Jan 20, 2011

Tips Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Liburan

Tips Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Liburan
Bagaimana caranya supaya Anda dapat menikmati liburan tanpa dihantui perasaan was-was? Nah, lakukan sejumlah persiapan berikut ini sebelum meninggalkan rumah:

Libatkan tetangga

Minta bantuan tetangga dekat yang dipercaya untuk mengambil koran, surat, atau selebaran yang datang ke rumah. Tumpukan benda-benda tersebut di depan pintu atau jalan masuk, merupakan indikasi baik bagi pencuri bahwa rumah tersebut sedang ditinggalkan oleh penghuninya.

Kunci pintu dan jendela

Pastikan semua pintu dan jendela terkunci dengan benar. Dan tidak memberikan celah bagi orang yang berniat buruk untuk menyelusup masuk.

Pasang lampu otomatis

Pasang lampu otomatis di teras untuk menerangi rumah di malam hari. Lampu akan otomatis menyala ketika hari mulai gelap, dan mati secara otomatis saat hari mulai terang.

Digital timer

Gunakan digital timer untuk mengatur waktu menyalakan dan mematikan listrik. Dengan perangkat ini, Anda bisa menyetel kapan waktu hidup dan mati lampu atau bahkan televisi di rumah. Pasang beberapa timer dan atur waktunya secara acak, sehingga menciptakan kesan rumah berpenghuni.

Cabut peralatan listrik

Untuk menghindari risiko kebakaran akibat hubungan pendek arus listrik (korslet). Matikan dan cabut semua kabel listrik dari stop kontak, termasuk kulkas, televisi, stereo, komputer, rice cooker, water dispenser, dan lain sebagainya.

Selain itu, tutup semua keran kamar mandi, bak cuci piring, dan matikan kompor. Periksa lagi setiap penjuru rumah untuk memastikan semuanya sudah dalam keadaan siap.

Rapikan pekarangan

Pangkas rumput di pekarangan sebelum pergi dan jika Anda berencana pergi selama lebih dari seminggu. Minta tetangga atau tukang kebun yang dipercaya untuk merapikan pekarangan secara teratur selama Anda bepergian. Tapi, jangan memberitahu tukang kebun bahwa Anda akan jauh dari rumah selagi ia bekerja.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment