. Kolesterl diproduksi dari dalam liver dan ditemukan dalam makanan tertentu.

Ia terutama dibutuhkan utnuk membuat vitamin D dan beberapa jenis hormon penting lain, sekaligus untuk membangun dinding sel serta menghasilkan satu tipe garam, yakni garam empedu yang membantu mencerna lemak. Tubuh kita dapat memproduksi cukup untuk tetap membuat pencernaan berjalan lancar.

Namun tak ada sesuatu yang baik dalam kadar berlebih, termasuk kolesterol. Bila anda menerima hasil cek darah dengan tinggi kolesterol itu berarti kebutuhan untuk diet, olahraga dan bila perlu menurunkan berat badan, tak bisa lagi ditunda. Tak perlu khawatir ada banyak pola makan yang terbukti mampu menurunkan lemak tersaturasi dan kolesterol.

Langkah pertama, tentu membatasi jumlah lemak total yang anda asup tiap hari, maksimal hanya 30 persen dari kalori harian anda. Takaran lemak tersaturasi cukup 7 % atau kurang dari 30 % tadi. Sementara sisanya adalah lemak tak tersaturasi.

Lemak jenis ini dapat membantuk menekan kolesterol dalam darah bila ia digunakan sebagai pengganti jenis tersaturasi. Ada dua jenis utama tipe lemak tak tersaturasi, dan mereka dapat anda peroleh seperti dari zaitun, ikan, bijih bunga matahari, jagung, minyak kedelai dan canola.

Bila sedang menjalankan pola makan mengontrol kolesterol, anda juga harus memastikan mengurangi asupan kolesterol, paling tidak kurang dari 200 mg per hari. Jangan lupa tambahkan pula serat dalam menu harian. Cara terbaik adalah meningkatkan aktivitas fisik lewat olahraga.

Ada juga makanan tertentu yang kaya nutrisi dan membantu dalam menurunkan kolesterol. Cobalah tengokk menu mengandung oatmel, biji-bijian, buah-buahan dan makanan lain sejenis. Beralih ke gandum adalah cara sangat efektif menurunkan kolesterol. Mengonsumsi kacang-kacangan, buncis, dan kacang polong sepanjang minggu juga efektif. Bila anda penggemar tempe dan tahu sungguh lebih baik, kedelai memiliki protein yang sangat baik.

Teknik ampuh lain adalah menyantap satu porsi penuh buah-buahan dan sayuran setiap hari. Kalau anda tak keberatan denga bau tajam bawang putih, bumbu satu ini, bak dimasak atau mentah, menurunkan produksi kolesterol dari hati dalam tubuh.

Santapan lain yang dianjurkan dan aktif menurunkan kolesterol adalah ikan salmon, almond, dan minyak zaitun. Makanan yang mengandung vitamin C & E dan antioksidan alami juga penting. Jenis ini dapat anda peroleh antara lain dari brokoli, gandum, jeruk, kacang, stroberi, walnut, biji bunga matahari, melon dan kecambah Brussel.

Semua santapan dan cara tadi telah terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol bila anda konsisten menerapkan. Konsep utama dari pola makan sehat yakni memastikan banyak buah segar, biji-bijian dan sayuran dalam menu makanan.

Sumber: Helpful Health Tips
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment