Jan 25, 2011

Tips Melindungi Tubuh dari Risiko Kanker

Tips Melindungi Tubuh dari Risiko Kanker
Kanker adalah penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena kanker.

Para ilmuwan mengklaim bahwa diperkirakan sepertiga dari kasus kanker yang terjadi bisa dicegah dengan melakukan diet sehat. Selain itu menghindari pemicu-pemicu kanker seperti rokok, asap knalpot dan stres juga bisa memberikan dampak positif.

Untuk itu World Cancer Research Fund merekomendasikan beberapa cara untuk melindungi tubuh dari risiko kanker, seperti dikutip dari Telegraph yaitu:

Menjaga berat badan tetap ideal
Memiliki berat badan ideal atau tidak kelebihan berat badan merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi peluang seseorang terkena kanker. Selain bisa mengurangi risiko kanker, berat badan ideal juga memberikan perlindungan terhadap diabetes dan penyakit jantung.

Menghindari makanan tinggi lemak, garam, gula dan kalori
Mengurangi makanan jenis ini secara bersamaan dengan segala jenis minuman manis bisa mengurangi risiko kanker. Membatasi konsumsi daging terutama daging atau produk olahan juga bisa memberikan efek berarti. Sebagai gantinya perbanyaklah konsumsi serat dan berbagai jenis sayuran, buah dan beberapa jenis kacang-kacangan.

Jangan mengonsumsi suplemen untuk melindungi diri dari kanker
Mengonsumsi berbagai jenis suplemen tidak terbukti efektif dalam mengurangi risiko kanker, bahkan beberapa suplemen telah terbukti berbahaya bagi tubuh melalui cara yang berbeda. Para ahli mengungkapkan diet sehat masih lebih efektif dibanding konsumsi suplemen.

Memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan
Seorang ibu harus menyusui bayinya secara eksklusif dalam 6 bulan pertama kehidupannya, kemudian baru mulai memperkenalkan cairan dan makanan lainnya. Berbagai bukti menunjukkan ASI eksklusif bisa mengurangi risiko kanker pada ibu serta membatasi kesempatan anak menjadi obesitas.

Melakukan olahraga secara teratur
Melakukan olahraga secara teratur minimal selama 30 menit setiap harinya seperti berjalan cepat bisa mengurangi risiko kanker serta memberikan manfaat bagi jantung dan juga menjaga ukuran lingkar pinggang.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment